PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI POKOK TEKANAN SISWA KELAS VIII B SEMESTER 2 MTS NU MIFTAHUL ULUM MARGASARI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015

Muhazir, Agus Sudarmanto Muhazir, Agus Sudarmanto*  -  MTs NU Miftahul Ulum Maegasari, Fakultas Saintek UIN Walsiongo, Indonesia

(*) Corresponding Author

Pembelajaran Ilmu IPA pada siswa MTs memberikan suatu tantangan yang besar bagi para pengajarnya. Hal itu disebabkan oleh sebagian besar materi Ilmu IPA terdiri dari dari konsep-konsep yang abstrak yang harus diajarkan. MTs NU Miftahul Ulum Margasari Kabupaten Tegal kelas VIII B, dalam kegiatan belajar mengajar maupun dalam penugasan siswa cenderung pasif dan menunggu temanya untuk mengerjakan tugas. Beberapa siswa bahkan sama sekali tidak mengerjakan tugas dan lebih memilih bercakap-cakap atau bermain-main dengan temannya. Dalam diskusi kelompok siswa cenderung diam, tidak aktif dan induvidualis, hal ini menunjukan aktivitas belajar masih rendah.

          Dari keadaan di atas,  maka peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran  jigsaw, peneliti berusaha untuk menerapkan efektifitas pembelajaran pada siswa. Peningkatan kualitas proses dapat diamati dari meningkatnya partisipasi dan motivasi siswa dalam proses pembelajaran, sedangkan kualitas hasil belajar dapat diketahui dari adanya peningkatan rerata hasil belajar. Adapaun pelaksanaannya terdiri dari : Pra-Siklus, Siklus I, dan Siklus II. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengumpulan data, dan refleksi.

          Hasil dari penelitian ini adalah pada saat kondisi Pra-Siklus dengan metode konvensional, tingkat ketuntasan hasil belajar siswa  17 % dengan nilai rata-rata 58, sedangkan untuk keaktifan 22 %. Setelah melaksanakan pembelajaran pada Siklus I dengan metode diskusi, tingkat ketuntasan hasil belajar siswa mengalami kenaikan yaitu menjadi 46 % dengan nilai rata-rata 62, untuk keaktifan ketuntasan siswa 54 %. Pada saat melaksanakan pembelajaran pada siklus II dengan metode jigsaw, di dapat hasil untuk tingkat persentase ketuntasan hasil belajar siswa 83 %, dengan ketuntasan keaktifan siswa 82 % dan rata-rata hasil belajar siswa 80, hal ini membuktikan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan dari hasil belajar siswa dan keaktifan siswa dari tahap Pra-Siklus, siklus I dan siklus II.  Dan juga membuktikan bahwa penggunaan metode pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran IPA materi Tekanan dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIII B MTs NU Miftahul Ulum Margasari Kabupaten Tegal Tahun ajaran 2014 / 2015.

Keywords: tekanan , jigsaw, hasil belajar

  1. Anas Sudijono, “Pengantar Statistik Pendidikan”, Jakarta: Rajawali Pers, 2011.
  2. Dimyati, Mudjiono, “Belajar dan Pembelajaran”, Jakarta: Rineka Cipta, 1999.
  3. Eduard Nurpatria, “Seri Buku soal Super IPATerpadu untuk MTs/SMP Kelas VIII”, Jakarta: Erlangga, 2009.
  4. Fadhly, “Model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw”, TK-FPTt.
  5. Hisyam Zaini, dkk.,”Strategi Pembelajaran Aktif”, cetakan ke-6, Yogyakarta: CTSD Institut Agama Islam negeri Sunan Kalijaga, 2007.
  6. M.Ngalim Purwanto, “Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi”, Bandung: Rosda Karya 2002.
  7. Oemar Hamalik, “Kurikulum dan pembelajaran”, Jakarta: Bumi aksara, 2001.
  8. Sugiono, “Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D” , Bandung: Alfabeta, 2010.
  9. Saeful Karim, Ida Kaniawati, Yuli Nurul Fauziah, Wahyu Sopandi, “Buku Paket IPA Untuk MTS/SMP Kelas VIII Belajar IPA”, Panduan Belajar IPA Terpadu Di terbitkan oleh pusat perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, 2008 (BSE).
  10. Suharsimi Arikunto, “Penelitian Tindakan Kelas”, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
  11. Sardiman A.M, “Interaksi dan Motivasi Belajar”, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1994.
  12. Slameto, “Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi”, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
  13. Sugiyanto, “Model-model Pembelajaran inovatif”, Surakarta: Yuma Pustaka, 2010.
  14. Winasanjaya, “Kurikulum dan Pembelajaran”, Teori dan Praktik pengembangan Kurikulum KTSP, Jakarta: Kencana, 2010.
  15. Zaenal Arifin, “Evaluasi Instruksional”, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1999.

Open Access Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
apps