Konsep Tabayyun menurut Buya HAMKA dan Implementasinya pada Praktikum Kimia di Rumah (Studi Kasus Berita Hoaks COVID-19)

Budiman Prastyo*  -  SMA IT Latansa Cendikia Banten, Indonesia
Muhammad Akmal Ashari  -  Sejarah, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Marhan Marhan  -  Pendidikan Agama Islam, UIN Walisongo Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author

Berita hoaks di Indonesia jumlahnya relatif banyak. Sejumlah 850 hoaks oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dari Januari-Juni 2020. Di samping itu, riset mengenai COVID-19 di dunia ini relatif banyak. Hal ini dinilai telah terjadi kesenjangan informasi mengenai riset COVID-19, sehingga munculnya berita hoaks. Penelitian bertujuan untuk mengetahui makna tabayyun menurut Buya Hamka menurut QS. Al-Hujurat [49]: 6, kemudian diimplementasikan melalui praktikum kimia guna mengklarifikasi adanya berita hoaks. Metode dalam penelitian ini adalah studi pustaka. Sumber primer yang digunakan yaitu tafsir Al-Azhar, sedangkan sumber sekunder didapatkan dari buku, majalah dan artikel jurnal yang menunjang penelitian. Dari hasil penelusuran terhadap penafsiran Hamka dan responnya sebagai sikap tabayyun, didapatkan langkah implementasi praktikum kimia, yaitu: (1) Tahapan penerimaan berita; (2) Tahapan pelaksanaan praktikum dan (3) Tahapan tanggapan dan evaluasi.

