ELEMEN BERNALAR: IMPLIKASI DAN AKIBAT-AKIBAT PADA INDIKATOR MENGANTISIPASI SERTA MENCARI SOLUSI TERHADAP MASALAH MELALUI METAKOGNISI

duwi nuvitalia*  -  SMP N 15 Kota Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengantisipasi serta mencari solusi terhadap masalah melalui metakog- nisi. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D. untuk mendapatkan data, instrument penelitian yang digunakan yaitu berupa tes kemampuan berpikir kritis pada indikator mengantisipasi serta mencari solusi terhadap masalah, lembar kegiatan siswa, dan lembar kerja siswa pada kegiatan lab- oratorium IPA. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa siswa dapat meng- gunakan kemampuan bernalarnya melalui metakognisi. Selain itu, siswa dapat mencari solusi dalam memecahkan masalah di dalam kegiatan labo- ratorium IPA sesuai dengan logika atau penalaran siswa sendiri.

Keywords: elemen bernalar, metakognisi

  1. Aministich. 2012. Kemampuan Penalaran. On line. http://id.shvoong. c o m / s o c i a l - s c i e n c e s / e d u c a t i o n / 2 2 5 2 6 7 5 - k e m a m p u a n penalaran/#ixzz3A36ndYkD. Diakses 11 Agustus 2013
  2. Arend, Bridget. 2009. Encouraging critical thinking in online thread- ed discussions. The Journal of Educators Online, 6/1: 1-23.
  3. Djuanda, Moh. 2008. Urgensi Metakognitif Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Madrasah. On line. http://bdkjakarta. kemenag.go.id/index.php?a=artikel&id=884. Diakses 13 juli
  4. Flavell, J. (1979). Metacognitive and cognitive monitoring: A new area of cognitive developmental inquiry. American Psycholo- gist. 34. 906-911.
  5. Permendikbud Nomor 81a Tahun 2013
  6. Suparno, P. 2006. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
  7. Weinert, F. E. dan Kluwe, R. H. 1987. Metacognition, Motivation, and Understanding. Hillsdale, New Jersey: Lawrence Erlbaum As- sociates Publishers

Open Access Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps