Implikasi Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 di Madrasah (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Banat, Kudus, Indonesia)
DOI:
https://doi.org/10.21580/jawda.v1i1.2020.6680Keywords:
penerapan, sistem manajemen kualitas ISO 9001, 2015, madrasahAbstract
Kompetisi dunia kerja di era global ini tidak hanya terjadi di level nasional melainkan internasional. Realitas ini menuntut lembaga-lembaga pendidikan memiliki kualitas lulusan berstandar internasional. Penelitian ini bertujuan mengkaji implikasi penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 di Madrasah Aliyah NU Banat Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan dari teori Deming, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan (plan); madrasah merumuskan sasaran mutu, isu-isu internal eksternal, resiko-peluang, serta kebutuhan dan harapan pihak berkepentingan. Tahap pelaksanaan (do); madrasah melakukan komunikasi, sosialisasi dan menggalang dukungan untuk menjamin proses Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 di madrasah. Tahap pemeriksaan (check); madrasah melakukan audit internal, audit eksternal dan menyebarkan angket layanan. Tahap peningkatan berkelanjutan (act); madrasah menggunakan hasil angket layanan yang telah disebar dan juga meningkatkan grade dalam sasaran mutu. Implikasi penerapan sistem ini diantaranya terciptanya sinergitas kebutuhan akreditasi madrasah, peningkatan citra madrasah, peningkatan kualitas program, dan peningkatan kedisiplinan
Downloads
References
A, Manlian Ronald dan Skarlet Sinta Suawa. “Analisis Sistem Manajemen Mutu dan Pengaruhnya dalam Meningkatkan Kinerja Operasional Bangunan Gedung Tinggi Perkantoran di Jakarta Pusat”. Jurnal Ilmiah Media Engineering. Vol.4, No.4, tahun 2014.
Antaresti. ”Integrasi ISO 9001:2015 dan Standar Akreditasi BAN-PT untuk Meningkatkan Daya Saing Institusi Pendidikan Tinggi di Era Masyarakat Ekonomi Asean”. VOCATIO Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi dan Sekretari. (Surabaya: Universitas Katolik Widya Mandala).
Asmara, Rini. “Sistem Informasi Pengolahan Data Penanggulangan Bencana pada Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Padang Pariaman”. Jurnal J-Click. Vol. 3, No. 2, tahun 2016.
Asy’ari, Hasyim, dkk. “Implementasi Prinsip-prinsip Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 di SMK Ekonomika Depok Jawa Barat”. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol.2, No.2, tahun 2017.
Celik, Bunyamin dan Omer Hakan Olcer. “ What is the Contribution of ISO 9001 Quality Management System to Educational Institution?”. International Journal of Academic Research in Business & Sucial Sciences. Vol. 8, No. 6, tahun 2018.
Efansyah, Muhammad Noor dan Agung Nugraha. 2019. Perkembangan dan Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015. Banten: Wana Aksara.
Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Iskarim, Mochamad. “The Quality Management of Arabic Language Education Based on The Quality Management System (SMM) ISO 9001:2015”. Journal of Arabic Linguistics and Education. Vol. 3, No. 2, tahun 2018.
Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Martin, Adalia dan Fawaz Ali Thawabieh. “The Effect of ISO 9001 to Oman Higher Education Operational Performance: Buraimi University College as a Case Study”. International Journal of Applied Engineering Research. Vol. 13, No. 6, tahun 2018.
Master C1 Standar Internasional ISO 9001:2015 Sistem Manaemen Mutu-Persyaratan
Prabowo, Sugeng Listyo. Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 di Perguruan Tinggi (Guidelines IWA-2). (Malang: UIN-Malang Press, 2009).
Ramadhany, Fitriana Fajrin dan Supriono. “Analisis Penerapan Sistem Manajemen Manajemen Mutu ISO 9001:2015 dalam Menunjang Pemasaran”. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol.53, No.1, tahun 2017.
Saleh, Abdul Rahman dan Sri Rahayu Safitri. 2015. Penerapan Sistem Manajemen Mutu SNI ISO 9001:2008 di Perpustakaan: Buku I Pengenalan SNI ISO 9001:2008. Jakarta: CV Sagung Seto.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).