PERBEDAAN GENDER TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG MATEMATIKA MENGGUNAKAN OTAK KANAN PADA SISWA KELAS I

Kristi Liani Purwanti*  -  IAIN Walisongo Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author
Otak merupakan bagian sentral dari fungsi dasar vital pada manusia. Otak kanan adalah otak yang berada disebelah kanan dalam posisi anatomis (frontal). Berhitung penjumlahan dan pengurangan dengan otak kanan salah satunya dengan metode “jari­magic” dimana perantara untuk menghitung penjumlahan dan pengurangan menggunakan jari-jari tangan. Kemampuan meng­ingat, menalar, dan merasakan perbedaan sikap atau  per­­laku­an orang lain juga berkembang dengan pesat. Anak lebih sensitif, cerdas, dan aktif secara fisik maupun psikologis. Tulisan “Perbandingan Gender dalam Prestasi Literasi Siswa Indonesia” menyebutkan bahwa siswa perempuan men­dapat­kan kenaikan nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa laki-laki de­ngan perbedaan nilai sebesar 16 poin untuk siswa per­­empuan dan 11 poin untuk siswa laki-laki. Terlihat per­bedaan ke­mampu­an anak laki-laki dan perempuan saat pem­belajaran berlangsung. Kemampuan anak-anak laki-laki lebih tinggi di­banding­kan anak perempuan terlihat dari ke­mahiran meng­gunakan jari jemari dan kemampuan anak dalam menye­lesai­kan soal yang berhubungan dengan operasi pen­jumlahan dan pengurangan sampai 99 tanpa penyimpanan.

Keywords: otak kanan; metode “jarimagic”; perbedaan gender; kemampuan matematika

  1. Auliya, M. Fajar, “Jarimagic” Penambahan dan Pengurangan, Jakarta: PT. Buku Seru, 2012.
  2. Bachtiar Soeseno, Buku Pintar memahami Psikologi Anak Didik. Yogjakarta: Pinang Merah Publisher, 2012.
  3. Fazlurrachman, Haris, “Monograf Bahan Ajar Gender”, 2008. http://curhatpendidikan.blogspot.com/2008/07/monograf.html. (6-1-2009)
  4. Muliawan, Jasa Ungguh. 2009. Tips Jitu Memilih Minan Positif dan Kreatif untuk Anak Anda. Yogjakarta: DIVA Press.
  5. Muhsetyo, Gatot, Pembelajaran Matematika SD, Jakarta: Universitas Terbuka, 2009.
  6. Yusuf, Suhendra. Perbandingan Gender dalam Prestasi Literasi Siswa Indonesia. http://www.uninus.ac.id/PDF/Suhendra%20Yusuf%20%20Makalah%20untuk%20Jurnal%20Uninus.pdf. (20-12-2008).
  7. http://oediku.wordpress.com/2010/01/09/keuntungan-pengguna-otak-kanan-berbanggalah-jika-engkau-bukan-pengguna-otak-kiri/ ( 25 April 2013)
  8. http://dammar-asihan.blogspot.com/2013/03/perbedaan-fungsi-otak-kanan-dan-otak.html# (25 April 2013)

Publisher:
Center for Gender and Child Studies (Pusat Studi Gender dan Anak)
LP2M, Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang.
Central Java, Indonesia


Sawwa Visitor Statistics
 
apps