STUDI PENINGKATAN MUTU MADRASAH TSANAWIYAH DI KOTA JAMBI

K.A. Rahman man*  -  Universitas Jambi

(*) Corresponding Author

Obyek penelitian adalah seluruh madrasah tsanawiyah di kota Jambi, negeri maupun swasta. Subyek penelitian kepala ma-drasah, guru dan komite madrasah. Bertujuan untuk menganalisis kebermaknaan kontribusi kepemimpinan kepala madrasah, iklim organisasi, dan partisipasi masyarakat terhadap mutu madrasah tsanawiyah, serta menemukan strategi peningkatan mutu madrasah. Metodologi penelitian dengan survei melalui pendekatan kuanti-tatif dan menggunakan teknik kuisioner. Ditemukan bahwa kepe-mimpinan kepala madrasah berkontribusi signifi kan terhadap mutu madrasah. Namun terungkap pimpinan madrasah belum maksimal mengkomunikasikan program madrasah pada masyarakat. Iklim or-ganisasi berkontribusi signifi kan terhadap mutu madrasah. Namun temuan menunjukkan bahwa guru dan kepala sekolah kurang mem-baur satu sama lain. Partisipasi masyarakat berkontribusi signifi kan terhadap mutu madrasah. Namun temuan menunjukkan bahwa ma-drasah belum sepenuhya melibatkan pihak masyarakat. Mutu ma-drasah dikembangkan dengan memotivasi siswa agar sering tampil pada perlombaan, untuk melatih keterampilan berkomunikasi, serta meraih prestasi yang bisa meningkatkan rasa percaya diri.

Keywords: Kepemimpinan, Iklim Organisasi; Partisipasi Masyarakat; Mutu Madrasah

  1. Akdon, 2007, Modul Aplikasi Statistika dalam Pendidikan, UPI: Pro-gram Magister Pendidikan Dasar.
  2. Burns Matthew K. dan Kimberly Gibbons, 2008, Implementing response-to-intervention in primary and secondary schools, London: Routledge.
  3. Creswell, John W., 2008, Educational Research. New Jersey: Pearson
  4. International Edition.
  5. Dean, Joan, 1993, Managing The Secondary School, London: Routledge.
  6. Glickman, Carl D., 2002, Leadership for Learning ; How to Help Teach-ers Succeed, Virginia: ASCD.
  7. Hoy, Charles, at.all, 2000, Improving Quality in Education, London: Falmer Press.
  8. Hoy, Wayne K., dan Cecil G. Miskel, 2008, Educational Administra-tion ; Theory, Research, and Practice. McGraw-Hill.
  9. Komariah, Aan, dan Cepi Triatna, 2006, Visionary Leadership; Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
  10. Lipham, James M. and James A. Hoeh Jr., 1996, The Principalship ; Foundations and Functions. New York: Harper & Row Publisher.
  11. Lunenburg, Fred C dan Allan C. Ornstein, 2004, Educational Ad-
  12. Jurnal Nadwa, Volume 6 Nomor 1, Mei 2012
  13. STUDI PENINGKATAN MUTU .....
  14. ministration ; Concepts and Practices. Thomson ; Wodsworth.
  15. Lunenburg, Fred C, dan Beverly Irby, 2006, The Principalship. Wad-sworth Belmont USA.
  16. Makmun, Abin Syamsudin, 2002, Lapangan Penelitian Pendidikan,
  17. Hand-Out Perkuliahan Metodologi Penelitian Pendidikan. UPI: Bandung
  18. Meirawan, Danny, 2010, Kepemimpinan dan Manajemen Pendidikan Masa Depan, Bandung: IPB Press.
  19. Sallis, Edward, 1993, Total Quality Management in Education, London:
  20. Kogan.
  21. Sa’ud, Udin Saefudin, 2008, Inovasi Pendidikan, Bandung: Alfabeta.
  22. Scheerens, Jap, 2003, Menjadikan Sekolah Efektif, Penerjemah Abas al-Jauhari, Jakarta: Logos, Dari teks asli Improving School Ef-fectiveness. UNESCO tahun 2000.
  23. Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Pendidikan ; Pendekatan Kuantitatif,
  24. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Open Access Copyright (c) 2016 Nadwa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 INDEXED BY

Journal Terindex di CrossrefJournal Terindex di LeidenJournal Terindex di MorarefJournal Terindex di Google ScholarJournal Terindex di GarudaJournal Terindex di Base

View My Stats
apps