ELEMEN BERNALAR: IMPLIKASI DAN AKIBAT-AKIBAT PADA INDIKATOR MENGANTISIPASI SERTA MENCARI SOLUSI TERHADAP MASALAH MELALUI METAKOGNISI

duwi nuvitalia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengantisipasi serta mencari solusi terhadap masalah melalui metakog- nisi. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D. untuk mendapatkan data, instrument penelitian yang digunakan yaitu berupa tes kemampuan berpikir kritis pada indikator mengantisipasi serta mencari solusi terhadap masalah, lembar kegiatan siswa, dan lembar kerja siswa pada kegiatan lab- oratorium IPA. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa siswa dapat meng- gunakan kemampuan bernalarnya melalui metakognisi. Selain itu, siswa dapat mencari solusi dalam memecahkan masalah di dalam kegiatan labo- ratorium IPA sesuai dengan logika atau penalaran siswa sendiri.

Keywords


elemen bernalar, metakognisi

Full Text:

PDF

References


Aministich. 2012. Kemampuan Penalaran. On line. http://id.shvoong. c o m / s o c i a l - s c i e n c e s / e d u c a t i o n / 2 2 5 2 6 7 5 - k e m a m p u a n penalaran/#ixzz3A36ndYkD. Diakses 11 Agustus 2013

Arend, Bridget. 2009. Encouraging critical thinking in online thread- ed discussions. The Journal of Educators Online, 6/1: 1-23.

Djuanda, Moh. 2008. Urgensi Metakognitif Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Madrasah. On line. http://bdkjakarta. kemenag.go.id/index.php?a=artikel&id=884. Diakses 13 juli

Flavell, J. (1979). Metacognitive and cognitive monitoring: A new area of cognitive developmental inquiry. American Psycholo- gist. 34. 906-911.

Permendikbud Nomor 81a Tahun 2013

Suparno, P. 2006. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Weinert, F. E. dan Kluwe, R. H. 1987. Metacognition, Motivation, and Understanding. Hillsdale, New Jersey: Lawrence Erlbaum As- sociates Publishers




DOI: http://dx.doi.org/10.21580/phen.2014.4.2.102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :
Journal Terindex di DOAJJournal Terindex di Google ScholarJournal Terindex di AcademiaJournal Terindex di Portal GarudaJournal Terindex di MorarefJournal Terindex di SintaJournal Terindex di Crossref Journal Terindex di BaseJournal Terindex di onesearch


Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA

Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Walisongo
Jl. Prof. Hamka km 2, Ngaliyan, Semarang - Indonesia
Phone: +62 24 7615387
Email: phenomenon@walisongo.ac.id