Universitas Islam Sultan Agung (Unissula), Semarang - Indonesia
STRATEGI PENDIDIKAN AKHLAK PADA ANAK
Moral education for children should be done as early as possible. So when they grow into adult, they have good personality. Parents especially mother has the most important role to educate their children because she is the first madrasah for her children. A child is like a clean white paper with no stain, while parents have freedom to paint any colors as they want. Good and bad morality depends on the education provided by their parents. Therefore, parents and teachers should have such methods to educate their children at home and school in order to become a shalih-shalihah children. The moral education methods include habituation, exemplary method, advice and attention. Furthermore, moral education strategy is divided into two namely direct and indirect educations. Direct education includes exemplary, suggestion, and practice. While indirect education includes prohibition, punishment, reward and supervision.
_________________________________________________________
Pendidikan akhlak pada anak-anak harus dilakukan sedini mungkin. Sehingga ketika dewasa anak tersebut mempunyai akhlak yang mulia. Orang tua terutama ibu mempunyai peran paling penting dalam mendidik anaknya, karena ia merupakan madrasah pertama bagi anak-anaknya. Seorang anak ibarat kertas putih bersih tanpa noda, sedangkan orang tua mempunyai kebebasan untuk memberikan warna apapun sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Baik dan buruknya akhlak anak tergantung pada pendidikan yang diberikan oleh orang tuanya. Oleh karena itu, orang tua maupun guru yang akan mendidik anak di rumah maupun disekolahan harus mempunyai metode, agar nantiya bisa mendidik anak dengan baik dan menjadi anak yang shalih-shalihah. Metode pendidikan akhlak diantaranya adalah metode pembiasaan, metode keteladanan, metode nasihat dan metode perhatian. Kemudian untuk strategi pendidikan akhlaknya ini dibagi menjadi dua yaitu pendidikan langsung dan pendidikan tidak langsung. Pendidikan langsung diantaranya adalah keteladanan, anjuran, latihan. Pendidikan tidak langsung diantaranya adalah larangan, hukuman, hadiah dan pengawasan.
Keywords: strategy; morals; children
- Abdullah Ahmad bin Muhammad bin Hanbal bin Hilal bin Asad asy-Syaibani, Musnad Ahmad, Juz 13 dan 14, Maktabah Syamilah.
- Abdullah, Yatimin, Studi Akhlak dalam Perspektif al-Qur’an, Jakarta: Sinar Grafika Offset, 2007.
- Dasuki, A. Hafizh et. al, Ensiklopedi Islam, Juz I, cet-3, Jakarta: PT. Ichtiar Baru van Hoeve, 1994.
- Daud Sulaiman bin al-Asy’at bin Ishaq bin Basyir bin Syadad bin Umar al-Azdi as-Sajistani, Sunan Abu Dawud, Juz 12, Maktabah Syamilah
- Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Gramedia ustaka Utama, 2013.
- Ghazali, Imam, Ihya Ulumudin, Jilid III, Jeddah Indonesia: al Haramain, t.th.
- ---------, Ihya ‘Ulum ad-Din, terj. Ismail Ya’kub, Jakarta: Faisan, 1986, Jilid IV.
- al-Hafidz Abi ‘Abdillah Muhammad bin Yazid al-Qozwini, Sunan Ibnu Majjah, Juz II, Beirut: Dar al-Fikr, t.th.
- Hamdani, Strategi Belajar Mengajar, Bandung, Pustaka Setia, 2011.
- Husain, Muhammad, Agar Anak Mandiri, terj., Nashirul Haq, Bandung: Irsyad Baitus Salam, 2007.
- Mahani, Muhamad Kamil Hasan, Ensiklopedia al-Qur’an, terj. Ahmad Fawaid Syadzili, Jakarta: PT Kharisma Ilmu, 2005
- Mahmud, Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung: CV. Setia Pustaka, 2011.
- Morrison, George S, Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Jakarta: Indeks, 2012.
- Muhammad Isma’il bin Ibrahim bin al-Mughiroh al-Bukhari, Shahih Bukhari, Juz 5, Maktabah Syamilah.
- Muslim bin al-Hajjaj Abu al-Hasan al-Qusyairi Shahih Muslim, Juz 12, Maktabah Syamilah
- Nata, Abuddin, Akhlak Tasawuf, Jakarta: Rajawali Pers, 2010.
- al-Qur'an, al-Qur’an dan Terjemahnya Departemen Agama RI, Jakarta: Darus Sunnah, 2010.
- Rahman, Jamal 'Abdur, Tahapan Mendidik Anak Teladan Rasulullah SAW, Bandung: Irsyad Baitus Salim, 2005.
- Saebani, Beni Ahmad dan Abdul Hamid, Ilmu Akhlak, Bandung: Pustaka Setia, 2010.
- Shihab, M. Quraish, Tafsir Al Mishbah, Juz 11, Jakarta: Lentera Hati, 2005.
- Syakir, Muhammad, Washoya al-Aba’ lil-Abna’, Semarang: Alawiyah, t.th.
- ________, Muhammad, Wasiat Ayah kepada Anak-anak, terj., Ramzi Abdul Aziz, Surabaya: Putra Harsa, t.th.
- Ulwan, Abdullah Nashih, Pedoman Pendidikan Anak dalam Islam, Juz II, terj., Saifullah Kamalie, Hery Noer Ali, Semarang: Asy Syifa’, 1981.
- Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Fokus Media, 2009.
- Zainudin, dkk, Seluk Beluk Pendidikan dari al-Ghazali, Bandung: Bumi Aksara, 1991.
- http://aziz91mei.blogspot.com/2012/10/fenomena-dekadensi-moral-di-era. html
- http://perahujagad.blogspot.com/2012/06/metode-pendidikan-akhlak-studi-praktik