Pengembangan Perangkat Pembelajaran pada Mata Kuliah Kimia Dasar berdasarkan Kurikulum KKNI
DOI:
https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.1.5512Keywords:
kurikulum KKNI, perangkat pembelajaran, rancangan tugas mahasiswa, rencana pembelajaran semesterAbstract
Perangkat pembelajaran merupakan salah satu faktor penting dalam mempengaruhi keberhasilan pembelajaran terutama diperguruan tinggi. Dengan meningkatkan kualitas perangkat pembelajaran, maka dapat memudahkan mahasiswa dalam memahami materi termasuk materi pembelajaran kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan Rancangan Tugas Mahasiswa (RTM) sesuai kurikulum kerangka kualifikasi nasional indonesia (KKNI). Pengembangan ini dilakukan pada mata kuliah kimia dasar dijurusan Teknik kimia Institut Teknologi Medan (ITM). Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan model 4-D oleh Thiangarajan, namun pada penelitian ini hanya sampai pada 3 tahap yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, dan tahap pengembangan. Validator yang terlibat pada penelitian ini adalah validator ahli pengembangan dan ahli materi. Hasil validasi perangkat pembelajaran diperoleh nilai rata-rata kedua perangkat adalah 3,75 (kriteria sangat layak). Hal ini berarti perangkat pembelajaran yang dibuat sudah sesuai dengan kerangka kualifikasi nasional Indonesia.
Downloads
References
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.
Effiyanti, T., Pratiwi, D. E., & Dalimunthe, M. B. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi KKNI pada Mata Kuliah Ekonomi Syariah. Niagawan, 7(1), 44-49.
Iborra, M., Ramírez, E., Tejero, J., Bringué, R., Fité, C., & Cunill, F. (2014). Revamping of teaching–learning methodologies in laboratory subjects of the Chemical Engineering undergraduate degree of the University of Barcelona for their adjustment to the Bologna process. Education for Chemical Engineers, 9(3), e43-e49.
Indonesia, P. R. (2012). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Jakarta: Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.
Kemendikbud. 2014. Buku Kurikulum Pendidikan Tinggi. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Kemendikbud. 2014. Panduan Penyusunan: Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Monalisa, L. A., & Trapsilasiwi, D. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Mata Kuliah Teori Bilangan Program Studi Pendidikan Matematika berdasarkan Kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).
Mulyatiningsih, E. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran. Diakses dari http://staff. uny. ac. id/sites/default/files/pengabdian/dra-endang-mulyatiningsih-mpd/7cpengembangan-model-pembelajaran. pdf. pada September.
Nurdin, S. (2018). Pengembangan Kurikulum dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) berbasis KKNI di Perguruan Tinggi. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 21-30.
Prausnitz, J. M. (2011). Chemical engineering and the postmodern world. Chemical Engineering Research and Design, 79(7), 777-788.
Solikha, D. F. (2015). Bahan Ajar Asam-Basa menggunakan Konteks Bahan Pengawet Makanan untuk Mengembangkan Literasi Sains SMK Jurusan Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian (TPHP). Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.