DIMENSI KEILMUAN DALAM AL-QUR’AN

Iing Misbahudin*  -  Fakultas Ushuluddin UIN Walisongo Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author

Al-Qur’an tiada keraguan didalamnya adalah petunjuk bagi manusia khususnya mereka yang beriman dan bertakwa kepada Allah. Dan Al-Qur’an sebuah kitab suci agama Islam sebagai sumber pokok ajaran agama. Dengan demikian Al- Qur’an sebagai kitab petunjuk (gide book) bagi setiap insan untuk memperoleh kebahagiaan dan keselamatan hidup dunia dan akherat.

Namun demikian dalam Al Qur’an terdapat pentunjuk bagaimana manusia memperoleh ilmu pengetahuan  dan Al- Qur’an  dari mana sumber ilmu pengetahuan. Didalamnya ditemukan  banyak ayat yang memberi isyarat kebenaran ilmu pengetahuan dan hakekat imu pengetahuan. Menurutnya  ilmu pengetahuan itu ada dua  sumber yaitu pertama  ayat al matluwah (yang dapat dibaca) yakni Al-Qur’an dan kedua ayat al-Majluwah (yang dapat dilihat) yakni alam semesta keduanya  bersumber dari Allah  ayat al-matluwah adalah firmannya dan ayat al-Majluwah adalah ciptaannya. Inilah hakekat ilmu pegetahuan yang tak terbatas.

Al-Qur’an  memberikan informasi kepada kita bahwa Allah telah memberikan ilmu pengetahuan kepada manusia secara langsung, sebagaimana diberikan kepada para nabi dan rasul  dan orang-orang soleh  dengan melalui  wahyu dan ilham. Dan juga Allah memberikan ilmu pengetahuan kepada mereka  yang bukan para nabi, rasul dan orang soleh melalui  proses  pembelajaran dan aktualisasi potensi akal  dan qolbu  serta indra yang telah Allah anugrah kepada manusia sejak lahir. Maka ilmu pengetahuan hendaknya di abdikan untuk  Allah dan seorang berilmu semakin bertambah ilmunya semakin bertambah keimanan dan ketakwaannya kepada Allah bukan sebaliknya.

Keywords : Ilmu dan Al-Qur’an; ayat al matluwah; ayat al-Majluwah.

Open Access Copyright (c) 2016 At-Taqaddum : Jurnal Peningkatan Mutu Keilmuan dan Kependidikan Islam

 

This journal has been indexed by:

 
  
Attaqaddum
Published by Lembaga Penjaminan Mutu
Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang
Jl. Walisongo No.3-5 Semarang 50185, Indonesia
Phone: +62 857-1999-1679
Website: https://lpm.walisongo.ac.id/
Email: attaqaddum@walisongo.ac.id 
 
ISSN: 1979-4703 (p)
ISSN: 2527-9726 (e)
DOI : 10.21580/at

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Lisensi Creative Commons

View My Stats

 
apps