The Management of Strengthening the Mosque-Based Religious Character Education

Badrudin Badrudin*  -  UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

(*) Corresponding Author

This study aims to explore the management of strengthening the religious character education of mosque-based students in madrasas. Data collection techniques using observation, interviews, and study documentation. Data analysis used qualitative analysis at Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bandung. The results showed that the management of mosque-based character strengthening students had fulfilled management principles and was able to instill student character through worship activities. The design of activities to strengthen mosque-based character education that has been carried out includes thaharah, Duha praying, adhan, iqamah, recitation of asma alhusna, tadarus al-Quran, lectures, midday prayers, remembrance, and prayers. This activity is effectively able to develop the character of obedience, responsibility, discipline, cleanliness, neatness, trustworthy, confident, caring, brave and polite.


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi manajemen penguatan pendidikan karakter religius peserta didik berbasis Mesjid di madrasah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen penguatan pendidikan karakter peserta didik berbasis masjid telah memenuhi prinsip manajemen dan mampu menanamkan karakter siswa melalui aktifitas ibadah. Desain aktivitas penguatan pendidikan karakter berbasis mesjid yang telah dilakukan meliputi  thaharah, sholat Duha, adzan, iqamah, pembacaan asma alhusna, tadarus al-Quran, kuliah, sholat dzuhur , zikir, dan sholat. Kegiatan ini secara efektif mampu mengembangkan karakter kepatuhan, tanggung jawab, disiplin, kebersihan, kerapian, dapat dipercaya, percaya diri, peduli, berani dan sopan

Keywords : Management; religious character; mosque based; qualitative; madrasah aliyah; responsibility; discipline; cleanliness; neatness; trustworthy; confident; caring; brave; polite;

