KONTRIBUSI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MEMBANTU MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PEMBIASAN CAHAYA PADA SISWA KELAS X SMA

Main Article Content

E. Bambang Saputro, A. Sopyan, B. Subali

Abstract

Dalam mengajarkan pokok bahasan pembiasan cahaya, terdapat kendala yang mendasar di SMA Negeri 1 Mijen Demak, yaitu visualisasi tentang jalannya sinar pada peristiwa pembiasan. Oleh karena itu untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika perlu dilakukan terobosan baru dalam menyajikan pokok bahasan ini, salah satunya adalah dengan menggunakan media pembelajaran interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi media pembelajaran interaktif dengan macromedia flash profesional 8 terhadap peningkatkan pemahaman konsep pembiasan cahaya. Subyek dalam PTK ini adalah siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Mijen Demak Tahun 2008/2009. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif program macromedia flash professional 8 dapat meningkatkan pemahaman konsep pembiasan cahaya. Pada siklus I nilai rata-rata adalah 63,07 dan ketuntasan klasikal 64,10 %. Setelah siklus II nilai rata-rata meningkat  menjadi 74,10 dan ketuntasan klasikal  menjadi 92,31 %.. Dari hasil uji t diperoleh nilai thitung sebesar 4,66 dan ttabel sebesar 1,68. Nilai thitung >ttabel, berarti terjadi peningkatan yang signifikan untuk pemahaman siswa dari siklus I ke siklus II. Simpulan dari penelitian adalah media pembelajaran interaktif berkontribusi positif dalam meningkatkan pemahaman siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Saputro, A. Sopyan, B. Subali, E. B. (2016). KONTRIBUSI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MEMBANTU MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PEMBIASAN CAHAYA PADA SISWA KELAS X SMA. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 3(2), 103–110. https://doi.org/10.21580/phen.2013.3.2.140
Section
Articles

References

Ali, M. 1992. Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung : IKIP Bandung

Aqib, Z.l. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : CV Yrama Widya

Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Si. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Arsyad, A. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Kiboss, J.K. 2002. Impactof a Computer-Based Physics Instruction Program on Pupilsí Understanding of Measurement Concepts and Methods Associated with School Science. Journal of Science Education and Technology, No/Vol: 2/11. Hal: 193-198

Puspitorini, D. 2005. Keefektifan Penggunaan Media Audo Visual (VCD) dalam Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Optik Geometri Kelas XI Semester II SMA N 2 Semarang Tahun Pelajaran 2004/2005. Semarang: UNNES

Rezaei, A.R. dan Katz, L. 2002. Using Computer Assisted Instruction to Compare the Inventive Model and the Radical Constructivist Approach to Teaching Physics. Journal of Science Education and Technology, No/Vol: 4/11. Hal: 367-380

Stevano, B. 2007. 101 Tip & Trik Flash 8. Jakarta: Elex Media Komputindo

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.