SMP N 1 Pringapus - Indonesia
UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA DAN PEMAHAMAN KONSEP PERUBAHAN ZAT MELALUI PROBEX
Pembelajaran secara konvensional materi perubahan zat belum menghasilkan prestasi belajar maksimal, karena itu diperlukan inovasi pembelajaran dengan Predict-Observe-Explain (Probex). Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan pemahaman siswa terhadap konsep Perubahan Zat melalaui (Probex). Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Pringapus tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisa secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan penilaian sikap ilmiah kategori baik (3%), keterampilan proses kategori baik (5%), keaktifan mengerjakan LKS 15%, prestasi belajar 13%. Simpulan penelitian ini adalah pembelajaran melalui Probex dapat meningkatkan aktivitas pemahaman konsep materi Perubahan Zat. Disarankan untuk diadakan penelitian lanjutan pembelajaran dengan Probex untuk meningkatkan motivasi dan minat siswa.
Keywords: Metode Probex, Pembelajaran IPA, Konsep Perubahan Zat
- Arikunto, S. 1990. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rhineka Cipta.
- Depdikbud. 1996. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
- Haryanto. 2000. Buletin MGMP Jawa Tengah Edisi II. Surakarta.
- Kasbolah, K E.S. 1999. Peneltiian Tindakan Kelas. Malang: Universitas Malang.
- Rustanto, T. 2001. Pembelajaran Konstruktivisme. Surakarta.
- TIM IPA Terpadu 1. 2007. IPA Terpadu SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Yudhistira.
Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.