EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI IPA POKOK BAHASAN EKOSISTEM PADA KELAS VII SMP N 2 PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Main Article Content
Abstract
Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar diartikan suatu tem- pat mengajar yang menghadapkan peserta didik dengan benda-benda dan peristiwa-peristiwa yang sebenarnya. Dengan demikian peserta didik dapat belajar secara nyata, tidak merasa bosan, mudah dimengerti dan diingat, serta pengkajian yang efektif dan lebih cepat, karena pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar kontekstual mempunyai unsur-unsur yang membuatnya lebih baik dengan pembelajaran yang bersifat konven- sional, diantaranya ceramah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran IPA khususnya kelas VII menggunakan lingkungan langsung sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP N 2 Pringapus Kabupaten Semarang pada poko bahasan materi ekosistem. Hasil pene- litian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eks- perimen terpola bentuk posttest control design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP N 2 Pringapus Semarang, yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Pen- gumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes, observasi dan demonstrasi. Data penelitian yang terkumpul digunakan analisis uji t-test.Berdasarkan hasil t-test, dihasilkan bahwa t hitung = 2,947 dan ttabel = 1,68 dengan taraf nyata 5% Karena t hitung > ttabel maka data tersebut signifikan. Sedangkan untuk uji hipotesis pihak kanan dibandingkan dengan KKM diperoleh thitung = 9,2876 dan ttabel = 1,714 maka penggunaan lingkun- gan sebagai sumber belajar dapat mencapai KKM yang telah ditentukan yaitu 70. Dengan demikian pembelajaran IPA menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar efektif terhadap hasil belajar siswa Kelas VII SMP N 2 Pringapus Kabupaten Semarang pada mata pelajaran IPA pokok bahasan.
Downloads
Article Details
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in PHENOMENON.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Agus Suprijono, Cooperatif Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2010
Amin Suyitno, CTL dan Model Pembelajaran Inovatif serta Penerapan- nya pada SD/SMP CI-BI, Semarang, Bahan Ajar ini digunakan untuk keperluan pelatihan guru-guru Matematika SD/SMP CI-BI di Salatiga Provinsi Jawa Tengah, 25 Februari 2010.
Amirul Hadi dan Haryanto, Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung: PustakaSetia, 200
Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Press, 2009
Baharudin, Teori Belajar Dan Pembelajaran, Jogjakarta, Ar – Ruzz Media, 2010
Baharudin, Teori Belajar Dan Pembelajaran, Jogjakarta, Ar – Ruzz Media, 2010
Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2005
Depdiknas, UU RI No. 20 Tahun 2003, Jakarta: Depdiknas, 2003
Dwi Yulianti, Bermain Sambil Belajar Sains, Jakarta: PT Indeks, 2010Engkoswara, Metodologi Pengajaran, Jakarta, Bina Aksara, 1984
Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam, Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2001
Moh Amin, Buku Pedoman Laboratorium dan Petunjuk Praktikum Pen- didikan IPA Umum, Jakarta, Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, 1988
Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah Konsep, Strategi, Dan Implementasi, Bandung, PT Remaja Rosdakarya, 2007
Nana Djumhana, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI, 2009
Nana Rukmana, Model Manajemen Pendidikan Berbasis Kemitraan, Jakarta: ALFABETA, 2006
Nana Sudjana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo, 1995
Nana Sudjana, Media Pengajaran, Bandung: Sinar Baru, 2005
Riduwan, Dasar-Dasar Statistika, Bandung: Alfabeta, 2008
Rita Maryana, Pengelolaan lingkungan belajar, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010
S. Rositawaty, Senang belajar Ilmu Pengetahuan Alam 4: Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008
Sudiyono, Ilmu Pendidikan Islam, Jilid 1, Jakarta : PT. Asdi Mahasatya, 2009
Sudjana, Metode Statistika, Bandung: Tarsito, 2005
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D), Bandung: Alfabeta, 2008
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Ja- karta: Rineka Cipta, 2006