Peran Kepala Madrasah dalam Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di MTsN 4 Kota Surabaya

Nadiya Eka Fitriya Air Lista*  -  Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang,, Indonesia
Muh Ahlis Ahwan    -  Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang,, Indonesia

(*) Corresponding Author

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepala madrasah dalam Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dan pelaksanaan GLS di MTsN 4 Kota Surabaya. Metode yang digunakan ialah kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah kepala madrasah, kepala perpustakaan, guru Bahasa Indonesia, dan siswa di MTsN 4 Kota Surabaya. Analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala MTsN 4 Kota Surabaya dalam gerakan literasi sekolah, antara lain sebagai educator, manager, leader, dan motivator. Pelaksanaan gerakan literasi sekolah di MTsN 4 Kota Surabaya dilakukan dengan tiga tahapan yaitu pembiasaan, pengembangan dan pembelajaran. Dengan adanya peran kepala sekolah dan terlaksananya GLS di MTsN 4 Kota Surabaya diharapkan pimpinan semakin menyadari akan hak dan kewajibannya sebagai figure yang mampu melaksanakan gerakan literasi di satuan pendidikan yang muaranya dapat menumbuhkan budi pekerti siswa, sehingga jangka panjangnya diharapkan dapat menghasilkan siswa yang memiliki kemampuan literasi tinggi.

Keywords: Peran Kepala Madrasah; Gerakan Literasi Sekolah; Perpustakaan Sekolah

  1. Anisa, Dwi Lutfi Nur. “Strategi kepala madrasah dalam mengimplementasikan gerakan Literasi Madrasah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Kediri.” UIN Sunan Ampel Surabaya, 2021.
  2. Asa, Yustrivat. “Peran Kepeminpinan Kepala Sekolah dalam Program Gerakan Literasi di Sekolah Dasar.” In Prosiding Seminar Nasional Manajemen Pendidikan, Vol. 1, 2019.
  3. Asih, Muliya, dan Yuli Rohmiyati. “Analisis Gerakan Literasi Sekolah Di Smp N 3 Semarang.” Jurnal Ilmu Perpustakaan 6, no. 1 (2017): 291–300.
  4. E.Mulyasa. Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.
  5. Kemendikbud. “Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti.” Permendikbud, 2015, 45.
  6. Moeloeng, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Cet XVII. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2002.
  7. Ngatiyem. “Peran Kepala Madrasah dalam Mengimplementasikan Standar Pengelolaan Pendidikan di MTS PP Asya-syakirin Sungai Lala Indragiri Hulu Riau,” 2021.
  8. Safitri, Mita. “Peran Kepala Madrasah dalam Peningkatan Budaya Literasi Siswa (Studi Kasus di MA Ma’arif Nahdlatul Ummah, Jarakan, Banyudono, Ponorogo).” IAIN Ponorogo, 2022.
  9. Sulistyorini. Manajemen Pendidikan Islam. Surabaya: Elkaf, 2006.
  10. Surur, A M. “Peran kepala madrasah dalam menerapkan manajemen berbasis sekolah di MA Darul Hikmah Menganti Jepara.” UIN Walisongo Semarang, 2019.
  11. Tamrin. “Pelaksanaan peran kepala sekolah di sekolah menengah atas (sma) negeri i kubu kabupaten rokan hilir.” UIN Sultan Syarif Kasim Riau, 2014.
  12. Wiedarti, Pangesti. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents. Jakarta: Direktorat pembinaan sekolah menengah pertama, 2016.
  13. Wiedarti, Pangesti, Kisyani-Laksono, Pratiwi Retnaningdyah, Sofie Dewayani, Wien Muldian, Susanti Sufyadi, Dwi Renya Roosaria, et al. Desain induk gerakan literasi sekolah. 1 ed. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. https://repositori.kemdikbud.go.id/39/1/Desain-Induk-Gerakan-Literasi-Sekolah.pdf.

Open Access Copyright (c) 2023 Muh Ahlis Ahwan, Nadiya Eka Fitriya Air Lista
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
index by:

 

 

Editorial Office of Jawda: Journal of Islamic Education Management


Islamic Education Management Department Faculty of Education and Teacher Training Universitas Islam Negeri Walisongo
 
Jl. Prof. Dr. Hamka Kampus II UIN Walisongo Ngaliyan Semarang Indonesia

Phone: +62-024-760455

 
Creative Commons License

 Jawda: Journal of Islamic Education Management by https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jawda is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. 

Web Analytics View My Stats

apps