EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI IPA POKOK BAHASAN EKOSISTEM PADA KELAS VII SMP N 2 PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

miftakhul jannah*  -  Fakultas Saintek UIN Walisongo, Indonesia

(*) Corresponding Author

Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar diartikan suatu tem- pat mengajar yang menghadapkan peserta didik dengan benda-benda dan peristiwa-peristiwa yang sebenarnya. Dengan demikian   peserta didik dapat belajar secara   nyata, tidak merasa bosan, mudah dimengerti dan diingat, serta pengkajian yang efektif dan lebih cepat, karena pemanfaatan lingkungan sebagai  sumber belajar kontekstual  mempunyai unsur-unsur yang membuatnya lebih baik dengan pembelajaran yang bersifat konven- sional, diantaranya ceramah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran IPA khususnya kelas VII   menggunakan lingkungan langsung   sebagai sumber belajar  terhadap hasil belajar siswa kelas VII  SMP N 2 Pringapus Kabupaten Semarang  pada poko bahasan  materi  ekosistem. Hasil pene- litian ini  merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eks- perimen terpola bentuk posttest control design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP N 2 Pringapus Semarang, yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Pen- gumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes, observasi dan demonstrasi. Data penelitian yang terkumpul digunakan analisis uji t-test.Berdasarkan hasil t-test, dihasilkan bahwa t hitung = 2,947 dan ttabel  = 1,68 dengan taraf nyata 5% Karena t hitung > ttabel maka data tersebut signifikan. Sedangkan untuk uji hipotesis pihak kanan dibandingkan dengan KKM diperoleh thitung  = 9,2876 dan ttabel  = 1,714 maka penggunaan lingkun- gan sebagai sumber belajar dapat  mencapai  KKM yang  telah ditentukan yaitu 70. Dengan demikian pembelajaran IPA menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar efektif terhadap hasil belajar siswa Kelas VII  SMP N 2 Pringapus   Kabupaten   Semarang pada mata pelajaran IPA   pokok bahasan.

Keywords: Pemanfaatan lingkungan, pemahaman konsep ekosis- tem

  1. Agus Suprijono, Cooperatif Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2010
  2. Amin Suyitno, CTL dan Model Pembelajaran Inovatif serta Penerapan- nya pada SD/SMP CI-BI, Semarang, Bahan Ajar ini digunakan untuk keperluan pelatihan guru-guru Matematika SD/SMP CI-BI di Salatiga Provinsi Jawa Tengah, 25 Februari 2010.
  3. Amirul Hadi dan Haryanto, Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung: PustakaSetia, 200
  4. Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Press, 2009
  5. Baharudin, Teori Belajar Dan Pembelajaran, Jogjakarta, Ar – Ruzz Media, 2010
  6. Baharudin, Teori Belajar Dan Pembelajaran, Jogjakarta, Ar – Ruzz Media, 2010
  7. Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2005
  8. Depdiknas, UU RI No. 20 Tahun 2003, Jakarta: Depdiknas, 2003
  9. Dwi Yulianti, Bermain Sambil Belajar Sains, Jakarta: PT Indeks, 2010Engkoswara, Metodologi Pengajaran, Jakarta, Bina Aksara, 1984
  10. Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam, Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2001
  11. Moh Amin, Buku Pedoman Laboratorium dan Petunjuk Praktikum Pen- didikan IPA Umum, Jakarta, Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, 1988
  12. Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah Konsep, Strategi, Dan Implementasi, Bandung, PT Remaja Rosdakarya, 2007
  13. Nana Djumhana, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI, 2009
  14. Nana Rukmana, Model Manajemen Pendidikan Berbasis Kemitraan, Jakarta: ALFABETA, 2006
  15. Nana Sudjana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo, 1995
  16. Nana Sudjana, Media Pengajaran, Bandung: Sinar Baru, 2005
  17. Riduwan, Dasar-Dasar Statistika, Bandung: Alfabeta, 2008
  18. Rita Maryana, Pengelolaan lingkungan belajar, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010
  19. S. Rositawaty, Senang belajar Ilmu Pengetahuan Alam 4: Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008
  20. Sudiyono, Ilmu Pendidikan Islam, Jilid 1, Jakarta : PT. Asdi Mahasatya, 2009
  21. Sudjana, Metode Statistika, Bandung: Tarsito, 2005
  22. Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D), Bandung: Alfabeta, 2008
  23. Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Ja- karta: Rineka Cipta, 2006

Open Access Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps