STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PROGRAM MUTIARA HIKMAH DI RADIO RASIKA FM

Misbahul Munir*  -  Warta Nasional, Indonesia

(*) Corresponding Author

This research is to know how communication strategy in program of Mutiara Hikmah at Radio Rasika Fm. The research used is qualitative research, taking place in Radio Rasika Fm which is located in Ungaran city of Semarang regency. Data collection techniques used are using observation methods, interview methods and documentation methods. The method of analysis used in this research is descriptive analysis method. This analysis is useful for researchers to find out how the communication strategy used in the program Mutiara Hikmah.

       The result of this research is that the strategy used by Rasika Fm radio in Mutiara Hikmah program is to develop communication strategy and program strategy. In formulating the communication strategy can be seen from the analysis of the audience is through membership surveys, the preparation of messages through the AIDDA method, the determination of methods through redundancy and canalizing methods, and the selection of media communication by using various media to support the program Mutiara Hikmah to be better known by audience listeners. In terms of program strategy is through broadcast program planning process, production process and program purchase, program execution process, and supervision process and program evaluation, all of which are very important and needed in the process of preparing one of the program that is Mutiara Hikmah program,

Keywords: strategy, communication, radio

------------------------------------------------------------------------------------

Penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi dalam program Mutiara Hikmah di Radio Rasika Fm. Penelitian yang digunakan merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil tempat di Radio Rasika Fm yang berada di kota Ungaran kabupaten Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Adapun metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Analisis ini berguna bagi peneliti untuk menemukan bagaimana strategi komunikasi yang digunakan dalam program Mutiara Hikmah.

Hasil dari penelitian ini bahwa secara umum strategi yang digunakan oleh radio Rasika Fm dalam program Mutiara Hikmah adalah menyusun strategi komunikasi dan strategi program. Dalam menyusun strategi komunikasi dapat terlihat dari analisis khalayak yaitu dengan melalui survey membership, penyusunan pesan melalui metode AIDDA, penetapan metode melalui metode redundancy dan canalizing,  dan pemilihan media komunikasi dengan menggunakan berbagai macam media untuk menunjang program Mutiara Hikmah agar lebih dikenal oleh khalayak pendengar. Dari segi strategi program yaitu melalui proses perencanaan program siaran, proses produksi dan pembelian program, proses eksekusi program, dan proses pengawasan serta evaluasi program, yang semua itu sangat penting dan dibutuhkan dalam proses penyusunan salah satu programnya yaitu program Mutiara Hikmah,

 

Kata kunci: strategi, komunikasi, radio


Keywords: strategy, communication, radio

  1. Arifin, Psikologi Dakwah Suatu Pengantar Study, Jakarta: Bumi Aksara, 2000.
  2. Effendy, Onong Uchjana ,Radio Siaran dan Praktik,Bandung: Alumni, 1990.
  3. _______, Ilmu Komunikasi, Bandung: Rosda Karya, 2007.
  4. Fajar, Marhaeni, Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2009.
  5. Masduki, Menjadi Broadcaster Profesional, Yogyakarta: Pustaka Populer LKiS,2004.
  6. Rahmat, Jalaluddin, Psikologi Komunikasi, Bandung: Remaja Rosda Karya, 1996.
  7. ______, Metodologi Penelitian Komunikasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004.
  8. Sumadiria, Haris AS, Bahasa Jurnalistik Panduan Praktis Penulis dan Jurnalis, Bandung :Simbiosa Rekatama Media, 2006.
  9. Wibowo, Fred, Teknik Produksi Program Radio Siaran, Yogyakarta: Grasia Book Publisher, 2012.
  10. Wiryanto, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: PT. Grasindo, 2000.
  11. WS,Indrawan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1998.

Open Access Copyright (c) 2018 Islamic Communication Journal
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Islamic Communication Journal
Published by the Department of Islamic Communication and Broadcasting
Faculty of Da'wa and Communication UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 858-6727-8693 (Admin ICJ)
Website: https://fakdakom.walisongo.ac.id/

ISSN: 2541-5182 (Print)
ISSN: 2615-3580 (Online)


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 
apps