The Influence of the Use of Educational Game Learning Media "Snake and Ladder" on Mathematics Learning Outcomes Elementary School Students

Authors

  • Fitria Kautsari Azizah Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Education, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Findrayani Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Education, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21580/at.v16i2.21896

Keywords:

Snakes and Ladders Learning Media, Learning Outcomes, Mathematics, Elementary School, Meta Analysis

Abstract

This study compares results from several sources published between 2016 and 2024. The method used is PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-analysis). This research includes an analysis of the title, abstract, introduction, methodology, results, discussion, and conclusions from the included sources. The research results have an average effect size of 1.36 in the high category. The high effect size shows that using snakes and ladders learning media effectively improves mathematics learning achievement in elementary schools.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, N., & Hartatik, S. (2019). Pengaruh Media Permainan Ular Tangga Terhadap Motivasi Belajar Pada Pelajaran Matematika Kelas II SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, 4(2).

Agustini, H., Gustian Nugraha, R., Hanifah, N., Guru, P., & Dasar, S. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Padlet ULIK (Ular Tangga Interaktif Kreatif) terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD. Journal of Education Research, 5(1).

Andriani Sitohang, H., & Sukmawarti. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 104241 Syahmad. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(02).

Anisa, W. N., Cahyadi, F., & Rahmawati, I. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar dan Pemahaman Konsep Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SDN Lebaksiu Kidul 04. Jurnal Wawasan Pendidikan, 3(1).

Anjaswantil, R. N., Azizah, R., & Leonita, A. (2022). Studi Meta-analisis: Faktor Risiko Kejadian Pneumonia Pada Balita di Indonesia Tahun 2016-2021. Journal of Community Mental Health and Public Policy, 4(2).

Anjella, S., Febriani, H., Nur, L., & Siregar, K. (2023). Pengaruh Strategi Brain Based Learning dengan Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Swasta al-Ulum. Jurnal Mu’allim. https://doi.org/10.35891/muallim.v5i2.3898

Apriyanti, L., & Gunawan, A. (2019). Pengaruh Permainan Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV di SDN 51 Kota Bengkulu. URIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 2(1).

Baiquni, I. (2016). Penggunaan Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM: Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 1(2).

Dewiyanti, N. K., Adnyana, I. K., & Wiarta, I. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Permainan Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1).

Dwimarta, A., Hadi, F. R., & Marlina, D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle Berbantuan Media Ular Tangga Digital Terhadap Pemahaman Konsep Bangun Datar Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4.

Febrianti, V., Retno, R. S., & Dewi, C. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Ular Tangga Pecahan Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3.

Hardiana, Y., Andari, T., & Krisdiana, I. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Menggunakan Media Ular Tangga dan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Ditinjau Dari Adversity Quotient (AQ) Tahun Aajaran 2014/2015. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(1).

Ilham, A., Rivai, S., Abdullah, G., & Basalamah, N. (2023). Pengaruh Media Ular Tangga Terhadap Minat Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III di SDN 2 Telaga Jaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat: DIKMAS, 3(4). https://doi.org/10.37905/dikmas.3.4.901-914.2023

Irmawati, A. O., Rasidi, & Hajron, K. H. (2022). Pengaruh Model Make A Match berbantuan Media Ular Tangga Terhadap Keterampilan Berhitung Siswa Kelas II SD Negeri Sukosari Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang. Borobudur Educational Review, 2(1).

Khoridha, A., Pagarra, H., Sayidiman, & Abstrak, A. I. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Ular Tangga Besar Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V. NSJ: Nubin Smart Journal, 1(4). https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj

K.N, Z. K. A., Afifah, N. F., Mubarok, M. S., & Irmaningrum, R. N. (2023). Pengaruh Penggunaan Multi Metode Berbantuan Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2).

Lubis, S. I., & Simbolon, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Treatment (TGT) Berbantuan Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Matematika Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar. Elementary School Journal, 13(3).

Mahmudah, S., & Suharsono. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Ladders And Snakes (Ular Tangga) Terhadap Hasil Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Akidah Akhlak di Kelas IV MI M (Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah) 19 Sidokumpul Lamongan. Jurnal Mahasiswa Pendidikan, 1(1).

Maretayani, N. W., Wiarta, I. W., & Ardana, I. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Permainan Snakes and Ladders Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa. Journal of Education Technology, 1(2).

