OPTIMALISASI PERKEMBANGAN ANAK DALAM DAY CARE

Siti Hikmah*  -  IAIN Walisongo, Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author
Pengasuhan anak menjadi salah satu persoalan yang banyak dialami terutama oleh para ibu yang bekerja di sektor publik. Kesulitan untuk mencari pengasuh (baby sitter) yang sesuai harapan menjadikan day care menjadi pilihan alternatif. Persoalannya tidak semua day care memenuhi harapan para orang tua. Memilih day care yang baik dan memenuhi standar menjadi sebuah keharusan bagi orang tua. Jika tidak, maka perkembangan psikologis anak menjadi taruhannya. Day care menjadi sebuah pilihan yang tepat apabila mampu memainkan perannya sebagai ‘pengganti orang tua’ dalam proses perkembang­an anak dalam berbagai dimensinya baik per­kembang­an bahasa, fisik, sosial, emosi dan psikologisnya.

Keywords: day care; perkembangan anak

  1. Brenner, Barbara, The Preschool Handbook, New York: Pantheon Books, 1990.
  2. Borden, Marian Edelman, Smart Star (Panduan Lengkap Memilih Pendidikan Prasekolah Balita Anda), Jakarta: Mizan, 2001.
  3. Day, Alexandra, Carl Goes to Day care, New York: Farrar, Strauss, Giroux,1993.
  4. Eisberg, Arlene,Heidi E. Murkoff dan Sandee E. Hathaway, What to Expect the Toddler Years, New York:Workman Publishing,1994.
  5. Miller, Jo Ann and Susan Weissman, The Parents’ Guide to Daycare, New York Bantam Books,1986.
  6. Rogers, Fred, Going to Day care, New York: Putnam, 1985.
  7. Santrock, Life Span Development, Texas: Texas University, 1995.
  8. Valens, Amy, Jesse’s Day care, Boston: Houghton Mifflin,1990.
  9. Wolde, Gunilla, Besty’s First Day care, New York: Rondom House, 1976.

Publisher:
Center for Gender and Child Studies (Pusat Studi Gender dan Anak)
LP2M, Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang.
Central Java, Indonesia


Sawwa Visitor Statistics
 
apps