Peran Manajemen Pendidikan di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.21580/jawda.v0i0.0.20743Keywords:
Manajemen, Pendidikan, Era DigitalAbstract
Tujuan manajemen pendidikan di era digital adalah memastikan pendidikan berkualitas tinggi, tepat guna, bertanggung jawab, dan berdampak positif bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang manajemen yang diperlukan untuk organisasi pendidikan. Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif melalui studi kepustakaan atau studi kepustakaan. Selanjutnya, data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif-analistis; proses ini melibatkan penelaahan dan evaluasi. Pada kenyataannya, Indonesia masih perlu mengubah infrastruktur informasi teknologinya hingga saat ini. Masalah saat ini tidak dapat diselesaikan dengan cara yang sama seperti konsep sebelumnya. Manajemen adalah komponen penting dalam organisasi yang mengelola kehidupan agar berjalan lancar. Di era digital, perlu meningkatkan kualitas pendidikan. Ini termasuk meningkatkan kemampuan siswa untuk belajar dan mendukung program belajar bebas. Menejemen pendidikan menghadapi banyak masalah, seperti pendidik yang tidak terampil dalam menghadapi era digital dan ancaman keamanan seperti peretasan data.
Downloads
References
Apriyanti, Yesi Okta, Rafik Darmansyah, Lely Indah Kurnia, Rony Sandra Yofa Zebua, Akhmad Ramli, Anis Wati Mamlu’ah, dan Al Barokah. ILMU MANAJEMEN PENDIDIKAN: Teori dan praktek mengelola Lembaga Pendidikan Era Industri 4.0 & Soceity 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.
Arum, Desta Mayang. “Strategi Manajemen Pendidikan untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Digital.” JME Jurnal Management Education 1, no. 2 (2023): 65–74.
Asari, Andi, I Widiana, Sukarman Purba, Alexander Waworuntu, Arifin Arifin, Muhtarom Muhtarom, Siti Azizah, Retno Anisa Larasati, Eka Selvi Handayani, dan Iwan Aprianto. “Manajemen pendidikan di era transformasi digital.” PT. Literasi Nusantara Abadi Grup, 2023.
Bachri, Bachtiar S. “Meyakinkan validitas data melalui triangulasi pada penelitian kualitatif.” Teknologi Pendidikan 10, no. 1 (2010): 46–62.
Hadi, Soedomo A. “Konsep pendidikan.” Pendidikan, VIII, 2008.
Hermawansyah, Hermawansyah. “Manajemen lembaga pendidikan sekolah berbasis digitalisasi di era COVID-19.” Fitrah: Jurnal Studi Pendidikan 12, no. 1 (2021): 27–46.
Khodijah, Siti. “Telaah Kompetensi Guru di Era Digital dalam Memenuhi Tuntutan Pendidikan Abad Ke-21.” Journal of Islamic Education Policy 3, no. 1 (2018): 67–78.
Khoiriah, Siti Umi, Lia Karunia Lam Uli Lubis, dan Diva Kayla Nazwa Anas. “Analisis Perkembangan Sistem Manajemen Pendidikan di Era Society 5.0.” JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora 2, no. 2 (2023): 117–32.
Maros, Hikmah. “H, & Juniar, S.(2016).” PERANAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKMaros, H., H, & Juniar, S, 2016, 1–23.
Mayasari, Nanny, Jusriati Jusriati, Prayogo Prayogo, Hajeni Hajeni, Yati Yati, Wahyuni Ulpi, Risna Saswati, Muhammad Satar, dan Hadi Pajarianto. Manajemen Pendidikan. Penerbit Widina, 2023.
Ngongo, Verdinandus Lelu, Taufiq Hidayat, dan Wiyanto Wiyanto. “Pendidikan di era digital.” In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 2019.
Paramansyah, H Arman, dan M M SE. Manajemen pendidikan dalam menghadapi era digital. Arman Paramansyah, 2020.
Rahmi, Agustina, Abdul Muin, S Pd, Annisa Zahra, S Pi, S Pd Suriansyah, Dewi Sartika, Yeni Rahmawati, Winda Amalia SM, dan Noor Ihsan Taufq. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Proses Supervisi Pendidikan untuk Meningkatan Mutu Pendidikan Di Era Society 5.0. Penerbit Adab, n.d.
Raya, Tampung Penyang Palangka. “Implementasi Manajemen Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0 di Institut Agama Hindu Negeri,” n.d.
Sari, Pusvyta. “Memotivasi belajar dengan menggunakan e-learning.” Ummul Qura 6, no. 2 (2015): 20–35.
Sherly, Sherly, Leni Nurmiyanti, Fifit Firmadani, Safrul Safrul, Nuramila Nuramila, Nur Rahmi Sonia, Suharto Lasmono, Muhammad Firman Halip, Rudi Hartono, dan Zaedun Na’im. “MANAJEMEN PENDIDIKAN (Tinjauan Teori dan Praktis),” 2020.
Sukardi, H M. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi Dan Praktiknya (Edisi Revisi). Bumi Aksara, 2021.
Sutiono, Vicky Samuel, Nunuk Rinukti, dan Charista Jasmine Siahaya. “Digitalisasi Manajemen Pendidikan Teologi di Era 4.0 Menggunakan Learning Management System Moodle.” KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta 4, no. 2 (2022): 368–76.
Tilaar, H. “AR & Riant Nugroho.” Kebijakan Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.
Usman, Husaini. “Manajemen: teori, praktik, dan riset pendidikan,” 2013.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).