  1. Abdulmuid, Muhibbudin. Manajemen Pendidikan. Batang: Pengging Mangkunegara, 2013.
  2. Angga, Bambang, and A Yusuf. "Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar." Jurnal Pendidikan Humaniora, 4 No.3, 2016: 134. http://journal.um.ac.id /index.php/jph/article/view/8214.
  3. Badrudin. Manajemen Peserta Didik. Jakarta: Indeks, 2014.
  4. Basit, Abdul. "Strategi Pengembangan Masjid bagi Generasi Muda." Jurnal Komunika, Volume 3, Nomor 2, 2009: 271. doi 10.24090/KOMUNIKA. V3I2.130.
  5. Creswell, Jhon W. Research Design (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed). Pustaka Pelajar: Yogyakarta, 2013.
  6. Effendy, M. Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2017.
  7. Ginanjar, M Hidayat, and Wartono. "Karakteristik Kepemimpinan Pendidikan Islam Berbasis Masjid." Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Volume I, Nomor 1, 2018: 12. doi: http://dx.doi.org/10.30868/im.v1i01.213.
  8. Hakim, Rosniati. "Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Pendidikan Bebasis Al-Quran." Jurnal Pendidikan Karakter, Volume IV, Nomor 2, 2014: 124. doi: https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.2788.
  9. Hendriani, S, Susi, Nulhaqim, and A Soni. "Pengaruh Pelatihan dan Pembinaan dalam Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Mitra Binaan PT Pelabuhan Indonesia I Cabang Dumai." Jurnal Kependudukan Padjadjaran, 10 No.2, 2008: 157. http://jurnal.unpad.ac.id/kependudukan/article/view/4032.
  10. Irianto, Yoyon Bahtiar. "Strategi Manajemen Pendidikan Karakter." Proceedings of The 4th International Conference Teacher Education. Bandung: UPI, 2010. 380. https://www.google.com/url?sa=t&source=web &rct=j&url= http://file.upi.edu/Direktori/PROCEEDING/UPI-
  11. Ismail, Asep Usman, Castrawijaya, and Cecep. Manajemen Masjid. Bandung: Angkasa, 2010.
  12. Kristiawan, Muhammad. "Telaah Revolusi Mental dan Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Sumber Daya Manusia Indonesia yang Pandai dan Berakhlak Mulia." Jurnal Ta'dib, Volume 18, Nomor 1, 2015: 14. doi: http://dx.doi.org/10.31958/jt.v18i1.274.
  13. Lickona, Thomas. Educating for Character (Mendidik untuk Membentuk Karakter). Jakarta: Bumi Aksara, 2016.
  14. —. Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsbility. New York: Bantam Books, 1991.
  15. Machin, A. "Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter dan Konservasi Pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan." Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3 No.1, 2014: 29, http://journal. unnes. ac.id/nju /index. php/jpii.
  16. Mahmud, and Tedi Priatna. Kajian Epistemologi, Sistem dan Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam. Bandung: Azkia Pustaka Utama, 2008.
  17. Majid, Abdul, and Dian Andayani. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.
  18. Manullang, Belferik. "Grand Desain Pendidikan Karakter Generasi Emas 2045." Jurnal Pendidikan Karakter, Volume III, Nomor 1, 2013: 2. https://doi.org /10.21831/jpk.v0i1.1283.
  19. Marzuki, Murdiono, and Samsuri. "Pembinaan Karakter Siswa Berbasis Pendidikan Agama di SD dan SMP DIY." Jurnal Kependudukan, 41 No.1, 2011: 7. doi: https://doi.org/10.21831/jk.v41i1.1919.
  20. Mulyasa, E. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara, 2016.
  21. Najib, M, Novan Ardy Wiyani, and Solichin. "Manajemen Masjid Sekolah sebagai Laboratorium Pendidikan Karakter bagi Peserta Didik." Jurnal Ta'dib, Volume XIX, Nomor 01, 2014: 94. http://jurnal.radenfatah.ac.id /index.php /tadib/article/view/10.
  22. Nez, Alif Laela. "Model Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Kurikulum 2013 di SMA Negeri Kota Tegal." Journal Unnes Educational Management, 3 No.2, 2014: 81. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ eduman/article/view/4376.
  23. Pawitasari, Erma, Endin Mujahidin, and Nanang Fattah. "Pendidikan Karakter Bangsa dalam Perspektif Islam (Studi Krisis terhadap Konsep Pendidikan Karakter Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan." Jurnal Ta'dibuna, Volume 4, Nomor 1, 2015: 3. doi: http://dx.doi.org/10.32832/tadibuna. v4i1.573.
  24. Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2008.
  25. Ramayulis, Nizar, and Syamsul. Filsafat Pendidikan Islam: Telaah Sistem Pendidikan dan Pemikiran Para Tokohnya. Jakarta: Kalam Mulia, 2010.
  26. Ramdhani, Muhammad Ali. "Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter." Jurnal Pendidikan Universitas Garut, Volume 8, Nomor 1, 2014: 28. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article /view/69.
  27. Rusdiana, A. and Qiqi Yulianti Zakiah. Manajemen Perkantoran Modern. Bandung: Insan Komunika, 2014.
  28. Salim, A. "Manajemen Pendidikan Karakter di Madrasah (Sebuah Konsep dan Penerapannya)." Jurnal Tarbawi, Volume I, Nomor 02, 2015: 10-14. https://www.neliti.com/id/publications/256501/manajemen-pendidikan-karakter-di-madrasah.
  29. Samani, Muchlas, and Hariyanto. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.
  30. Saptono. Dimensi-dimensi Pendidikan Karakter. Salatiga: Erlangga, 2011.
  31. Setiawati, Nanda Ayu. "Pendidikan Karakter sebagai Pilar Pembentukan Bangsa." Prosiding Seminar Nasional Tahunan . Medan: Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan, 2017: 348. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint /27544.
  32. Sholiha, T M, Narulita, and Mardihah. "Peran Majelis Dhikr dalam Pembinaan Akhlak Remaja Putri." Jurnal Studi Al-Quran, 10 No.2, 2014: 148. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jsq/article/view/4445.
  33. Suwito. "Integrasi Nilai Pendidikan Karakter dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Melalui RPP." Jurnal Ilmiah Civis, II No.2, 2012: 11. http://journal.upgris.ac.id/index.php/civis/article/view/454.
  34. Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan . Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.
  35. Sylviyanah, S. "Pembinaan Akhlak Mulia pada Sekolah Dasar (Studi Deskriptif pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Nur Al-Rahman." Jurnal Tarbawi, 1 No.3, 2012: 194-195. http://jurnal.upi.edu/tarbawi/view/1301/pembinaan-akhlak-mulia-pada-sekolah-dasar-studi-deskriptif-pada-sekolah-dasar-islam-terpadu-nur-al-rahman-.html.
  36. Tobroni. "Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam: Mencari Format Baru Manajemen yang Efektif di Era Globalisasi." Jurnal Nadwa, Volume 6, Nomor 1, 2012: 11. doi: http://dx.doi.org/10.21580/nw.2012.6.1.453.
  37. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  38. Zulfa, M. "Transformasi dan Pemberdayaan Umat Berbasis Masjid: Studi Pada Masjid Nurussa'adah Salatiga." Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, Volume 9, Nomor 1, 2015: 261. doi: 10.18326/infsl3.v9i1.257-278.
  39. Zulhairi. "Penanaman Nilai-nilai Karakter Peserta Didik di SMA Negeri 1 Padang Panjang." Jurnal al-Fikrah, Volume III, Nomor 2, 2015: 176. doi: http://dx.doi.org/10.31958/jaf.v3i2.400.

Copyright (c) 2019 Nadwa
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 INDEXED BY

Journal Terindex di DOAJJournal Terindex di CrossrefJournal Terindex di EBSCOJournal Terindex di LeidenJournal Terindex di MorarefJournal Terindex di Google ScholarJournal Terindex di GarudaJournal Terindex di Base

apps