PERSEPSI DAN MOTIVASI IBU TERHADAP PEMILIHAN PONPES SEBAGAI TEMPAT PENDIDIKAN BAGI ANAK
DOI:
https://doi.org/10.21580/sa.v12i1.1465Keywords:
Pondok Ngruki, issu terorisme, persepsi, motivasiAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena menarik yang terjadi di Pondok Ngruki Surakarta. Maraknya pemberitaan berbagai media massa tentang Pondok Ngruki yang dikaitkan oleh berbagai aksi teror di Indonesia dan berujung pada terbentuknya asumsi negatif publik bahwa Pondok Ngruki merupakan sarang teroris, tidak menyurutkan para orang tua untuk tetap menyekolahkan anaknya di pondok ini. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis persepsi dan motivasi para orang tua terhadap pemilihan Pondok Ngruki sebagai tempat pendidikan anak di tengah asumsi publik tentang Pondok Ngruki dan Issu terorisme. Penelitian kualitatif ini menggunakan teknik analisis deskriptif, dan teknik pemerolehan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis menyebutkan bahwa persepsi para orang tua terhadap asumsi dan pemberitaan berbagai media umum tentang Pondok Ngruki dan Issu terorisme yang terjadi di Indonesia adalah negatif, hal itu disebabkan oleh hasil persepsional mereka yang dibentuk media berbanding terbalik dengan hasil persepsional atau penginderaan mereka secara langsung. Proses Belajar Mengajar (KBM) dan kegiatan-kegiatan di asrama berjalan normal dan wajar, sebagaimana yang terjadi di pesantren-pesantren lain. Motivasi terkuat para orang tua untuk menyekolahkan anak mereka di Pondok Ngruki adalah motivasi internal yang bersifat mental, yaitu dorongan untuk mendapatkan kebaikan dan kebenaran pada anak. Kebaikan supaya anak mereka menjadi anak salih yang mempunyai bekal ilmu agama dan umum, serta kebenaran- supaya anak mereka memahami kebenaran ajaran agama Islam dan mampu mengamalkan dalam kehidupan. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa persepsi para orang tua terhadap asumsi dan pemberitaan media tentang Pondok Ngruki dan Issu terorisme; negatif dan persepsi mereka tentang KBM; positif, sehingga mereka mempunyai motivasi internal yang kuat untuk menyekolahkan anak di Pondok Ngruki.
Downloads
References
Boeree, George, Psikologi Sosial, Yogyakarta: Primasophie 2008.
Chaplin, J.P., Dictionary of Psychology, New York: Dell Publishing Co. Inc., 1972.
Davinoff, L.L., Introduction to Psychology. Second Edition, Tokyo: McGraw-Hill International Book Company,, 1981.
Irwanto, et.al . (ed.)., Psikologi Umum, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1997.
Makmun. Syamsuddin. A., Psikologi Kependidikan Perangkat Sistem Pengajaran Modul, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007.
Mar’at, Pemimpin dan Kepimimpinan, Bandung: Fakultas psikologi Universitas Padjadjaran, 1981.
Mappiare, Andi, Psikologi, Surabaya: Usaha Nasional, 1986.
Madjid, Nurkholish, Bilik-bilik Pesantren, Jakarta: Paramadina, 1997.
Najati, Utsman M., Psikologi dalam al-Qur’an: Terapi Qurani dalam Penyembuhan Gangguan Kejiwaan, Bandung: CV Pustaka Setia, 2005.
Quthb, Muhammad, Sistem Pendidikan Islam (terjemah), Bandung: Al-Maarif, 1988.
Supriyadi, ES., Ngruki Jaringan Terorisme, Jakarta: al-Mawardi Prima, .2003.
Sobur, Alex, Psikologi Umum dalam Lintasan Sejarah, Bandung: Pustaka Setia, 2009.
Tim Penyusun, Sekilas Profil Pondok Pesantren Islam Al-Mukmin, Surakarta: t.th.
Walgito, Bimo, Psikologi sosial (Suatu Pengantar), Yogyakarta: Penerbit Andi, 2003.
Wade, Carol & Tavris Carole, Psikologi. Bandung: Penerbit Erlangga, 2007.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles. Therefore, the author must submit a statement of the Copyright Transfer Agreement.*)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In line with the license, authors and third parties (readers, researchers, and others) are allowed to share and adapt the material. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.
________
*) Authors whose articles are accepted for publication will receive confirmation via email and send a Copyright Transfer Agreement.