REVITALISASI PERAN ORANG TUA DALAM MENGURANGI TINDAK KEKERASAN TERHADAP ANAK

Evi Munita Sandarwati*  -  Pekerja Sosial Departemen Sosial Kabupaten Jepara, Indonesia

(*) Corresponding Author
Institusi keluarga dipandang sebagai sebuah lembaga yang paling berperan dalam kehidupan sosial yang sehat terutama terkait pembentukan pribadi anak. Sebagai lingkungan pertama dan utama tumbuh kembang anak, sebuah keluarga khususnya orangtua diharapkan mampu mengoptimalkan peranannya ter­utama dalam bersosialisasi dan berinteraksi dengan anak-anak mereka. Pola asuh yang sesuai serta pengajaran yang ber­orientasi pada kebutuhan dasar anak, selayaknya diupaya­kan tanpa melanggar hak-hak anak. Dalam hal ini, orang tua di­harap­kan bisa menjadi model dan teladan bagi anak serta bijak­sana dalam memberikan sanksi bagi anak yang melakukan kesalahan dengan mempertimbangkan tindakan–tindakan yang sifatnya “ramah anak”. Menyikapi berbagai fenomena sosial terkait masalah anak yang rawan tindak kekerasan saat ini, pe­nulis mencoba menggambarkan upaya–upaya revitalisasi peran keluarga khususnya orangtua dalam mengurangi tindak ke­kerasan terhadap anak.

Keywords : peran; orangtua; kekerasan; anak

  1. Ahmadi, Abu, Psikologi Sosial, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
  2. Burns, R.B., Self Concept: In Theory Measurement, Development and Behaviour. Newyork: Longman Group Limited, 1979.
  3. Desmita, Psikologi Perkembangan, Bandung: Rosdakarya, 2005.
  4. Fauziyah, Dewi, “Perlindungan Anak Korban Kekerasan dalam Keluarga”. Skripsi, Yogyakarta: Jurusan Pengembangan Masyarakat Fakultas Dakwah UIN Sunan Kalijaga, 2010.
  5. Faturochman, “Revitalisasi Peran Keluarga”, Buletin Psikologi, Tahun IX, No. 2, Desember 2001.
  6. Hidayat, Syarief, Pembangunan Sumber Daya Manusia Berwawasan IPTEK dan IMTAK, Jakarta: Logos, 2002.
  7. Megawangi. Ratna, Kembali Pada Fungsi Keluarga. Jakarta: Buletin Anak, 1998.
  8. Setyawan, Dodiet Aditya, Konsep Dasar Keluarga (bag.2). Bahan Ajar Makul Asuhan Kebidanan Komunitas I. Program Studi Diploma IV Kebidanan Komunitas Jurusan Kebidanan Poltekkes Surakarta, 2012.
  9. Sunarti, Euis, “Fungsi dan Peran Keluarga”, Makalah, Disampaikan dalam “Analisis Indikator Kesejahteraan Keluarga” diselenggarakan oleh BKKBN Pusat, Bogor 12 Mei 2004.
  10. UNICEF Indonesia & Kementerian Sosial, Pelayanan Kesejahteraan Anak dan Keluarga Indonesia: Kajian tentang Sistem Pencegahan dan Respon terhadap Perlakuan Salah, Kekerasan dan Eksploitasi Anak, 2010.
  11. Wahini, Meda “Keluarga Sebagai Tempat Pertama dan Utama Terjadinya Sosialisasi Pada Anak”, 2008. http://tumoutou.net/702_05123/meda_ wahini.htm[20 April 2014].

Sawwa: Jurnal Studi Gender
Published by the Center for Gender and Child Studies (Pusat Studi Gender dan Anak)
LP2M, Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang.

 
 


 
website statistics 
Sawwa Visitor Statistics

 

apps