KARAKTER ANAK DALAM NOVEL NEGERI LIMA MENARA: PERSPEKTIF NILAI AJARAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.21580/sa.v9i2.638Keywords:
novel Negeri Lima Menara, pendidikan karakter anakAbstract
Tulisan ini bermaksud mencari nilai-nilai karakter apa saja yang terkandung dalam novel Negeri Lima Menara. Novel Negeri Lima Menara merupakan novel yang terinspirasi dari kisah nyata dari sang penulis yaitu Ahmad Fuadi. Novel ini bercerita mengenai keseharian Ahmad Fuadi ketika menuntut ilmu di pondok modern gontor. Nilai-nilai karakter yang peneliti temukan kemudian dianalisis menggunakan kajian intertekstual. Kajian intertekstual dimaksudkan untuk menghubungkan nilai-nilai karakter tersebut dengan ayat al-Qur’an dan Hadits. Nilai-nilai karakter dalam novel Negeri Lima Menara antara lain: keikhlasan, patuh, giat belajar, kebersamaan, jujur, gigih, tawakkal, ikhtiar, optimis, sungguh-sungguh, setia kawan, qanaah, minta ampun, berani, persatuan serta pengorbanan. Nilai pendidikan tersebut mempunyai korelasi dengan beberapa ayat al-Qur’an dan al Hadits. Dalam kajian intertekstual, ayat al-Qur’an dan hadits merupakan hipogram atas nilai-nilai karakter tersebut.Downloads
References
Budiman, Kris, Semiotika Visual (Konsep, Isu dan Problem Ikonitas), Yogyakarta: Jalasutra, 2011.
Culler, Jonathan, Structuralist Poetics: Structuralism, Linguistic, and the Study of Literature, New York: Cornell University Press, 1982.
Djoko Pradopo, Rachmat, Kritik Sastra Indonesia Modern,Yogyakarta: Gama Media, 2002.
Lubis, AT., Penelitian Teks dan Metode Penelitian Filologi, Jakarta: Yayasan Media Alo Indonesia, 2001.
Muzayyin, Arifin, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2003.
Rifattere, Semiotic of Poetry, London: Indiana University Press, 1978.
Soegito, AT., “Kontribusi PAI terhadap Pembentukan Karakter Bangsa”, Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2013.
Supriyadi, Asep, “Transformasi Nilai-nilai Ajaran Islam dalam Ayat-ayat Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy: Kajian Interteks”, Semarang: Program Pascasarjana UNDIP, 2006.
Santosa, Puji, Rancangan Semiotika dan Pengkajian Susastra, Bandung: Angkasa, 2004.
Sutrisno dan Subiyantoro, “Kontribusi Madrasah dalam Pembentukan Karakter Bangsa”, Yogyakarta: UIN Yogyakarta, 2013.
Zuchdi, Darmiyati, Pendidikan Karakter, Konsep Dasar dan Implementasi di Perguruan Tinggi, Yogyakarta: UNY Press, 2012.
Zubaidi, Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasi dalam Lembaga Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2012.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles. Therefore, the author must submit a statement of the Copyright Transfer Agreement.*)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In line with the license, authors and third parties (readers, researchers, and others) are allowed to share and adapt the material. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.
________
*) Authors whose articles are accepted for publication will receive confirmation via email and send a Copyright Transfer Agreement.