Pengembangan Perangkat Pembelajaran pada Mata Kuliah Kimia Dasar berdasarkan Kurikulum KKNI

Authors

  • Anggi Desviana Siregar IAIN Kerinci, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.1.5512

Keywords:

kurikulum KKNI, perangkat pembelajaran, rancangan tugas mahasiswa, rencana pembelajaran semester

Abstract

Perangkat pembelajaran merupakan salah satu faktor penting dalam mempengaruhi keberhasilan pembelajaran terutama diperguruan tinggi. Dengan meningkatkan kualitas perangkat pembelajaran, maka dapat memudahkan mahasiswa dalam memahami materi termasuk materi pembelajaran kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan Rancangan Tugas Mahasiswa (RTM) sesuai kurikulum kerangka kualifikasi nasional indonesia (KKNI). Pengembangan ini dilakukan pada mata kuliah kimia dasar dijurusan Teknik kimia Institut Teknologi Medan (ITM).  Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan model 4-D oleh Thiangarajan, namun pada penelitian ini hanya sampai pada 3 tahap yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, dan tahap pengembangan. Validator yang terlibat pada penelitian ini adalah validator ahli pengembangan dan ahli materi. Hasil validasi perangkat pembelajaran diperoleh nilai rata-rata kedua perangkat adalah 3,75 (kriteria sangat layak). Hal ini berarti perangkat pembelajaran yang dibuat sudah sesuai dengan kerangka kualifikasi nasional Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Effiyanti, T., Pratiwi, D. E., & Dalimunthe, M. B. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi KKNI pada Mata Kuliah Ekonomi Syariah. Niagawan, 7(1), 44-49.

Iborra, M., Ramírez, E., Tejero, J., Bringué, R., Fité, C., & Cunill, F. (2014). Revamping of teaching–learning methodologies in laboratory subjects of the Chemical Engineering undergraduate degree of the University of Barcelona for their adjustment to the Bologna process. Education for Chemical Engineers, 9(3), e43-e49.

Indonesia, P. R. (2012). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Jakarta: Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Kemendikbud. 2014. Buku Kurikulum Pendidikan Tinggi. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Kemendikbud. 2014. Panduan Penyusunan: Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Monalisa, L. A., & Trapsilasiwi, D. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Mata Kuliah Teori Bilangan Program Studi Pendidikan Matematika berdasarkan Kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Mulyatiningsih, E. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran. Diakses dari http://staff. uny. ac. id/sites/default/files/pengabdian/dra-endang-mulyatiningsih-mpd/7cpengembangan-model-pembelajaran. pdf. pada September.

Nurdin, S. (2018). Pengembangan Kurikulum dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) berbasis KKNI di Perguruan Tinggi. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 21-30.

Prausnitz, J. M. (2011). Chemical engineering and the postmodern world. Chemical Engineering Research and Design, 79(7), 777-788.

Solikha, D. F. (2015). Bahan Ajar Asam-Basa menggunakan Konteks Bahan Pengawet Makanan untuk Mengembangkan Literasi Sains SMK Jurusan Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian (TPHP). Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(2).

Downloads

Published

2020-06-29

Issue

Section

Articles