Development Of Webtoon-Based Comic Learning Media On Human Respiratory System Topic For Class VIII Middle School
Main Article Content
Abstract
The low learning motivation of junior high school students can be improved through media with lots of colors and pictures. This study aims to develop Webtoon-based comic electronic learning media on the material of the human respiratory system to increase the learning motivation of grade VIII junior high school students that is valid, practical, and effective. Media development uses the ADDIE model strategy. Media validation is based on the assessment of 4 expert validations. The practicality test is based on the opinion of the teacher and student representatives. The effectiveness test was carried out at class VIII SMPN 11 Jember with 32 students. Statistical test ofdata processing using Paired Sample t-test.The results of the research cover the validity test by 4 expert validators with an average percentage of 91.5% with very valid criteria, the practicality test by students has an overall average percentage of 91.4% with a very practical category,and the effectivenesstest with the ARCS questionnaire before and after implementation has consistently increased the average value in 4 aspects, namely the aspect of gaining attention increase of 0.22, Relevance gets 0.23, Confident gets 0.20 and Satisfaction gets 0.14, the difference in the total mean of the ARCS questionnaire is 0.20.Seeing the enthusiasm of students in learning to use comics is very large, it is suggested that electronic comics can be made in other learning materials.
Keywords: E-Comic, Webtoon, Human Respiratory System, Learning Motivation, ADDIE; ARCS
Rendahnya motivasi belajar siswa SMP dapat ditingkatkan melalui media yang diperbanyak warna dan gambarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran elektronik komik berbasis Webtoonpada materi sistem pernapasan manusia untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMP kelas VIII yang valid, praktis dan efektif. Pengembangan media menggunakan strategi model ADDIE. Validasi media didasarkan pada penilaian 4 validasi ahli.Uji kepraktisan didasrkan pada pendapat guru dan perwakilan siswa. Uji efektifitas dilakukan di SMPN 11 Jember kelas VIII dengan 32 siswa.Uji statistic pengolahan data mengunakan Paired Sample t-Test. Hasil dari penelitian melingkupiuji validitas oleh 4 ahlivalidator ahli dengan persentaserata-ratasebesar 91,5% dengan kriteria sangat valid, uji kepraktisan oleh siswa memiliki presentase rerata keseluruhan sebesar 91,4% dengan kategori sangat praktis, dan Uji Efektivitasdengan angket ARCS sebelum dan sesudah penerapan mengalami kenaikan nilai rerata secara berurutan dalam 4 aspeknya adalah aspek Attentionmendapatkan kenaikan 0.22, Relevancemendapatkan 0.23, Confidentmendapatkan 0.20 dan Satisfactionmendapatkan 0.14, selisih total rerata angket ARCS adalah 0.20.Melihat antusiasme siswadalam pembelajaran menggunakan komik sangat besar, maka disarankan agar komik elektronik dapat dibuat pada materi pembelajaran lainnya
Downloads
Article Details
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in PHENOMENON.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Afjar, A. M., Musri & M Syukri. 2020. Attention, relevance, confidence, satisfaction (ARCS) model on students’ motivation and learning outcomes in learning physics. Journal of Physics: Conference Series. Series 1460. Hal: 1-6.
Aggleton, J. (2018). Defining digital comics: a British Library perspective. Journal of Graphic Novels and Comics. 00(00): 1–17. https://doi.org/10.1080/21504857.2018.1503189
Aji, S., Tosida, E. T. dan Maesya, A. 2019. Integrasi Simulasi Dalam Augmented Reality pada Sistem Pernapasan Manusia. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika. 16(1): 213- 226.
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya.
Amba, D. N. S., Zusje, W. M. W., dan Ellen H. A. 2021. Penerapan Bahan Ajar Media Komik Ilmiah Dengan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di SMA Negeri 2 Langowan. Jurnal Sains Pendidikan Biologi. 2(1): 80-90.
Andriani, R & Rasto. 2019. Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. 4(1): 80-86.
Angga, M. W. A., Sudarma, I. K., Suartama, I. K. 2020. E-Komik Pendidikan Untuk Membentuk Karakter dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha. 8(2): 93-106.
Argina, A. W., Mitra, D., Ijabah, N., dan Setiawan, R. 2017. Indonesian PISA Result: What Factors and What Should be Fixed?. Journal of Education and Language, 1: 69-79.
