PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA DINI

Lulu Choirun Nisa*  -  IAIN Walisongo, Semarang, Indonesia

Beberapa tahun terkahir ini anak usia dini dituntut untuk menguasai kemampuan berhitung sebelum masuk SD/MI. Sementara menurut psikologi mate­matika, keterampilan ber­hitung diijinkan untuk dipelajarkan ke anak asalkan konsep dasar pen­dukung­nya sudah dikuasai. Adapun kon­sep dasar pen­dukung dari keterampilan berhitung adalah ke­mampuan meng­urutkan, membandingkan, meng­umpul­kan, konsep him­pun­an, korespondensi satu-satu, dan bilang­an kardinal. Sebagaimana yang disampaikan oleh Piaget bahwa anak usia dini masuk pada tahapan sensorimotor dan praoperasi dimana pada tahapan ini anak belum mampu meng­gunakan aturan yang jelas atau logis, maka pembelajaran konsep berhitung dan pen­dukungnya tidak dapat di­sampai­kan secara formal. Oleh karena itu penggunaan media mutlak di­perlukan. Salah satu media yang dapat menjadi alternatif adalah media berbasis teknologi. Media ini mem­punyai banyak kelebihan, antara lain kemudah­an akses, tahan lama, mudah menyimpan­nya, serta dapat didesain secara fleksi­bel sesuai kebutuhan anak.Teknologi informasi juga sangat tepat untuk anak usia dini karena dapat orangtua/ pendidik dapat memasukkan unsur warna, musik, atau kari­katur yang sesuai dengan kesukaan anak. Adapun untuk menunjang keterampilan berhitung, anak dapat dikenalkan dengan kalkulator, Microsoft PowerPoint, internet, atau mobile teknologi seperti handphone dan tablet.

Keywords : anak usia dini; media pembelajaran; teknologi informasi

  1. ______, Amandemen UUD 1945.
  2. ______, UU No. 23 Tahun 2002 Perlindungan Anak.
  3. ______, UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  4. http://www.countusin.com. diakses tanggal 5 Desember 2011.
  5. Marmasse et.al., Numerical Mechanism and Childrens Concept of Numbers. Cambridge: The Media Laboratory Massachussetts Institute of Technology, 2000.
  6. New Foundations, Jerome Bruner’s Educational Theory, (2001), http://newfoundations.com/gallery/bruner.html (1 Juni 2008)
  7. Skemp, R., The Psychology of Learning Mathematics, Harmondsworth, Middlesex, England: Penguin Books Ltd., 1971.
  8. Sujiono & Sujiono, Menu Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Yayasan Citra Pendidikan Indonesia, 2005.
  9. Suparno, Paul, Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget, Yogyakarta: Kanisius, 2001.
  10. Suyanto, Slemet, Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Yogyakarta: Hikayat Publishing, 2005.

Sawwa: Jurnal Studi Gender
Published by the Center for Gender and Child Studies (Pusat Studi Gender dan Anak) LP2M, Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang.

 
 


 
website statistics 
Sawwa Visitor Statistics

 

apps