PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS PADA KONSEP CAHAYA KELAS VIII B SEMESTER 2 SMPN1 JAMBU TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Main Article Content

Bambang Eko Purnomo

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) meningkatkan kreativitas belajar dan (2) meningkatkan hasil belajar IPA peserta kelas VIII B SMP Negeri 1 Jambu Kabupaten Semarang melalui model pembelajaran kooperatif Tipe Think, Pair, Share(TPS) pada pembelajaran IPA semester 2.  Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah peningkatan kreativitas dan hasil belajar. Sumber data berasal dari peserta didik, hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, test, dokumentasi, dan angket. Validasi data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Analisis data adalah deskriftif kualitatif dengan menggunakan teknik analisis model interaktif melalui hasil wawancara, observasi, angket, jurnal kelas dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kreativitas dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA di kelas VIII B SMP Negeri 1 Jambu mengalami peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran TPS. Peningkatan kreativitas peserta didik dapat diketahui dari hasil observasi yang dilaksanakan pada akhir siklus 1 dan siklus 2 menunjukkan peningkatan skor rata-rata kreativitas peserta didik dari 66,4 pada siklus 1 menjadi 81 pada siklus 2. Sedangkan peningkatan hasil belajar dapat diketahui dari hasil ulangan pra siklus dengan rata-rata 72,2 menjadi 74,4 pada siklus 1 dan 80,5 pada siklus 2.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Purnomo, B. E. (2016). PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS PADA KONSEP CAHAYA KELAS VIII B SEMESTER 2 SMPN1 JAMBU TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 5(2), 19–34. https://doi.org/10.21580/phen.2015.5.2.77
Section
Articles

References

Kasbolah, 1999 . Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Sains. Makalah disajikan dalam Pelatihan Guru Sains dengan Pendekatan STM.

Malang, 12 – 15 Juli 1999.

Munandar,S.C.Utami,1992. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas anak sekolah : penuntun bagi para guru dan orang tua. Jakarta : Grasindo.

Munandar,S.C.Utami, 1985. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas anak sekolah : penuntun bagi para guru dan orang tua. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Susilo,Herawati, Husnul Chotimah, Yuyun Dwita Sari,2008. Penelitian Tindakan Kelas sebagai sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Edisi ke 1. Malang : Bayumedia Publishing.

Sukarno, 2001. Dasar-dasar Pendidikan Sains, Jakarta : Bhratara karya Aksara.

Sanjaya,W, 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Edisi ke 2. Jakarta : Kencana Prenada Media grup.

______.2009. Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) Sertifikasi Guru dalam Jabatan.

______ PP Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar nasional Pendidikan2003.Depdiknas, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama.

http://ads.masbuchin.com/search/pembelajaran+kooperatif+think+ pair+ share diundih (22 Februari 2009)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.