Fakultas Saintek UIN Walisongo - Indonesia
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI IPA POKOK BAHASAN EKOSISTEM PADA KELAS VII SMP N 2 PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar diartikan suatu tem- pat mengajar yang menghadapkan peserta didik dengan benda-benda dan peristiwa-peristiwa yang sebenarnya. Dengan demikian peserta didik dapat belajar secara nyata, tidak merasa bosan, mudah dimengerti dan diingat, serta pengkajian yang efektif dan lebih cepat, karena pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar kontekstual mempunyai unsur-unsur yang membuatnya lebih baik dengan pembelajaran yang bersifat konven- sional, diantaranya ceramah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran IPA khususnya kelas VII menggunakan lingkungan langsung sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP N 2 Pringapus Kabupaten Semarang pada poko bahasan materi ekosistem. Hasil pene- litian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eks- perimen terpola bentuk posttest control design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP N 2 Pringapus Semarang, yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Pen- gumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes, observasi dan demonstrasi. Data penelitian yang terkumpul digunakan analisis uji t-test.Berdasarkan hasil t-test, dihasilkan bahwa t hitung = 2,947 dan ttabel = 1,68 dengan taraf nyata 5% Karena t hitung > ttabel maka data tersebut signifikan. Sedangkan untuk uji hipotesis pihak kanan dibandingkan dengan KKM diperoleh thitung = 9,2876 dan ttabel = 1,714 maka penggunaan lingkun- gan sebagai sumber belajar dapat mencapai KKM yang telah ditentukan yaitu 70. Dengan demikian pembelajaran IPA menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar efektif terhadap hasil belajar siswa Kelas VII SMP N 2 Pringapus Kabupaten Semarang pada mata pelajaran IPA pokok bahasan.
Keywords: Pemanfaatan lingkungan, pemahaman konsep ekosis- tem
- Agus Suprijono, Cooperatif Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2010
- Amin Suyitno, CTL dan Model Pembelajaran Inovatif serta Penerapan- nya pada SD/SMP CI-BI, Semarang, Bahan Ajar ini digunakan untuk keperluan pelatihan guru-guru Matematika SD/SMP CI-BI di Salatiga Provinsi Jawa Tengah, 25 Februari 2010.
- Amirul Hadi dan Haryanto, Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung: PustakaSetia, 200
- Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Press, 2009
- Baharudin, Teori Belajar Dan Pembelajaran, Jogjakarta, Ar – Ruzz Media, 2010
- Baharudin, Teori Belajar Dan Pembelajaran, Jogjakarta, Ar – Ruzz Media, 2010
- Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2005
- Depdiknas, UU RI No. 20 Tahun 2003, Jakarta: Depdiknas, 2003
- Dwi Yulianti, Bermain Sambil Belajar Sains, Jakarta: PT Indeks, 2010Engkoswara, Metodologi Pengajaran, Jakarta, Bina Aksara, 1984
- Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam, Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2001
- Moh Amin, Buku Pedoman Laboratorium dan Petunjuk Praktikum Pen- didikan IPA Umum, Jakarta, Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, 1988
- Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah Konsep, Strategi, Dan Implementasi, Bandung, PT Remaja Rosdakarya, 2007
- Nana Djumhana, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI, 2009
- Nana Rukmana, Model Manajemen Pendidikan Berbasis Kemitraan, Jakarta: ALFABETA, 2006
- Nana Sudjana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo, 1995
- Nana Sudjana, Media Pengajaran, Bandung: Sinar Baru, 2005
- Riduwan, Dasar-Dasar Statistika, Bandung: Alfabeta, 2008
- Rita Maryana, Pengelolaan lingkungan belajar, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010
- S. Rositawaty, Senang belajar Ilmu Pengetahuan Alam 4: Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008
- Sudiyono, Ilmu Pendidikan Islam, Jilid 1, Jakarta : PT. Asdi Mahasatya, 2009
- Sudjana, Metode Statistika, Bandung: Tarsito, 2005
- Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D), Bandung: Alfabeta, 2008
- Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Ja- karta: Rineka Cipta, 2006
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.