ELEMEN BERNALAR: IMPLIKASI DAN AKIBAT-AKIBAT PADA INDIKATOR MENGANTISIPASI SERTA MENCARI SOLUSI TERHADAP MASALAH MELALUI METAKOGNISI

Main Article Content

duwi nuvitalia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengantisipasi serta mencari solusi terhadap masalah melalui metakog- nisi. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D. untuk mendapatkan data, instrument penelitian yang digunakan yaitu berupa tes kemampuan berpikir kritis pada indikator mengantisipasi serta mencari solusi terhadap masalah, lembar kegiatan siswa, dan lembar kerja siswa pada kegiatan lab- oratorium IPA. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa siswa dapat meng- gunakan kemampuan bernalarnya melalui metakognisi. Selain itu, siswa dapat mencari solusi dalam memecahkan masalah di dalam kegiatan labo- ratorium IPA sesuai dengan logika atau penalaran siswa sendiri.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
nuvitalia, duwi. (2016). ELEMEN BERNALAR: IMPLIKASI DAN AKIBAT-AKIBAT PADA INDIKATOR MENGANTISIPASI SERTA MENCARI SOLUSI TERHADAP MASALAH MELALUI METAKOGNISI. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 4(2), 43–50. https://doi.org/10.21580/phen.2014.4.2.102
Section
Articles

References

Aministich. 2012. Kemampuan Penalaran. On line. http://id.shvoong. c o m / s o c i a l - s c i e n c e s / e d u c a t i o n / 2 2 5 2 6 7 5 - k e m a m p u a n penalaran/#ixzz3A36ndYkD. Diakses 11 Agustus 2013

Arend, Bridget. 2009. Encouraging critical thinking in online thread- ed discussions. The Journal of Educators Online, 6/1: 1-23.

Djuanda, Moh. 2008. Urgensi Metakognitif Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Madrasah. On line. http://bdkjakarta. kemenag.go.id/index.php?a=artikel&id=884. Diakses 13 juli

Flavell, J. (1979). Metacognitive and cognitive monitoring: A new area of cognitive developmental inquiry. American Psycholo- gist. 34. 906-911.

Permendikbud Nomor 81a Tahun 2013

Suparno, P. 2006. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Weinert, F. E. dan Kluwe, R. H. 1987. Metacognition, Motivation, and Understanding. Hillsdale, New Jersey: Lawrence Erlbaum As- sociates Publishers