MENGEMBANGKAN POTENSI ANAK: Antara Mengembangkan Bakat dan Ekploitasi

Ulin Nihayah*  -  Pegiat Gender dan Anak UIN Sunan Kalijaga, Indonesia

(*) Corresponding Author
Pengembangan potensi anak melalui pengembangan bakat minat salah satunya dilakukan dengan mengikuti acara ajang pencarian bakat minat ditelevisi. Hal ini menimbulkan dilematis, dengan tujuan ingin mengembangkan potensi yang ada, anak lebih cepat terkenal dan mendapatkan karir dalam dunia hiburan anak juga menjadi korban eksploitasi. Ironisnya mereka tidak tahu atau mungkin tidak sadar atas apa yang telah hilang di kehidupan mereka, kesempatan untuk belajar secara optimal dan masa-masa bermain mereka karena terlalu terfosir dalam melakukan pekerjaan mereka. Bukan itu saja, pengembangan potensi anak dengan beberapa ajang ter­sebut, dianggap oleh masyarakat sebagai hal yang lumrah, bahkan di­jadikan alasan bagi pendidikan anak agar mampu mandiri di masa dewasanya kelak, padahal hal tersebut merupakan sebuah eks­ploitasi anak.

Keywords: pengembangan bakat dan minat; ekploitasi anak

  1. Bayhaqi, Ahmad, Abi Bakar Ahmad Ibn al Husayn Ibn Ali al Bayhaqi, Beirūt: Dār al Fikr, 1199.
  2. Fuaduddin, Pengasuhan Anak dalam Keluarga Islam, Jakarta:Lembaga Kajian Agama dan Jender dan Perserikatan Solidaritas Perempuan 1999.
  3. http://internasional. kompas. com/read/2008/07/19/16190379/Kontes. Bakat. Anak. Bentuk. Eksploitasi
  4. http://intisari-online. com/read/bagaimana-mengembangkan-bakat-anak-sejak-dini
  5. Hurlock , Elizabeth B., Perkembangan Anak, alih bahasa, Med. Meitasari Tjandrasa dan Muslichah Zarkasih, Jakarta: Erlangga, 1978.
  6. Kartono, Kartini, Psikologi Anak: Psikologi Perkembangan, Bandung: Penerbit. Mandar Maju. 1995.
  7. Lock, John “ An Essay Concerning Human” 1690.
  8. Mulyani, Sri, “Hukum Memperkejakan Artis Cilik Dibawah Umur dalam Perspektif Maqasid Asy-Syariah”, tidak diterbitkan, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2008.
  9. Satria, Bagus Ernanto, “Pekerja Anak di Tempat Pembuangan Sampah: Studi Deskriptif Kehidupan Pemulung Anak di Tempat Penampungan Akhir Benowo Surabaya”, tidak diterbitkan, Surabaya: Universitas Airlangga, 2013.
  10. Suhartini, Dewi, “Minat Siswa terhadap Topik-topik Mata Pelajaran Sejarah dan Beberapa Faktor yang Melatarbelakanginya”, Thesis, tidak diterbitkan, Fakultas Psikologi Bandung, 2008.
  11. Sukardi, Ketut Dewa, Bimbingan Karir disekolah-sekolah, (Jakarta: Ghalia Indonesia, 1987.
  12. Super, D. E. A., “Life-Span, Life-Space Approach to Career Development”. In D. Brown & L. Brooks (Eds.), Career Choice and Development: Applying Contemporary Theories to Practice (2nd ed.), San Francisco: Jossey-Bass, 1990.
  13. Surya, Mohammad, Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran, Bandung: Pustaka Quraisy, 2007.
  14. Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: Rosdakarya, 2001.
  15. Undang-Undang No. 13 Tahun 2003, Jakarta: Sinar Grafika, 2004.
  16. Usman, Hardius, Nachrowi Djalal Nachrowi. Pekerja Anak di Indonesia, Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia, 2004.

Publisher:
Center for Gender and Child Studies (Pusat Studi Gender dan Anak)
LP2M, Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang.
Central Java, Indonesia


Sawwa Visitor Statistics
 
apps