PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA DINI

Authors

  • Lulu Choirun Nisa IAIN Walisongo, Semarang

DOI:

https://doi.org/10.21580/sa.v7i2.651

Keywords:

anak usia dini, media pembelajaran, teknologi informasi

Abstract

Beberapa tahun terkahir ini anak usia dini dituntut untuk menguasai kemampuan berhitung sebelum masuk SD/MI. Sementara menurut psikologi mate­matika, keterampilan ber­hitung diijinkan untuk dipelajarkan ke anak asalkan konsep dasar pen­dukung­nya sudah dikuasai. Adapun kon­sep dasar pen­dukung dari keterampilan berhitung adalah ke­mampuan meng­urutkan, membandingkan, meng­umpul­kan, konsep him­pun­an, korespondensi satu-satu, dan bilang­an kardinal. Sebagaimana yang disampaikan oleh Piaget bahwa anak usia dini masuk pada tahapan sensorimotor dan praoperasi dimana pada tahapan ini anak belum mampu meng­gunakan aturan yang jelas atau logis, maka pembelajaran konsep berhitung dan pen­dukungnya tidak dapat di­sampai­kan secara formal. Oleh karena itu penggunaan media mutlak di­perlukan. Salah satu media yang dapat menjadi alternatif adalah media berbasis teknologi. Media ini mem­punyai banyak kelebihan, antara lain kemudah­an akses, tahan lama, mudah menyimpan­nya, serta dapat didesain secara fleksi­bel sesuai kebutuhan anak.Teknologi informasi juga sangat tepat untuk anak usia dini karena dapat orangtua/ pendidik dapat memasukkan unsur warna, musik, atau kari­katur yang sesuai dengan kesukaan anak. Adapun untuk menunjang keterampilan berhitung, anak dapat dikenalkan dengan kalkulator, Microsoft PowerPoint, internet, atau mobile teknologi seperti handphone dan tablet.

Downloads

Download data is not yet available.

References

______, Amandemen UUD 1945.

______, UU No. 23 Tahun 2002 Perlindungan Anak.

______, UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

http://www.countusin.com. diakses tanggal 5 Desember 2011.

Marmasse et.al., Numerical Mechanism and Childrens Concept of Numbers. Cambridge: The Media Laboratory Massachussetts Institute of Technology, 2000.

New Foundations, Jerome Bruner’s Educational Theory, (2001), http://newfoundations.com/gallery/bruner.html (1 Juni 2008)

Skemp, R., The Psychology of Learning Mathematics, Harmondsworth, Middlesex, England: Penguin Books Ltd., 1971.

Sujiono & Sujiono, Menu Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Yayasan Citra Pendidikan Indonesia, 2005.

Suparno, Paul, Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget, Yogyakarta: Kanisius, 2001.

Suyanto, Slemet, Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Yogyakarta: Hikayat Publishing, 2005.

Downloads

Published

2012-04-30

Issue

Section

Articles