Development of Numeracy Literacy Instrument in the Context of Local Wisdom in Pandeglang at the Madrasah Tsanawiyah

Endah - Isnaintri*  -  Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
Hepsi - Nindiasari  -  Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
Sukirwan - -  -  Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

(*) Corresponding Author
Numeracy literacy, as the ability to understand and apply mathematical concepts in everyday life, has been recognized as a crucial competence in this era. In the context of formal education, many students face challenges in developing their numeracy literacy skills, thus necessitating the development of instruments that have the potential to contribute significantly by being contextual and enriching students' numeracy literacy learning experiences. The aim of this research is to produce a development product of a numeracy literacy instrument based on local wisdom in Pandeglang Regency for grade IX students at Madrasah Tsanawiyah, focusing on number patterns, probability, two-dimensional shapes, and algebraic elements. This research falls under the category of development research, referring to Tessmer's formative research model. The subjects up to the final prototype in this research are 38 students from class IX at MTsN 2 Pandeglang. The instruments used for data collection were validation sheets, interview guidelines, and a numeracy literacy test instrument based on local wisdom in Pandeglang Regency. The data analysis method used involved evaluating the suitability, quality, and accuracy of the developed instrument through expert judgment and statistical analysis. The research results indicate that the developed questions have a good level of validity, although they still require improvement based on the suggestions and feedback provided by the validators. Furthermore, in terms of the quality of the developed test, the difficulty index of the four items falls under the moderate category, the item discrimination is acceptable and valid, and the test exhibits high reliability (0.93). Based on these research results, it can be concluded that the developed numeracy literacy instrument based on local wisdom in Pandeglang Regency is suitable for use.
Keywords: Assesment Instrument , Local Wisdom, Mathematics Education, Numeracy Literacy

Literasi numerasi sebagai kemampuan memahami dan menggunakan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari, telah diakui sebagai salah satu kompetensi penting dalam era ini. Dalam konteks pendidikan formal, banyak siswa menghadapi tantangan dalam mengembangkan kemampuan literasi numerasinya, sehingga diperlukan adanya pengembangan instrumen yang berpotensi memberikan kontribusi penting yang kontekstual dan memperkaya pengalaman belajar literasi numerasi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk pengembangan instrumen literasi numerasi berbasis kearifan lokal di Kabupaten Pandeglang bagi siswa kelas IX MTs dengan elemen materi pola bilangan, peluang, bangun ruang sisi datar dan aljabar. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian pengembangan yang mengacu pada model penelitian formatif Tessmer. Subjek hingga di prototipe akhir pada penelitian ini adalah 38 orang siswa kelas IX di MTsN 2 Pandeglang. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah lembar validasi, pedoman wawancara dan soal tes instrumen literasi numerasi berbasis kearifan lokal Kabupaten Pandeglang. Metode analisis data yang digunakan adalah dengan mengevaluasi kesesuaian, kualitas dan akurasi instrumen yang dikembangkan melalui ahli dan analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa pertanyaan-pertanyaan yang dikembangkan memiliki tingkat validitas yang baik, meskipun masih memerlukan perbaikan berdasarkan saran dan umpan balik yang diberikan oleh validator, selanjutnya untuk kualitas tes yang dikembangkan diantaranya indeks kesukaran keempat soal berada pada kategori sedang, daya pembeda soal dapat diterima dengan baik dan valid serta memiliki realibilitas yang tinggi (0,93). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan instrumen literasi numerasi berbasis kearifan lokal di Kabupaten Pandeglang yang dikembangkan sudah layak untuk digunakan.

  

