MERANGSANG PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK DENGAN PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU

Ani Hidayati*  -  Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author
Pertumbuhan dan perkembangan memiliki pengertian yang sama yakni keduanya mengalami perubahan, tetapi secara khusus istilah per­tumbuhan berbeda dengan perkembangan. Pertumbuhan (growth) adalah perubahan-perubahan biologis, anatomis dan fisiologis manusia, sedangkan perkembangan(development)adalah perubahan-perubahan psikis dan motorik manusia. Pembelajaran tematik terpadu merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan beberapa materi pembelajaran yang dipadukan dalam satu tema dimana tema tersebut sebagai wadah yang me­ngandung konsep sehingga pembelajaran tersebut menjadi bersifat holistik, bermakna, dan otentik. Pembelajaran tematik terpadu berfungsi untuk memberikan kemudahan bagi peserta didik dalam memahami dan mendalami konsep materi yang tergabung dalam tema serta dapat menambah semangat belajar, karena materi yang dipelajari me­rupakan materi yang nyata (kontekstual) dan ber­makna bagi anak. Pada anak usia sekolah perkembangannya berada pada tahap operasi konkret, mulai menunjukkan perilaku yang mulai memandang dunia secara objektif, reflektif dan memandang unsur-unsur secara serentak, mulai berpikir secara operasionaluntuk mengklasifikasikan benda-benda, membentuk dan mempergunakan keterhubungan aturan-aturan, prinsip ilmiah sederhana, dan mempergunakan hubung­­­an sebab akibat. Oleh karena itu pembelajaran yang tepat adalah dengan mengaitkan konsep materi dalam satu kesatuan yang berpusat pada tema. Kegiatan pembelajaran akan bermakna jika dilakukan dalam lingkungan yang nyaman, memberikan rasa aman, bersifat kontekstual, anak mengalami langsung sesuatu yang di­pelajarinya, hal ini akan diperoleh melalui pembelajaran tematik terpadu.Pembelajaran ini relevan dengan tingkat perkembangan anak sehingga dapat merangsang pertumbuhan dan perkembangan anak.

Keywords: pembelajaran tematik; pertumbuhan; perkembangan

  1. Dariyo, Ahmad, Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama, Bandung: Refika Aditama, 2007.
  2. Desmita, Psikologi Perkembangan, Bandung: Rosda Karya, 2005.
  3. Elizabeth B. Hurlock, Psikologi Perkembangan; Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, Jakarta: Elangga, 2003.
  4. Hastuti, Psikologi Perkembangan Anak, Yogyakarta: Tugu Publisher, 2012.
  5. Herry Hernawan, Asep dan Novi Resmini, Pembelajaran Tematik, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, 2009.
  6. Kadir, Abdul dan Hanun Asrohah, Pembelajaran Tematik, Jakarta: Rajawali Perss, 2014.
  7. Kemdikbud, Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Pendekatan Scientifik, Jakarta: Kemdikbud, 2013.
  8. Ki Fudyartanta, Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
  9. Majid, Abdul, Pembelajaran Tematik Terpadu, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
  10. __________, Starategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
  11. Yamin, Martinis, Paradigma Pendidikan Konstruktivistik, Jakarta: Gaung Pesada Press, 2008.
  12. Rusman, Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: Rajawali Perss, 2011.
  13. Slavin, Robert E., Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik, Jakarta: Indeks, 2011.
  14. Sofiyanti, Ai, “Pembelajaran Tematik dalam Implementasi Kurikulum 2013”, Makalah TOT Pembelajaran Tematik pada Program DMS, Jakarta, 2013.
  15. Susanto, Ahmad, Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.
  16. Trianto, Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik bagi Anak Usia Dini TK/RA dan Anak Usia Kelas Awal SD/MI, Jakarta: Kencana, 2013.
  17. __________, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta: Kencana, 2010.
  18. Zulkifli, L., Psikologi Perkembangan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009 .

Publisher:
Center for Gender and Child Studies (Pusat Studi Gender dan Anak)
LP2M, Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang.
Central Java, Indonesia


Sawwa Visitor Statistics
 
apps