Keywords : covid-19; hamka; hoaks; praktikum kimia; tabayyun

  1. Al-Sya’rawî, M.M. & Mutawalli, I.M., (1991). Tafsir al-Sya’rawi. Misr: al-Maktabah al-Tawfiqiyyah, nd.
  2. Amrullah, A.M.A.K., (2003). Tafsir Al-Azhar. Singapura: Pustaka Nasional PTE LTD.
  3. Andrews, J.L., de Los Rios, J.P., Rayaluru, M., Lee, S., Mai, L., Schusser, A. and Mak, C.H., (2020). Experimenting with At-Home General Chemistry Laboratories During the COVID-19 Pandemic. Journal of Chemical Education, 97 (7), 1887-1894.
  4. Arifa, F.N., (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat COVID-19. Info Singkat; Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, XII (7/I), 6.
  5. Bahar, M. & Hartati, M., (2019). Buya Hamka: Keteladanan Multitalenta Tanah Melayu Nusantara. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 3(1), 1-17.
  6. Baihaqi, F.A., (2017). Interpretasi Hamka dan Sayyid Qutb Terhadap Qs Al-Hujurat (49) Ayat 6.
  7. Baker, L.A. & Cavinato, A.G. eds., (2020). Teaching Analytical Chemistry in the Time of COVID-19.
  8. Baker, L.A. & Cavinato, A.G. eds., (2020). Teaching Analytical Chemistry in the Time of COVID-19.
  9. Burhanuddin, N., (2015). Konstruksi Nasionalisme Religius: Relasi Cinta dan Harga Diri dalam Karya Sastra Hamka. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 10 (2), 353-384
  10. Chaer, M.T. & Suud, F.M., (2020). Pendidikan Anak Perspektif Hamka (Kajian QS Luqman/31: 12-19 dalam Tafsir Al-Azhar). Southeast Asian Journal of Islamic Education, 2 (2), 125-141.
  11. Chang, R. (2010). Chemistry, 10th Edition. McGraw-Hill
  12. Davis, B. & Summers, M., (2015). Applying Dale's Cone of Experience to increase learning and retention: A study of student learning in a foundational leadership course. In Engineering Leaders Conference 2014 on Engineering Education. 5 (4), 6-13.
  13. Faisal, H.D. & Susanto, A.D., (2017). Peran Masker/Respirator dalam Pencegahan Dampak Kesehatan Paru Akibat Polusi Udara. Jurnal Respirasi, 3(1), 18-25.
  14. Fatoni, M. & Amrullah, A.F., (2019). Penafsiran Kontekstual Ayat Ayat Tarbawi (Pendekatan Asbabun Nuzul). Kontemplasi: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 7(1), 19-36.
  15. Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor: 14 Tahun 2020
  16. Goga, C.I. and Șerban, I., (2018). Methods used in the Educational Process: A theoretical and empirical perspective. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(4), 416-430.
  17. Hamka, (2017). Antara Fakta dan Khayal Tuanku Rao. Jakarta: Republika Penerbit
  18. Hamka, (2017). Bohong di Dunia. Depok: Gema Insani Press
  19. Hamka. (2015). Ghirah. Depok: Gema Insani Press
  20. Hidayat, U.T., (2015). Tafsir Al-azhar: Menyelami Kedalaman Tasawuf Hamka. Buletin Al-Turas, 21(1),49-76.
  21. Hubbi, M., Dasna, I.W. & Wonorahardjo, S., (2017). Pengaruh Strategi Pembelajaran Praktikum Sifat Koligatif terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII. EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan), 2(1), 52-62.
  22. Igisani, R., (2018). Kajian Tafsir Mufassir di Indonesia. Potret Pemikiran, 22(1).
  23. Ikbal, M., Aulia, R.N. & Siregar, K.I., (2018). Sejarah Keberadaan Muhammadiyah di Minangkabau Perspektif Hamka dalam Karya Ayahku. Jurnal Studi Al-Qur'an, 14(1), 79-88.
  24. Jambak, F.F., 2017. Filsafat Sejarah Hamka: Refleksi Islam dalam Perjalanan Sejarah. Jurnal Theologia, 28 (2), 255-272.
  25. Johnson, G.R., Morawska, L., Ristovski, Z.D., Hargreaves, M., Mengersen, K., Chao, C.Y.H., Wan, M.P., Li, Y., Xie, X., Katoshevski, D. & Corbett, S., (2011). Modality of human expired aerosol size distributions. Journal of Aerosol Science, 42 (12), 839-851.
  26. Kähler, C.J. & Hain, R., (2020). Fundamental protective mechanisms of face masks against droplet infections. Journal of Aerosol Science, p.105617.
  27. Katsir, I., (2000). Tafsir Ibnu Katsir. Jld. II, Beirut: Dar al-Fikr, tt.
  28. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2019. Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi. Jakarta: Puslitjakdikbud
  29. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.HK.01.07/MENKES/413/2020
  30. Khalil, H.A., Saurabh, C.K., Syakir, M.I., Fazita, M.N., Bhat, A., Banerjee, A., Fizree, H.M., Rizal, S. and Tahir, P.M., (2019). Barrier properties of biocomposites/hybrid films. In Mechanical and Physical Testing of Biocomposites, Fibre-Reinforced Composites & Hybrid Composites (241-258). Woodhead Publishing.
  31. Köller, H.G., Olufsen, M., Stojanovska, M. & Petrusevski, V., (2015). Practical work in chemistry and its goals and effects. Chemistry in Action, 106, 37-50.