Arianti. 2018. Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika Jurnal Kependidikan, Fakultas Tarbiyah IAIN Bone, Vol. 12, No. 2, Desember 2018. 117-134.
Ashoumi, H., Shobirin, M. S. 2019. Peningkatan Aktifitas Belajar Mahasiswa Dengan Media Pembelajaran Kelas Virtual Google Classroom. Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan Sains (SNasTekS).
Astleitner, Hermann Ph.D., Peter Lintner, M.A. 2004. The Effects Of Arcs- Strategies On Self- Regulated Learning With Instructional Texts. E-Journal of Instructional Science and Technology. 7(1): 1-15.
Astutik, A. F., Rusijono., Suprijono, A. 2021. Pengembangan Media Komik Digital dalam Pembelajaran IPS Sebagai Penguatan Karakter Peserta Didik Kelas V SDN Geluran 1 Taman. Jurnal Education and development. 9(3): 543-554.
Baharudin and I, Daulay. 2017. The Development of Computer-Based Learning Media at a Vocational High School. International Journal of GEOMATE. Vol. 12. Issue 30, pp.96-101.
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. In Encyclopedia of Evolutionary Psychological Science. Springer Sains+Busines Media. https://doi.org/10.1007/978-3-319-19650-3_2438
Erya, W. I & Reza Pustika. 2021. Student’s Perception Towards the Use of Webtoon to Improve Reading Comprehension Skill. Journal of English Language Teaching and Learning. 2(1): 51-56.
Fatimatuzzahro., Masyhud, M. S., Alfarisi, R. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Asik (MASIK) Berbasis Augmented Reality pada Materi Volume Bangun Ruang. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar. 8(1): 7-29.
Febriani, A., Ratu, T., Rahman, A. H. 2020. Pengembangan Komik Digital Fisika Berbasis Hypertext Markup Language (HTML). Indonesian Journal of Teacher Education. (1) 4: 165-171.
Gogahu, D. G. S., Prasetyo, T., 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Bookstory untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 4(4): 1004- 1015.
Hamid, M. A., Ramadhani, R., Juliana, M., Safitri, M., Jamaludin, M. M. dan Simarmata, J. 2020. Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Jamil, Mekka Madaina. 2019. Optimalisasi Model ARCS Dalam Pembelajaran Saintifik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Peminatan Mata Pelajaran Geografi Di Kelas Matematika Ilmu Alam. Indonesian Journal of Science Education ( IJIS Edu ). Vol 1 (1), 2019 page 7-24
Karabatak Songül & Hakan Polat. 2020. The effects of the flipped classroom model designed according to the ARCS motivation strategies on the students’ motivation and academic achievement levels. Journal of Education and Information Technologies 25:1475–1495.
Keller, J. M., 1987. Development and Use of the ARCS Model of Motivational Design. Journal of Instructional Development. 10(3): 2-10.
Khadar, R. S. F., Rahmat, D., Saepuloh, L. 2022. Pengembangan Media Komik Digital Mata Pelajaran IPA Kelas VII di SMP Muhammadiyah Sukabumi. Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Diri. 2(3): 410-418.
Kurniawan, M. J., Anra, H., dan Pratama, E. E. 2017. Aplikasi Augmented Reality Sistem Pernapasan. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN). 5(2): 61-65.
Lanti, E. 2017. Media Pengembangan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar. Gorontalo: Athra Samudra Publisihing.
Lestari, A. F. dan Irwansyah. 2020. Line Webtoon Sebagai Industri Komik Digital. Jurnal Ilmu Komunikasi. 6(2): 134-148.
Lestari, F., & Andriani, D. G. 2019. Validasi Modul Berbasis Literasi pada Mata Kuliah Statistika Matematika. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(1): 36- 42. doi:10.29407/jmen.v5i01.12854.
Lisa. Y. & Florentina R. E. W., Tirsianus. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Komik Berbasis Problem Base Learning Dengan Adobe Photoshop. Journal Education and Technology. 1(2).
Lintuman, A., Wijaya, A. 2020. Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Inkuiri Ditinjau Dari Prestasi Belajar dan Kepercayaan Diri dalam Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 7(1): 13-23.
