ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFISIENSI BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA DENGAN PENDEKATAN TWO STAGE STOCHASTIC FRONTIER APROACH (Studi Analisis di Bank Umum Syariah)

Wahab Wahab*  -  , Indonesia

(*) Corresponding Author

Kinerja perbankan syariah dapat diukur dengan menggunakan salah satu parameter yaitu efisiensi. Data efisiensi dari sampel Bank Umum Syariah pada tahun 2006 – 2009 adalah sebesar 0.9467, data ini dapat mencerminkan kondisi tingkat efisiensi bank syariah selama periode tersebut, Tingkat efisiensi tertinggi berada di Bank Syariah Mandiri (BSM) pada periode 2009 yakni sebesar 0.9631 yang berarti sangat mendekati nilai efisiensi optimal.

Penelitian ini diukur dengan menggunakan pendekatan parametrik Stochastic Frontier Approach (SFA) untuk mengetahui nilai efisiensi pada BSM. Sedangkan variabel yang diukur adalah ROA, CAR, FDR, BOPO, PPAP, dan NPF.

Hasilnya bahwa Return On Asset (ROA) berpengaruh positif tidak signifikan,Sedangkan Capital Adaquacy Ratio (CAR) berpengaruh positif tidak signifikan, Financing Deposit Ratio (FDR) berpengaruh positif signifikan, Biaya Operasional Pendapatan Operasional  BOPO) berpengaruh negatif tidak signifikan, Penyisihan Piutang Aktiva Produktif (PPAP) berpengaruh positif tidak signifikan, Non Performing Finance (NPF) berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap tingkat efisiensi Bank Syariah Mandiri dengan pendekatan SFA.

Keywords: Bank Umum Syariah, TWO STAGE, STOCHASTIC FRONTIER APPROACH, ROA , CAR , FDR , BOPO , PPAP , dan NPF.

  1. Cleopatra, Yuria Pratiwhi. 2008. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Proporsi Aset Perbankan Syariah di Indonesia. Dalam Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Jakarta: UI.
  2. Dendawijaya, Lukman. 2005. Manajemen Perbankan. Jakarta: Ghalia Indonesia.
  3. Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP.
  4. -------. 2007. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Cetakan IV. Semarang: UNDIP.
  5. Karim, Adiwarman Azwar. 2007. Bank Islam: Analisis Fiqih dan Keuangan (Edisi Ketiga). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
  6. Maryanah. 2006. “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pembiayaan Bagi Hasil di Bank Syariah Mandiri”. Tesis. Jakarta: UI.
  7. Meydianawathi, Luh Gede. 2007. “Analisis Perilaku Penawaran Kredit Perbankan Kepada Sektor UMKM di Indonesia (2002-2006). Dalam BULETIN STUDI EKONOMI. Volume 12 Nomor 2 Tahun 2007. Denpasar : Universitas Udayana.
  8. Nurhayati, Sri dan Wasilah. 2009. Akuntansi Syariah di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.
  9. Perwataatmadja, Karnaen A dan Hendri Tanjung. 2007. Bank Syariah: Teori, Praktik, dan Peranannya. Jakarta: Celestial Publishing.
  10. Sujatna, Yayat. 2006. “ Analisis Faktor Internal dan Eksternal yang Mempengaruhi Jumlah Pembiayaan Bagi Hasil (Studi Kasus: Bank Syariah Mandiri)”. Tesis. Jakarta: UI.

Open Access Copyright (c) 2016 Economica

Economica: Jurnal Ekonomi Islam
Published by the Institute of Islamic Economic Research and Development (LP2EI), Faculty of Islamic Economics and Business Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 858-7654-4666
Website: https://febi.walisongo.ac.id/
Email: economica@walisongo.ac.id

ISSN: 2085-9325 (Print)
ISSN: 2541-4666 (Online)
DOI: 10.21580/economica

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Get a feed by atom here, RRS2 here, and OAI Links here.

apps