STUDI PENINGKATAN MUTU MADRASAH TSANAWIYAH DI KOTA JAMBI
Main Article Content
Abstract
Obyek penelitian adalah seluruh madrasah tsanawiyah di kota Jambi, negeri maupun swasta. Subyek penelitian kepala ma-drasah, guru dan komite madrasah. Bertujuan untuk menganalisis kebermaknaan kontribusi kepemimpinan kepala madrasah, iklim organisasi, dan partisipasi masyarakat terhadap mutu madrasah tsanawiyah, serta menemukan strategi peningkatan mutu madrasah. Metodologi penelitian dengan survei melalui pendekatan kuanti-tatif dan menggunakan teknik kuisioner. Ditemukan bahwa kepe-mimpinan kepala madrasah berkontribusi signifi kan terhadap mutu madrasah. Namun terungkap pimpinan madrasah belum maksimal mengkomunikasikan program madrasah pada masyarakat. Iklim or-ganisasi berkontribusi signifi kan terhadap mutu madrasah. Namun temuan menunjukkan bahwa guru dan kepala sekolah kurang mem-baur satu sama lain. Partisipasi masyarakat berkontribusi signifi kan terhadap mutu madrasah. Namun temuan menunjukkan bahwa ma-drasah belum sepenuhya melibatkan pihak masyarakat. Mutu ma-drasah dikembangkan dengan memotivasi siswa agar sering tampil pada perlombaan, untuk melatih keterampilan berkomunikasi, serta meraih prestasi yang bisa meningkatkan rasa percaya diri.
Downloads
Article Details
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
The work under license Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Akdon, 2007, Modul Aplikasi Statistika dalam Pendidikan, UPI: Pro-gram Magister Pendidikan Dasar.
Burns Matthew K. dan Kimberly Gibbons, 2008, Implementing response-to-intervention in primary and secondary schools, London: Routledge.
Creswell, John W., 2008, Educational Research. New Jersey: Pearson
International Edition.
Dean, Joan, 1993, Managing The Secondary School, London: Routledge.
Glickman, Carl D., 2002, Leadership for Learning ; How to Help Teach-ers Succeed, Virginia: ASCD.
Hoy, Charles, at.all, 2000, Improving Quality in Education, London: Falmer Press.
Hoy, Wayne K., dan Cecil G. Miskel, 2008, Educational Administra-tion ; Theory, Research, and Practice. McGraw-Hill.
Komariah, Aan, dan Cepi Triatna, 2006, Visionary Leadership; Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Lipham, James M. and James A. Hoeh Jr., 1996, The Principalship ; Foundations and Functions. New York: Harper & Row Publisher.
Lunenburg, Fred C dan Allan C. Ornstein, 2004, Educational Ad-
Jurnal Nadwa, Volume 6 Nomor 1, Mei 2012
STUDI PENINGKATAN MUTU .....
ministration ; Concepts and Practices. Thomson ; Wodsworth.
Lunenburg, Fred C, dan Beverly Irby, 2006, The Principalship. Wad-sworth Belmont USA.
Makmun, Abin Syamsudin, 2002, Lapangan Penelitian Pendidikan,
Hand-Out Perkuliahan Metodologi Penelitian Pendidikan. UPI: Bandung
Meirawan, Danny, 2010, Kepemimpinan dan Manajemen Pendidikan Masa Depan, Bandung: IPB Press.
Sallis, Edward, 1993, Total Quality Management in Education, London:
Kogan.
Sa’ud, Udin Saefudin, 2008, Inovasi Pendidikan, Bandung: Alfabeta.
Scheerens, Jap, 2003, Menjadikan Sekolah Efektif, Penerjemah Abas al-Jauhari, Jakarta: Logos, Dari teks asli Improving School Ef-fectiveness. UNESCO tahun 2000.
Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Pendidikan ; Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.