Masrukah, Nahrowi, M., & Anis, Moh. B. (2020). Efektifitas Media Permainan Ular Tangga Bermotif Bangun Datar Pada Pembelajaran Matematika. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1).

Musdalifah, Firdaus, & Kadir, A. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Inpres 5/81 Lemoape. GLobal Science Education Journal, 6(1).

Nopiani, N. M. E., Meter, I. Gd., & Wiarta, I. Wyn. (2013). Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Permainan Ular Tangga Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Gugus VIII Sukawati. Mimbar PGSD Undiksha.

Novitasari, K. A., Januar, H., Suneki, S., & Tunjungsari, D. R. (2023). Media (Ular) Tangga Pintar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3).

Novyani, A. A., Muhajang, T., & Mulyawati, Y. (2023). Pengaruh Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku. Jurnal Elementary, 6(1). https://doi.org/10.31764/elementary.v6i1.12471

Nugroho, I. Ri., & Listyarini, I. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran teams Games Tournament (TGT) Berbantu Media Ular Tangga Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas IV SD. Jurnal Sekolah (JS), 2(3).

Putri, I. A., Guntur, M., & Sahronih, S. (2022). Pengaruh Media Permainan Ular Tangga Pada Pelajaran Matematika di SDN 1 Pabuaranwetan. PERISKOP: Jurnal Sains dan Ilmu Pendidikan, 3(1).

Putri, J. P., Nurhaedah, & Hermuttaqien, B. P. F. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Ular Tangga Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pinisi Journal of Education, 3(6).

Rahayu, B. A., & Suryani, E. (2022). Pengaruh Model Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Ular Tangga untuk Pemahaman Konsep Siswa pada Pelajaran IPA Kelas 4 SD Negeri Bakalrejo 01. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 16(1).

Rahma, N. M., Atmaka, D. R., Fitria, A. L., Pratiwi, A. A., Rachmah, Q., Nastiti, A. N., Agustin, A. M., & Sulistyorini, L. (2022). Relevansi Intervensi Perbaikan Sanitasi Untuk Mencegah Kejadian Stunting Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia: Meta Analisis. Media Gizi Indonesia (National Nutrition Journal.

Rustam, S., Sudrajat, A., & Supriadi. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Permainan Ular Tangga Berbasis Budaya Banten dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SD Kelas IV. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(2).

Saputri, P. D., Laksana, M. S. D., & Chasanatun, T. W. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Kelas 5 di SDN 01 Manisrejo. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3.

Sastypratiiwi, H., & Nyoto, R. D. (2020). Analisis Data Artikel Sistem Pakar Menggunakan Metode Systematic Review. JEPIN: Jurnal Edukasi & Penelitian Informatika, 6(2).

Septiani, D., Nurmahanani, I., & Ruswan, A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Ular Tangga Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2).

Syafria, M. N., Pratiwi, I. A., & Kuryanto, M. S. (2023). Pengaruh Media Ular Tangga Keberagaman dalam Meningkatkan Hasil Belajar Muatan PPKn Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5). https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5863

Syahfitri, R., & Rambe, R. N. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Ular Tangga Raksasa Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas 4 SD Muhammadiyah 08 Medan. Jurnal Inspirasi Pendidikan (ALFIHRIS), 1(4). https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i4.428

Tarigan, R. B., tarigan, J. E., & Heryanto. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Permainan Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Suhu dan Kalor di Kelas V SDN 101800 Deli Tua T.P 2023/2024. Prosiding Seminar Nasional, 3.

Wardan, E. Y., Sesanti, N. R., & Rahayu, S. (2020). Pengaruh Pembelajaran Melalui Game Ular Tangga Berbantuan Media Visual Terhadap Hasil belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Ngeblak Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang. Prosiding Seminar Nasional PGSD, 4(1).

Ware, Y. A., & Anggraini, S. (2019). Efektivitas Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas 2 SDK Wetakara. Disputare-Jurnal Psikologi, 6(1).

Zulfana, F., Purwadi, & Mudzanatun. (2020). Pengaruh Model NHT Berbantu Meida Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SD N 02 Ujung Pandan Jepara. Elementary School, 7(1).

Downloads

Published

2025-02-19