Keywords: Assesment; Local Wisdom; Mathematics; Numeracy Literacy

  1. Agustina, Y., Mutaqin, E. J., & Nurjamaludin, M. (2022). Pengaruh model pembelajaran Mathematics Realistic Education (RME) terhadap kemampuan literasi numerasi. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 142-149. https://doi.org/10.31980/caxra.v2i2.1982
  2. Arikunto, S. (2007). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
  3. Ariyanti, S. N., & Setiawan, W. (2019). Analisis kesulitan siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan soal pola bilangan berdasarkan kemampuan penalaran matematik. Journal on Education, 1(2), 390-399. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.79
  4. Badraeni, N., Pamungkas, R. A., Hidayat, W., Rohaeti, E. E., & Wijaya, T. T. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan Pemahaman Matematik Dalam Mengerjakan Soal Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 247-253. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.195
  5. Darmawisada, I. K. A. Y. (2022). Pengembangan tes numerasi tife Asesment Kompetensi Minimum menggunakan konteks soisal budaya Bali di SMP (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha). https://doi.org/10/1813011073-BAB%20III%20METODELOGI%20PENELITIAN.pdf
  6. Dirjen PAUD, Dikdas, dan Dikmen Kemendikbud. (2021). Panduan Penguatan Literasi dan Numerasi di Sekolah. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  7. Fahlevi, M. S., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal uraian pada materi bangun ruang sisi datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(4), 313-322. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.p%p
  8. Febriani, P., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). Pengaruh pembelajaran Matematika Realistik berbasis Etnomatematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMA Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 120-135. https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i2.9761
  9. Fiangga, S., Amin, S. M., Khabibah, S., Ekawati, R., & Priharitini, N. R. (2019). Penulisan soal literasi numerasi bagi Guru SD di Kabupaten Ponorogo. Jurnal Anugerah, 1(1), 9–18. https://doi.org/10.31629/anugerah.v1i1.1631
  10. Fitriana, I. N., & Mampouw, H. L. (2019). Skema kognitif siswa dalam menyelesaikan soal peluang ditinjau dari pendekatan Polya. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 353-364. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.510
  11. Goos, M., Dole, S., & Geiger, V. (2011). Improving numeracy education in rural schools: A professional development approach. Mathematics Education Research Journal, 23(2), 129–148. https://doi.org/10.1007/s13394-011-0008-1
  12. Istiana, M. E., Satianingsih, R., & Yustitia, V. (2020). Pengaruh Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan literasi matematika siswa. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(3), 423–430. https://doi.org/10.30738/union.v8i3.8446
  13. Juhaevah, F. (2022). Developing mathematics problems using local wisdom context of Maluku to improve students’ numeracy. Jurnal Elemen, 8.(1), 323–339. https://doi.org/https:/doi.org/10.29408/jel.v8i1.4524
  14. Jumiati, Y., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(1), 11-18. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i1.p%p
  15. Kurniawati, L., & Sugiharto, S. (2022). Gerakan literasi dan numerasi dan kearifan Lokal (GELAS RIFAL) untuk menyiapkan generasi emas Indoneisa Tahun 2045. ICELAM, 2(2–12), 441-449. https://myjms.mohe.gov.my/index.php/icelam/article/view/17222
  16. Lusiana, L. (2018). Integrasi kearifan lokal dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan Contekstual Learning. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 16(3), 376-386. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v16i3.2171
  17. Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi numerasi siswa dalam pemecahan masalah tidak terstruktur. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69-88. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol4no1.2019pp69-88
  18. Mutmainah, Y. H. (2022). Perbandingan pengaruh penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan pendekatan saintifik terhadap kemampuan literasi numerasi siswa kelas XI (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo). https://doi.org/10/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
  19. Nieveen, N. (2007). Formative evaluation in educational design research (Eds). An introduction to educational design research. SLO, 153(1), 152-169.
  20. OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. OECD Publishing.
  21. Pangesti, F. T. P. (2018). Menumbuhkembangkan literasi numerasi pada pembelajaran matematika dengan soal HOTS. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5(9), 566–575.
  22. Patta, R., Rahman, A., & Nur, A. S. (2022). Penerapan pendekatan Realistic Mathematics Eduaction (RME) untuk meningkatkan literasi numerasi siswa kelas V SD Negeri 157 Pasaraya Kecamatan Bontobohari Kabupaten Bulukumba. Global Journal Basic Education, 1(4), 458-467. https://doi.org/10.35458/gjp.v1i1.508
  23. Permaganti, B., & Zanthy, L. S. (2023). Studi analisis: kesalahan menyelesaikan soal cerita persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(2), 651-660. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i2.13890
  24. PISA 2022: Mathematics Framework. (n.d.). Retrieved March 29, 2023, from https://pisa2022-maths.oecd.org/#What-is-Mathematical-Literacy
  25. Putri, M. A. K. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis lesson study for learning community bernilai Budaya Suku USING dan pengaruhnya terhadap kemampuan numerasi. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidika Matematika, 11(4), 2567-2578. http://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6164
  26. Putri, R. I. I., & Zulkardi. (2020). Designing PISA-Like mathematics task using Asian Games context. Journal on Mathematics Education, 11(1), 135–144. https://eric.ed.gov/?id=EJ1241454
  27. Riana, R., & Fitrianna, A. Y. (2021). Analisis kesulitan dalam menyelesaikan soal peluang pada siswa SMP kelas IX ditinjau dari taksonomi Bloom. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 1019-1032. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.p%p
  28. Sari, N. I. P., Subanji, S., & Hidayanto, E. (2018). Diagnosis kesulitan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan masalah pola bilangan. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 2(2), 64-69. https://doi.org/10.17977/um076v2i22018p64-69
  29. Sirait, S., Rahmadani, E., Syafitri, E., Anim, A., Mapilindo, M., Izzayu, N., & Andini, P. (2022). Pengaruh model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis Etnomatematika terhadap kemampuan literasi numerasi siswa. Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Universitas Asahan. http://jurnal.una.ac.id/index.php/semnasmudi/article/view/2996
  30. Tessmer, M. (1998). Planning and conducting formative evaluations: Improving the quality of education and training. London: Kogan Page.
  31. Utami, R. D., & Harta, I. (2017). Analisis tingkat kesulitan soal pemecahan masalah dalam buku siswa pelajaran matematika SMP Kelas IX Kurikulum 2013. http://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/8819
  32. Wardhani, I. S. K. (2022). Pengembangan video pembelajaran berbasis numerasi dengan kearifan lokal untuk siswa SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 908-914. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2748
  33. Zulkardi, Z. (2002). Developing a learning environment on realistic mathematics education for Indonesian student teachers (Doctoral dissertation, University of Twente, Enschede). http://doc.utwente.nl/58718/1/thesis_Zulkardi.pdf

Open Access Copyright (c) 2023 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps