PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.21580/sa.v7i2.651Keywords:
anak usia dini, media pembelajaran, teknologi informasiAbstract
Beberapa tahun terkahir ini anak usia dini dituntut untuk menguasai kemampuan berhitung sebelum masuk SD/MI. Sementara menurut psikologi matematika, keterampilan berhitung diijinkan untuk dipelajarkan ke anak asalkan konsep dasar pendukungnya sudah dikuasai. Adapun konsep dasar pendukung dari keterampilan berhitung adalah kemampuan mengurutkan, membandingkan, mengumpulkan, konsep himpunan, korespondensi satu-satu, dan bilangan kardinal. Sebagaimana yang disampaikan oleh Piaget bahwa anak usia dini masuk pada tahapan sensorimotor dan praoperasi dimana pada tahapan ini anak belum mampu menggunakan aturan yang jelas atau logis, maka pembelajaran konsep berhitung dan pendukungnya tidak dapat disampaikan secara formal. Oleh karena itu penggunaan media mutlak diperlukan. Salah satu media yang dapat menjadi alternatif adalah media berbasis teknologi. Media ini mempunyai banyak kelebihan, antara lain kemudahan akses, tahan lama, mudah menyimpannya, serta dapat didesain secara fleksibel sesuai kebutuhan anak.Teknologi informasi juga sangat tepat untuk anak usia dini karena dapat orangtua/ pendidik dapat memasukkan unsur warna, musik, atau karikatur yang sesuai dengan kesukaan anak. Adapun untuk menunjang keterampilan berhitung, anak dapat dikenalkan dengan kalkulator, Microsoft PowerPoint, internet, atau mobile teknologi seperti handphone dan tablet.
Downloads
References
______, Amandemen UUD 1945.
______, UU No. 23 Tahun 2002 Perlindungan Anak.
______, UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
http://www.countusin.com. diakses tanggal 5 Desember 2011.
Marmasse et.al., Numerical Mechanism and Childrens Concept of Numbers. Cambridge: The Media Laboratory Massachussetts Institute of Technology, 2000.
New Foundations, Jerome Bruner’s Educational Theory, (2001), http://newfoundations.com/gallery/bruner.html (1 Juni 2008)
Skemp, R., The Psychology of Learning Mathematics, Harmondsworth, Middlesex, England: Penguin Books Ltd., 1971.
Sujiono & Sujiono, Menu Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Yayasan Citra Pendidikan Indonesia, 2005.
Suparno, Paul, Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget, Yogyakarta: Kanisius, 2001.
Suyanto, Slemet, Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Yogyakarta: Hikayat Publishing, 2005.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles. Therefore, the author must submit a statement of the Copyright Transfer Agreement.*)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In line with the license, authors and third parties (readers, researchers, and others) are allowed to share and adapt the material. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.
________
*) Authors whose articles are accepted for publication will receive confirmation via email and send a Copyright Transfer Agreement.