MAJALAH IT-FLY VA: ALTERNATIF PILIHAN SUMBER BELAJAR BIOLOGI
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan majalah It-Fly va yang sengaja ditulis berdasarkan hasil penelitian tentang keanekaragaman lalat buah di Agro Cepoko sebagai alternatif pilihan sumber belajar biologi yang memuat pengetahuan mengenai keanekaragaman hayati, serangga, pengelolaan limbah, serta upaya dan teknologi pengendalian lalat buah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D) modifikasi dari Borg and Gall dan Allesi & Trollip melalui dua tahapan uji produk yaitu uji alfa dan uji beta. Uji alfa dalam penelitian ini dilakukan menggunakan lembar validasi penilaian kelayakan buku yang diadaptasi dari BSNP 2014 meliputi empat komponen kelayakan yaitu teknik penyajian, isi, kebahasaan, dan kegrafikan yang diujikan kepada ahli materi dan media. Uji beta dalam penelitian ini dilakukan untuk menguji produk dalam skala kecil. Uji beta dilakukan dengan menggunakan lembar validasi dan lembar tanggapan yang diujikan kepada pengguna yaitu guru dan siswa. Analisis hasil penelitian menggunakan uji alfa yang dilakukan kepada ahli materi dan media terhadap majalah mendapat kategori sangat layak pada aspek teknik penyajian, isi, dan kegrafikan. Pada aspek kebahasaan memperoleh kategori penilaian yang layak. Analisis hasil uji beta yang dilakukan kepada guru dan siswa menunjukkan tanggapan yang positif terhadap majalah melalui lembar tanggapan siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa majalah It-Fly va yang ditulis berdasarkan hasil penelitian tentang lalat buah di Agro Cepoko memperoleh kriteria penilaian buku berdasarkan standar BSNP dengan kategori sangat layak digunakan sebagai alternatif pilihan sumber belajar biologi untuk siswa.
Kata kunci: majalah, sumber belajar
Downloads
Article Details
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in PHENOMENON.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Alessi, S.M., & Trollip, S.R. (2001). Multimedia for learning: methods and development (3rd Edition). Boston: Allyn and Bacon.
Arsana, Made, A. A. I. N. Marhaeni, & I. Wayan Suastra. (2013). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Lingkungan Sekitar untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA. E-journal program pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3, 1-10.
Azis, Putri A. (2016). Hubungan Minat, Motivasi Belajar dan Sikap dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Makassar. Journal of EST, 2(3), 144-151.
Dani, Husnul B. (2017). Pengembangan Majalah Biologi (Biomagz) pada Materi Virus sebagai Alternatif Sumber Belajar Mandiri Siswa Kelas X di MAN 1 Mataram. Jurnal Pendidikan Biologi FITK UIN Mataram, 10(1), 91-102.
Farihah, A. N., Krispinus, K. P., & Aditya M. (2016). Analisis Miskonsepsi Materi Sistem Regulasi pada Siswa Kelas XI SMA Kota Semarang. Journal of Biology Education, 5(3), 319-329.
Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2003). Education research: An introduction (7 th Eds). Boston: Pearson Education, Inc.
Handayaningrum, Yulita. (2010). Penerapan Media Cerita Bergambar (Cergam) untuk Meningkatkan Minat Baca Biologi Siswa Pada Pokok Bahasan Bahan Kimia dalam Makanan Kelas VIII SMP Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi tidak dipublikasikan. Universitas Sebelas Maret.
Khairaty, Nurul I., A. Mushawwir T., & Hartati. (2018). Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah dengan Menggunakan Three-Tier di Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Bontonompo. Jurnal Nalar Pendidikan, 6(1), 7-13.
Pralisaputri, K.R., Heribertus, S., & Chatarina, M. (2016). Pengembangan Media Booklet Berbasis Sets pada Materi Pokok Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam untuk Kelas X SMA. Jurnal GeoEco, 2(2), 147-154.
Pratiwi, Nurjannah, Gardjito, & A. Hamidah. (2017). Pengembangan Majalah Biologi sebagai Media Pembelajaran pada Pokok Bahasan Protista Kelas X MIA di SMA N 7 Kota Jambi. Jurnal Biodik, 1(3), 27-34.
Rahayu, Adhifah. (2012). Peran Warna dalam Arsitektur sebagai Salah Satu Kebutuhan Manusia. Skripsi tidak dpublikasikan. Universitas Indonesia.
Rambulangi, Elisaberth. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Pokok Bahasan Pertumbuhan Tanaman dengan Metode Pembelajaran Kontekstual Siswa Kelas X SMK Balla Kabupaten Mamasa. Jurnal Media Komunikasi Pendidikan Teknologi Kejuruan, 4(2), 83-91.
Santyasa, I Wayan. (2007). Landasan Konseptual Media Pembelajaran. Makalah Workshop Media Pembelajaran bagi guru-guru SMA N Banjar Angkan, 10 Januari 2007. Banjar Angkan Klungkung: Universitas Pendidikan Ganesha.
Septian, Irwin. (2018). Analisis Konsepsi Siswa pada Materi Keanekaragaman Hayati di SMA. Jurnal Untan, 1-12.