Peran Bu Nyai dalam Meningkatkan Mutu Hafalan Al-Qur’an Santri Putri Pondok Pesantren Al-Hikmah Pedurungan Lor Semarang

Luthfiyah Natun Nawafi*  -  Universitas Islam Negeri Walisongo, Indonesia
Nur Uhbiyati  -  Universitas Islam Negeri Walisongo, Indonesia
Baqiyatush Sholihah  -  Universitas Islam Negeri Walisongo, Indonesia

(*) Corresponding Author
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran bu nyai sebagai pengasuh sekaligus pendiri pesantren dalam peningkatan mutu hafalan Al-Qur’an santri. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi, selanjutnya data dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dalam peningkatan mutu hafalan Al-Qur’an, bu nyai memberikan keteladanan, pengawasan, dan pemberian motivasi, (2) hambatan yang dihadapi dalam meningkatkan mutu hafalan Al-Qur’an santri adalah kemalasan, banyaknya kegiatan santri sehingga waktu untuk menghafal dan muraja’ah berkurang, kelemahan santri dalam mengatur waktu, lemahnya ingatan, lingkungan yang kurang kondusif, kelemahan santri untuk menahan diri dari melakukan hal-hal yang kurang penting seperti terlalu banyak mengobrol dengan temannya, juga godaan terkait perasaan terhadap lawan jenis yang membuat konsentrasi untuk menghafal Al-Qur’an menjadi terganggu, (3) strategi yang digunakan bu nyai untuk meningkatkan mutu hafalan Al-Qur’an adalah dengan meminta santri untuk meningkatkan jumlah setoran hafalan, meminta santri untuk meningkatkan kualitas bacaan ayat yang disetorkan berdasarkan tajwid, makharijul-huruf, sifatul-huruf serta kelancaran dalam menghafal, mendorong santri untuk meningkatkan amaliyah penunjang mudahnya menghafal, meningkatkan kedisiplinan santri dalam menghafal melalui jadwal setoran dan muraja’ah, mendorong santri mengikuti sistem pengulangan atau takrir, mengevaluasi hafalan santri secara berkala

Keywords : peran bu nyai; mutu hafalan Al-Qur’an; pesantren

  1. Ansori, Al Fadjar dan Indrasari, Meithiana. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Sidoarjo: Indomedia Pustaka.
  2. Hariyanto, Dany. 2003. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surakarta: Delima.
  3. Hasan bin Ahmad bin Hasan Hamam. 2008. Menghafal Al-Qur’an itu Mudah. Jakarta: Pustaka At- Tazkia.
  4. Junaidi Dan Juawariyah. Vol.4, No.1, Tahun 2019. Peran Kepemimpinan Kiai Dalam
  5. Meningkatkan Motivasi Kerja Dosen. Journal Pendidikan Islam Indonesia.
  6. Khoirunnisa, Tutik.2016. penerapan metode wahdah dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an
  7. santri. Skripsi. Salatiga: program strata S1 IAIN Salatiga.
  8. Kompri. 2018. Manajemen dan Kepemimpinan Pondok Pesantren. Jakarta: prenadamedia group. Makbuloh, Deden. 2011. Manajen Mutu Pendidikan Islam : model pengembangan teori dan
  9. aplikasi sistem penjaminan mutu. Jakarta: PT.Raja Grafindo.
  10. Makhyardin.2016. rahasia nikmatnya menghafal Al-Qur’ãn. Jakarta: PT. Mizan Publika.
  11. Rauf, Abdul Aziz Abdul. 1996. Kiat Sukses Menghafal Al-Qur’an: Sarat Dengan Penanaman
  12. Motivasi, Penjelasan Teknis dan Pemecahan Masalah. Jakarta: Dzilal Press.
  13. Sa’dullah. 2008. 9 Cara Praktis Menghafal Al-Qur’an . Jakarta: Gema Insani.
  14. Sugianto, dan Agus, Ilham. 1994. Kiat Praktis Menghafal Al-Qur’an . Bandung: Mujahid Pres. Sugiyono. 2008.Metode Penelitian Pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D.
  15. Bandung: Alfabeta.
  16. Sugiyono. 2015.Metode Penelitian Pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, an R&D.
  17. Bandung: Alfabeta.
  18. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D.
  19. Bandung: Alfabeta.
  20. Zen, Muhaimin. 1985. Tata Cara/Problematika Menghafal Al-Qur’an dan Petunjuk-Petunjuknya.
  21. Jakarta: Pustaka Alhusna.
  22. Zenha, Muhaimin. 1983. Pedoman Pembinaan Tahfidzul Qur’an. Jakarta: Proyek Penerangan.

Open Access Copyright (c) 2020 Jawda: Journal of Islamic Education Management
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Index by:

 
Editorial Office of Jawda: Journal of Islamic Education Management

Islamic Education Management Department Faculty of Education and Teacher Training Universitas Islam Negeri Walisongo
 
Jl. Prof. Dr. Hamka Kampus II UIN Walisongo Ngaliyan Semarang Indonesia

Phone: +62-024-760455

 
Creative Commons License

Jawda: Journal of Islamic Education Management by https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jawda is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. 

Web Analytics View My Stats

apps