Penyusunan Petunjuk Praktikum Kimia Berorientasi Chemo-Entrepreneurship pada Larutan Penyangga

Ainun Najib*  -  UIN Walisongo Semarang, Indonesia
Nana Misrochah  -  UIN Walisongo Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author
Penelitian penyusunan petunjuk praktikum berorientasi chemo-entrepreneurship (CEP) pada materi larutan penyangga berdasarkan karakteristik peserta didik yang lebih menyukai metode praktikum sebagai proses pembelajaran, namun hasil observasi di sekolah belum mempunyai petunjuk praktikum yang baku dan valid agar praktikum yang dilaksanakan dapat terarah dan tersetruktur sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal. Metode penyusunan mengadopsi metode ADDIE yang terdiri dari tahap Analyze, Desaign, Development, Implementation, and Evaluations Akan tetapi merujuk pada surat edaran Menteri Pendidikan dan kebudayaan nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan Pendidikan dalam masa darurat penyebaran COVID-19 maka peneliti hanya sampai pada tahap Development (Pengembangan). Produk divalidasi oleh dua dosen ahli materi dan satu dosen ahli media dengan hasil validasi ahli materi satu memperoleh persentase sebesar 91,11%, validator ahli materi dua dengan persentase sebesar 75,55%, dan validator ahli media sebesar 90%. Hasil persentase rata-rata dari ketiga validator sebesar 85,53%.

Keywords: chemo-entrepreneurship; larutan penyangga; petunjuk praktikum

  1. Adeyemo, S. A.. (2009). Understanding and Acquisition of Entrepreneurial Skills: A Pedagogical Re-Orientation for Classroom Teacher In Science Education. Journal of Turkish Science Education, 6(3), 57-65.
  2. Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
  3. Agustina, D. T. (2016). Larutan penyangga (buffer). Semarang: Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNNES.
  4. Arifin, W., Latisma, D. J. & Oktavia, B. (2018). A Development Module Of Chemistry Learning Based On Chemoentrepreneurship Oriented. International Journal of Progressive Sciences and Technologies,7(1). 51-56.
  5. Badan Pusat Statistik. (2019). Jumlah Angkatan Kerja, Penduduk Bekerja, Pengangguran, TPAK dan TPT. Jakarta (online di www.bps.go.id, diakses pada tanggal 10 April 2019).
  6. Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach, London: Springer Science.
  7. Chang, R. (2005). Kimia Dasar Konsep-Konsep Inti Edisi Ketiga Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
  8. Djamarah, S. B. & Zain, A. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
  9. Drastisianti, A., Susilaningsih, E., Supartono, M., & Wijayati, N. (2018). The Study of Chemistry Learning on the Material Of Buffer Solution Supported By Teaching Material Of Multiple Representation-Chemoentrepreneurship Viewed From Student Entrepreneurship Interest. Journal of Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), 247, 27-31.
  10. Hendryadi. (2014). Content Validity (Validitas Isi). Teori online Personal Paper, 1, 3.
  11. Inpektorat Jenderal Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2019). Pentingnya Pendidikan Kewirausahaan Bagi Pelajar SMA. Jakarta: Itjen.kemendikbud.
  12. Junaedi, D. (2018). Desain Pembelajaran Model ADDIE. Diunduh di https://www.academia.edu/ tanggal 23 Maret 2020
  13. Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. (2016). Wirausaha perlu ditanamkan sejak Dini. Jakarta: Kemenprin.
  14. Kemendikbud. (2019). Surat Edaran Nomor 14 tahun 2019 Tentang Penyederhanaan Pelaksanaan Pembelajaran. Jakarta: Kemendikbud.
  15. Mulyatun. (2015). Kimia Dasar (Buku Panduan Kuliah Mahapeserta Didik Biologi). Semarang: CV Karya Abadi Jaya.
  16. Sartono, A. (2020). Lapangan Kerja Menyempit 1,8 Juta Lulusan SMA Tak Kuliah. (online di http://m.cnnindonesia.com, diakses pada 23 Juni 2020).
  17. Tukiran, Sutoyo, S. & Hidayati, N. (2017). Developing Teaching Materials of Natural Product Chemistry to Increase Student’s Life Skills. Jurnal Of Turkish Science Education, 14(2). 27-41.
  18. Wibowo, T. & Ariyatun. (2018). Penerapan Pembelajaran Berorientasi Chemoentrepreneurship (CEP) terhadap Kreativitas Siswa SMA Modern Pondok Selamat pada Materi Kelarutan dan Ksp. Jurnal Tadris Kimiya, 3(1), 237-247.

Open Access Copyright (c) 2020 Journal of Educational Chemistry (JEC)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Educational Chemistry (JEC)
Published by Chemistry Education Department of Science and Technology Faculty, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Km. 01 Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: 6285640307383
Website: http://fst.walisongo.ac.id/
Email: jec@walisongo.ac.id

ISSN: 2715-3029 (Print)
ISSN: 2685-4880 (Online)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

Get a feed by atom here, RRS2 here and OAI Links here

 
apps