PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS PADA KONSEP CAHAYA KELAS VIII B SEMESTER 2 SMPN1 JAMBU TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) meningkatkan kreativitas belajar dan (2) meningkatkan hasil belajar IPA peserta kelas VIII B SMP Negeri 1 Jambu Kabupaten Semarang melalui model pembelajaran kooperatif Tipe Think, Pair, Share(TPS) pada pembelajaran IPA semester 2. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah peningkatan kreativitas dan hasil belajar. Sumber data berasal dari peserta didik, hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, test, dokumentasi, dan angket. Validasi data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Analisis data adalah deskriftif kualitatif dengan menggunakan teknik analisis model interaktif melalui hasil wawancara, observasi, angket, jurnal kelas dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kreativitas dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA di kelas VIII B SMP Negeri 1 Jambu mengalami peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran TPS. Peningkatan kreativitas peserta didik dapat diketahui dari hasil observasi yang dilaksanakan pada akhir siklus 1 dan siklus 2 menunjukkan peningkatan skor rata-rata kreativitas peserta didik dari 66,4 pada siklus 1 menjadi 81 pada siklus 2. Sedangkan peningkatan hasil belajar dapat diketahui dari hasil ulangan pra siklus dengan rata-rata 72,2 menjadi 74,4 pada siklus 1 dan 80,5 pada siklus 2.Downloads
Article Details
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in PHENOMENON.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Kasbolah, 1999 . Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Sains. Makalah disajikan dalam Pelatihan Guru Sains dengan Pendekatan STM.
Malang, 12 – 15 Juli 1999.
Munandar,S.C.Utami,1992. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas anak sekolah : penuntun bagi para guru dan orang tua. Jakarta : Grasindo.
Munandar,S.C.Utami, 1985. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas anak sekolah : penuntun bagi para guru dan orang tua. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Susilo,Herawati, Husnul Chotimah, Yuyun Dwita Sari,2008. Penelitian Tindakan Kelas sebagai sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Edisi ke 1. Malang : Bayumedia Publishing.
Sukarno, 2001. Dasar-dasar Pendidikan Sains, Jakarta : Bhratara karya Aksara.
Sanjaya,W, 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Edisi ke 2. Jakarta : Kencana Prenada Media grup.
______.2009. Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) Sertifikasi Guru dalam Jabatan.
______ PP Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar nasional Pendidikan2003.Depdiknas, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama.
http://ads.masbuchin.com/search/pembelajaran+kooperatif+think+ pair+ share diundih (22 Februari 2009)