PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA KALKULUS 2 BAHASAN VOLUM BENDA PUTAR

yulia romadiastri*  -  Fakultas Saintek UIN Walisongo, Indonesia

(*) Corresponding Author
Salah satu bahasan pada mata kuliah Kalkulus 2 adalah aplikasi integral tentu, yang di dalamnya terdapat materi menentukan volum benda putar. Materi ini cukup sulit mengingat mahasiswa harus dapat memvisualisasikan daerah yang berupa bidang datar ke dalam ruang dimensi tiga. Selain itu, ada beberapa metode yang digunakan un- tuk menentukan volum benda sesuai dengan bentuk ban- gun ruang yang dihasilkan. Dengan menerapkan pembela- jaran kontekstual diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam memvisualisasikan dan menentukan metode yang sesuai untuk mencari volum benda putar tersebut.

Keywords: volum benda putar, pembelajaran kontekstual

  1. Ahmadi, Abu, 1982, Psikologi Umum, Jakarta: Rineka Cipta
  2. Depdiknas, 2003, Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning), Jakarta
  3. Hudojo, Herman, 1979, Pengembangan Kurikulum Matematika dan Pelaksanaannya di depan Kelas, Surabaya
  4. Purcell, E.J. & Varberg, D. 1987. Kalkulus dan Geometri Analitis. (Diterjemahkan oleh I Nyoman, Bana Kartasasmita, dan Rawuh). Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga
  5. Sumargiyani, 2006, Penerapan Pembelajaran Kontekstual pada Pembahasan Volume Benda Putar dengan Pembelajaran Kontekstual, Jogjakarta

Open Access Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps