Universitas Negeri Semarang
DESAIN E-DIAGNOSTIC TEST UNTUK ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI REDOKS DAN TATA NAMA SENYAWA
Kesulitan belajar peserta didik dalam memahami konsep kimia perlu diidentifikasi dengan sebuah instrumen evaluasi yang tepat. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan pengembangan instrumen e-diagnostic test berupa three tier multiple choice (TTMC) untuk menganalisis ketercapaian kompetensi dasar ranah kognitif dan pemahaman konsep. Instrumen tersebut terdiri dari tiga tingkat, pertama mengenai jawaban, kedua mengenai alasan, dan ketiga mengenai keyakinan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan metode Plomp yang meliputi beberapa fase yaitu fase investigasi awal, desain, realisasi, tes dan evaluasi, serta implementasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Hasil penelitian menunjukkan instrumen yang dikembangkan layak dengan hasil validasi isi oleh pakar dan validasi konstruk melalui uji skala kecil dan besar. Profil paham konsep tertinggi ditunjukkan oleh IKD-5 yaitu sebesar 61,02%. Profil miskonsepsi tertinggi ditunjukkan oleh IKD-4 yaitu sebesar 69,49%. Dan profil tidak paham konsep tertinggi ditunjukkan oleh IKD-3 yaitu sebesar 26,27%. Hasil analisis profil pemahaman konsep secara keseluruhan pada materi redoks dan tata nama senyawa menunjukkan 37,85% peserta didik paham konsep, 43,84% peserta didik miskonsepsi, dan 18,30% peserta didik tidak paham konsep.
Keywords: e-diagnostic test; redoks; kompetensi dasar kognitif; pemahaman konsep
- Agustin, A., Kasmadi, I., S., Wisnu, S. (2018). Pengaruh Penggunaan Peta Konsep Berbasis Multilevel Terhadap Pemahaman Konsep Kimia Peserta didik. Chemistry in Education. Semarang. CIE 7 (2) : 8-13
- Afriawan, M., Binadjab, A., dan Latifah, B. (2012). Pengaruh penerapan pendekatan SAVI bervisi SETS pada pencapaian kompetensi terkait reaksi redoks. Unnes science educational journal.
- Bayrak, B.K. (2013). Using Two-Tier Test to Identify Primary Students’ Conceptual Understanding and Alternative Conceptions in Acid Base. Mevlana International Journal of Education, 3 (2): 19-26.
- BNSP. (2006). Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
- Juwairiah. (2013). Alat Peraga Dan Media Pembelajaran Kimia. Vol 04 No 01. Januari-Juni 2013, 5.
- Kamilah, D. S., & I. P. Suwarna. (2016). Pengembangan Three-Tier Test Digital Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Pada Konsep Fluida Statis. Edusains, 8(2), 212–220.
- Peşman, H., & A. Aryilmaz. (2010). Development of A Three-Tier Test to Assess Ninth Grade Students’ Misconceptions About Simple Electric Circuits. The Journal of Educational Research, 21(3), 208–222.
- Plomp, Tj. (1997). Educational Design: Introduction Principles and Methods of Development Research. Norwell, MA: Kluwer Academic Publishers
- Salirawati, D. (2011). Pengembangan Instrumen Pendeteksi Miskonsepsi Kesetimbangan Kimia pada Peserta Didik SMA. Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 15(2), 232–249.
- Setiawan. (2008). Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
- Setiawan, D., E, Cahyono, & C, Kurniawan. (2012). Identifikasi dan Analisis Miskonsepsi pada Materi Ikatan Kimia Menggunakan Instrumen Tes Diagnostik Three-Tier. Journal of Innovative Science Education, 1(1), 1–9.
- Siswaningsih, W., Nur, A., Nuer, E., Indah, R. (2014). Pengembanangan Tes Diagnostik Three-tier Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Pada Materi Kimia Peserta didik SMA. Jurnal Pengajaran MIPA. Bandung. Vol 19 No 1: 117-127
- Ulva, Y. I., Santosa, Parlan. (2016). Identifikasi Tingkat Pemahaman Konsep Larutan Penyangga Aspek Makroskopik, Submikroskopik, Dan Simbolik Pada Peserta didik Kelas XI IPA SMA N 3 Malang Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pembelajaran Kimia. Malang. Vol 01 No 02: 69-75
Copyright (c) 2020 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.