Ma’shumah, F. & Muhsin. 2019. Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, Cara Belajar Dan Interaksi Teman Sebaya Terhadap Kesiapan Belajar. Economic Education Analysis Journal. 8 (1) (2019). 318-332.
Malik, S. 2014. Effectiveness Of Arcs Model Of Motivational Design To Overcome Non Completion Rate Of Students In Distance Education. Turkish Online Journal of Distance Education (TOJDE). 15(2): 194-200.
Monika & Adman. 2017. Peran Efikasi Diri Dan Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. 2(2): 219-226.
Nurfadhillah, S., dkk. 2021. Media Pembelajaran. Jejak Publisher: Sukabumi.
Nurrita, T. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal MISYKAT. 3(1): 171-187.
Oktiani, Ifni., 2017. Kreativitas Guru dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan. 5 (2): 216-232.
Otri, H. N. & Primadya Anantyarta. 2020. Analisis Kebutuhan Modul Sistem Pernapasan Manusia Berbasis Multimedia Autoplay pada Program Studi Pendididikan Biologi. Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo. 1(1): 368-375.
Pakpahan, A. F., Ardiana, D. P. Y., Arin, T. M., Wagiu, E. B., Simarmata, J., Mansyur, M. Z., La Ili., Purba, B., Chamidah, D., Kaunang, F. J., Jamaludin & Iskandar, A. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis: Medan. Hal 53-55.
Panjaitan, R. G. P., Titin., Putri, N. N. 2020. Multimedia Interaktif Berbasis Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Materi Sistem Pernapasan di Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education). 8(1): 141-151. http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi.
Pietono, Yan Djoko. 2016. The Winner: 8 Kekuatan Pengembang Potensi Anak. PT Bumi Aksara: Jakarta.
Purba, R. A. et. al. 2020. Pengantar Media Pembelajaran. Penerbit Yayasan Kita Menulis: Medan.
Rahmatullah, M. I. 2019. Pengembangan Konsep Pembelajaran Literasi Digital Berbasis Media E-Learning Pada Mata Pelajaran PJOK di SMA Kota Yogyakarta. JOPE: Journal Of Sport Education. 1(2): 56-65.
Ramadhani, W. P. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Komik dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika. 2(2): 77-86.
Sholeh, Badrus & Hamdah Sa’diah. 2018. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ips Siswa Smp Nurul Iman Parung Bogor Tahun Ajaran 2017/2018. Pendidikan, Ekonomi dan Bisnis. 3(2): 12-20.
Sholikhah, Z., 2018. Pengaruh Pemilihan Media Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas Xi Ips Di Sma Negeri 4 Purworejo. Jurnal OIKONOMIA. 7(1): 15-22.
Spector, J. Michael & Seung Won Park. 2017. Motivation, Learning and Technology. Routledge: New York.
Sriwahyuni, I., Risdianto, E., Johan, H. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Flip PDF Professional pada Materi Alat-Alat Optik di SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3): 145-152. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/kumparan_fisika.
Subroto, E. N., Qohar, A., Dwiyana. 2020. Efektivitas Pemanfaatan Komik sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 5(2): 135-141.
Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Rosda Karya.
Supit, M. W. M., Dharmono., Riefani, M. K. 2021. Validitas Buku Saku Famili Myrtaceae di Kawasan Mangrove Desa Sungai Bakau Berbasis 3D Pageflip. Oryza: Jurnal Pendidikan Biologi. 10(2): 19-25.
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif. Penerbit Kencana.
Weriyanti., Firman., Taufina., Zikri, A. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Dengan Strategi Question Student Have di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 4(2): 476- 483. https://jbasic.org/index.php/basicedu.
Yulianingsih, E. dan J. Ikshan. 2018. Pengembangan Media Komik IPA Berbasis Karakter Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik SMP. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. 6(2): 123-130.
Yulianti, R. E., Dyah Astriani, Ahmad Qosyim. 2021. Penerapan Media Visual Mobile Learning Berbasis Comic Android Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Kalor dan Perpindahannya. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains. 9(3): 407-413.
Zohoorian, Z., Sadr, N. M., & Shamabadi, F. (2018). A Summative Evaluation of ‘Prospect 1’: Employing the ARCS Model. International Journal of Instruction, 11(3), 449-462. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11331a.