MERANGSANG PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK DENGAN PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU
DOI:
https://doi.org/10.21580/sa.v12i1.1473Keywords:
pembelajaran tematik, pertumbuhan, perkembanganAbstract
Pertumbuhan dan perkembangan memiliki pengertian yang sama yakni keduanya mengalami perubahan, tetapi secara khusus istilah pertumbuhan berbeda dengan perkembangan. Pertumbuhan (growth) adalah perubahan-perubahan biologis, anatomis dan fisiologis manusia, sedangkan perkembangan(development)adalah perubahan-perubahan psikis dan motorik manusia. Pembelajaran tematik terpadu merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan beberapa materi pembelajaran yang dipadukan dalam satu tema dimana tema tersebut sebagai wadah yang mengandung konsep sehingga pembelajaran tersebut menjadi bersifat holistik, bermakna, dan otentik. Pembelajaran tematik terpadu berfungsi untuk memberikan kemudahan bagi peserta didik dalam memahami dan mendalami konsep materi yang tergabung dalam tema serta dapat menambah semangat belajar, karena materi yang dipelajari merupakan materi yang nyata (kontekstual) dan bermakna bagi anak. Pada anak usia sekolah perkembangannya berada pada tahap operasi konkret, mulai menunjukkan perilaku yang mulai memandang dunia secara objektif, reflektif dan memandang unsur-unsur secara serentak, mulai berpikir secara operasionaluntuk mengklasifikasikan benda-benda, membentuk dan mempergunakan keterhubungan aturan-aturan, prinsip ilmiah sederhana, dan mempergunakan hubungan sebab akibat. Oleh karena itu pembelajaran yang tepat adalah dengan mengaitkan konsep materi dalam satu kesatuan yang berpusat pada tema. Kegiatan pembelajaran akan bermakna jika dilakukan dalam lingkungan yang nyaman, memberikan rasa aman, bersifat kontekstual, anak mengalami langsung sesuatu yang dipelajarinya, hal ini akan diperoleh melalui pembelajaran tematik terpadu.Pembelajaran ini relevan dengan tingkat perkembangan anak sehingga dapat merangsang pertumbuhan dan perkembangan anak.Downloads
References
Dariyo, Ahmad, Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama, Bandung: Refika Aditama, 2007.
Desmita, Psikologi Perkembangan, Bandung: Rosda Karya, 2005.
Elizabeth B. Hurlock, Psikologi Perkembangan; Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, Jakarta: Elangga, 2003.
Hastuti, Psikologi Perkembangan Anak, Yogyakarta: Tugu Publisher, 2012.
Herry Hernawan, Asep dan Novi Resmini, Pembelajaran Tematik, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, 2009.
Kadir, Abdul dan Hanun Asrohah, Pembelajaran Tematik, Jakarta: Rajawali Perss, 2014.
Kemdikbud, Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Pendekatan Scientifik, Jakarta: Kemdikbud, 2013.
Ki Fudyartanta, Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
Majid, Abdul, Pembelajaran Tematik Terpadu, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
__________, Starategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
Yamin, Martinis, Paradigma Pendidikan Konstruktivistik, Jakarta: Gaung Pesada Press, 2008.
Rusman, Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: Rajawali Perss, 2011.
Slavin, Robert E., Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik, Jakarta: Indeks, 2011.
Sofiyanti, Ai, “Pembelajaran Tematik dalam Implementasi Kurikulum 2013”, Makalah TOT Pembelajaran Tematik pada Program DMS, Jakarta, 2013.
Susanto, Ahmad, Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.
Trianto, Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik bagi Anak Usia Dini TK/RA dan Anak Usia Kelas Awal SD/MI, Jakarta: Kencana, 2013.
__________, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta: Kencana, 2010.
Zulkifli, L., Psikologi Perkembangan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009 .
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles. Therefore, the author must submit a statement of the Copyright Transfer Agreement.*)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In line with the license, authors and third parties (readers, researchers, and others) are allowed to share and adapt the material. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.
________
*) Authors whose articles are accepted for publication will receive confirmation via email and send a Copyright Transfer Agreement.