  32. Konda, A., Prakash, A., Moss, G.A., Schmoldt, M., Grant, G.D. & Guha, S., (2020). Aerosol filtration efficiency of common fabrics used in respiratory cloth masks. ACS nano, 14(5), 6339-6347.
  33. Majalah Panji Masyarakat, No. 307, November 1980, hal. 30
  34. Masrur, M., (2016). Pemikiran dan Corak Tasawuf Hamka dalam Tafsir Al-Azhar. Medina-Te: Jurnal Studi Islam, 12(1), 15-24.
  35. Muharomah, Nur’aini, & Saptorini, (2017). Implementasi Performance Assessment Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kelas XI Melalui Kegiatan Praktikum. Jurnal UNNES, 6, 48.
  36. Nasicha, D., (2016). Makna tabayyun dalam Al-Qur’an (studi perbandingan antara Tafsir Al-Muyassar dan Tafsir Al-Misbah). Disertasi tidak dipublikasikan. Surabaya: UIN Walisongo Semarang.
  37. Nasruddin, N., (2016). Sejarah Intelektual Islam Indonesia Studi kasus Pemikiran Nurchalish Madjid Dan Hamka (Studi Perbandingan). Rihlah: Jurnal Sejarah dan Kebudayaan, 4(2), pp.1-23.
  38. Netz, R.R., (2020). Mechanisms of Airborne Infection via Evaporating and Sedimenting Droplets Produced by Speaking. The Journal of Physical Chemistry B.
  39. Ningsyih, S., Junaidi, E. & Al Idrus, S.W., 2016. Pengaruh Pembelajaran Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kimia Siswa. Jurnal Pijar Mipa, 11(1).
  40. Noor, M.U., (2018). Penilaian kualitas informasi sebagai bentuk sikap tabayyun ketika menerima informasi di sosial media dan internet. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 2(1), pp.33-40.
  41. Nuha, D.F., Haryono, H. & Mulyani, B., (2014). Kontribusi Laboratorium Terhadap Pembelajaran Kimia SMA. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 4(1), 82-88.
  42. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 Tahun 2020
  43. Putri, A.K., Afandy, D. & Su'aidy, M., (2016). Pengaruh penerapan strategi pembelajaran praktikum menggunakan diagram ve terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrolisis garam. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 1(2), 15-18.
  44. Rafsanjani, B., (2018). Sikap tabayyun dalam al-qur’an menurut mufassir dan kontekstualisasi pada problematika pemberitaan media sosial. Disertasi tidak dipublikasikan. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya.
  45. Redhana, I.W., Sudria, I.B.N., Hidayat, I. & Merta, L.M., (2017). Identification of chemistry learning problems viewed from conceptual change model. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), pp.356-364.
  46. Rushd, D.I., (2017). Personality of Transformative Muslims by Buya Hamka. Iseedu: Journal of Islamic Educational Thoughts and Practices, 1(1), 219-236.
  47. Saputra, A., (2019). Muslim Negarawan: Telaah Atas Pemikiran Dan Keteladanan Buya Hamka. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, 1(1), 25-46.
  48. Shaw, D.J., (1980). Introduction to colloid and surface chemistry. Butterworths.
  49. Suluri, (2019). Pendidikan Sosial Tafsir Surat Al-Hujurat Ayat 11-13. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 185-198
  50. Tsaniyah, N. & Juliana, K.A., (2019). Literasi Digital Sebagai Upaya Menangkal Hoaks di Era Disrupsi. Al-Balagh: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 4(1), pp.121-140.
  51. Ulfah, N.M. & Istiyani, D., (2016). Etika Dalam Kehidupan Modern: Studi Pemikiran Sufistik Hamka. dalam Esoterik: Jurnal Akhlak dan Tasawuf, 2.
  52. Waliyah, I., Harun, A.I. & Rasmawan, R., (2016). Pengaruh Petunjuk Praktikum Kimdas I Berbasis Inkuri Terbimbing terhadap Kerja Ilmiah Mahasiswa Pendididkan Kimia Untan. Disertasi tidak dipublikasikan. Tanjungpura University.
  53. Woods-Robinson, R., (2020). A Stay-at-Home Scientist’s Strategy for Synthesizing Sustainable Support Structures.
  54. Zangmeister, C.D., Radney, J.G., Vicenzi, E.P. & Weaver, J.L., (2020). Filtration efficiencies of nanoscale aerosol by cloth mask materials used to slow the spread of SARS-CoV-2. ACS nano, 14 (7), 9188-9200.

Open Access Copyright (c) 2020 Journal of Educational Chemistry (JEC)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Educational Chemistry (JEC)
Published by Chemistry Education Department of Science and Technology Faculty, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Km. 01 Kampus II Ngaliyan Semarang 50185
Phone: (+62) 85640307383
Website: http://fst.walisongo.ac.id/
Email: jec@walisongo.ac.id

ISSN: 2715-3029 (Print)
ISSN: 2685-4880 (Online)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

Get a feed by atom here, RRS2 here and OAI Links here

 
apps