STRATEGI DAKWAH AL BAYANUNI (Analisis Strategi Muhammad Abu Fatah Al Bayanuni Dalam Kitab Al Madkhal Ila Ilmi Dakwah)

Muklis Nizar

Abstract


The strategy used in the da’wah must be in accordance with condition and activity-bused designed to realize the purpose da’wah. The complexity of the problems that develop tody. Da’wah always face different challenges according to the conditions of community life. Da’wah must be packed in such a way as to be accepted and understood by the community as mad’unya. Because it da’wah can not be done with perfunctory but must be with  careful planning and preparation understand the strategi steps to consider. The use of strategy or the right way is a benchmark of success from da’wah itself. But if the strategy used is not appropriate, will lead to the unexpected.

Depart from the above understanding shaykh Muhammad abu Fatah al Bayanuni contributed thoughts on the da’wah strategy contained in the book al madkhal ila ilmi da’wah. Strategy is a combination of planning, methods and tactics means/media to achieve the goal of da’wah.

Keywords : strategy, da’wah, muhammad abu fatah al bayanuni

----------------------------------------------------------------------------------

Strategi yang digunakan dalam dakwah harus sesuai dengan kondisi dan kegiatan yang dirancang untuk mewujudkan tujuan dakwah. Kompleksitas masalah yang berkembang goyah. Dakwah selalu menghadapi tantangan yang berbeda sesuai dengan kondisi kehidupan masyarakat. Dakwah harus dikemas sedemikian rupa agar diterima dan dipahami oleh masyarakat sebagai madunya. Karena itu dakwah tidak bisa dilakukan dengan asal saja tetapi harus dengan perencanaan dan persiapan yang matang memahami langkah-langkah strategis yang perlu dipertimbangkan. Penggunaan strategi atau cara yang benar adalah tolok ukur keberhasilan dari dakwah itu sendiri. Tetapi jika strategi yang digunakan tidak tepat, akan mengarah pada hal yang tidak terduga.

Berangkat dari pemahaman di atas shaykh Muhammad abu Fatah al Bayanuni mengkontribusikan pemikiran tentang strategi dakwah yang terkandung dalam buku al madkhal ila ilmi da'wah. Strategi adalah kombinasi dari perencanaan, metode dan taktik yang berarti / media untuk mencapai tujuan dakwah.

Kata kunci: strategi, dakwah, muhammad abu fatah al bayanuni


Keywords


strategy, da’wah, muhammad abu fatah al bayanuni

Full Text:

PDF

References


Ali Mahfudz, Syekh, 1979, Hidayatul Mursyidin, Mesir: Dar al I’tisham,, cet. 7.

Faizah & Lalu Muchsin Effendi, 2006, Psikologi Dakwah, Jakarta: Prenadamedia.

Ismail, Ilyas & Prio Hotman, 2011, Filsafat Dakwah; Rekayasa Membangun Agama dan Peradaban, Jakarta: Prenada Media.

Jalaluddin, 2011, Psikologi Agama, Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Muhammad al Bayanuni, Al Madkhal ilaa ‘ilmi al da’wah, Muassasah al risalah, cet. II.

Pimay, Awaludin. 2005, Paradigma Dakwah Humanis : Strategi dan Metode Dakwah Prof. KH. Saifuddin Zuhri, RaSAIL.

Priyatno,Dwidja., 2009, Sistem Pelaksanaan Pidana Penjara di Indonesia, Bandung, Refika Aditama, Cet. II.

Supena, Ilyas., 2013, Filsafat Ilmu Dakwah; Perspektif Filsafat Ilmu Sosial, ombak Yogyakarta.

Undang – undang Republik Indonesia Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan.

Yusfar Lubis dkk., 1978, Metodologi Dakwah Terhadap Narapidana, Proyek Penerangan Departemen Agama, Jakarta.

Yulia Hairina dan Shanty Komalasari, “Kondisi Psikologis Narapidana Narkotika di Lapas Narkotika Kelas II Karang Intan Martapura” Jurnal Studia Insania, 2013.




DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.21580/icj.v3i1.2679.g1687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ICJ STATISTIC 

Islamic Communication Journal: Jurnal Penelitian Komunikasi Islam
Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK)
Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
Jl. Prof. Dr. Hamka, KM.2 Semarang, Central Java, Indonesia