Manajemen Waka Kesiswaan dalam Mengoptimalkan Kegiatan Pramuka di SMP N 1 Boja

Nur Faidah*  -  Universitas Islam Negeri Walisongo, Indonesia
Fatkuroji Fatkuroji  -  UIN Walisongo, Indonesia
Fanzal Pamungkas  -  IAIN Salatiga, Indonesia

(*) Corresponding Author
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen waka kesiswaan dalam mengoptimalkan kegiatan pramuka di SMP N 1 Boja. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan kualitatif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian untuk mengecek keabsahan data tersebut dilakukan melalui teknik triangulasi pengumpulan data.  Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: (1) bagaimana perencanaan waka kesiswaan dalam mengoptimalkan kegiatan pramuka di SMP N 1 Boja. (2) bagaimana pelaksanaan waka kesiswaan dalam mengoptimalkan kegiatan pramuka di SMP N 1 Boja. (3) bagaimana evaluasi waka kesiswaan dalam mengoptimalkan kegiatan pramuka di SMP N 1 Boja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan manajemen kesiswaan dalam mengoptimalkan kegiatan pramuka di SMP N 1 Boja adalah mengadakan rapat bersama untuk membahas hal-hal seperti: penyusunan kegiatan, penjadwalan serta pengalokasian waktu kegiatan, dan sistem evaluasi peserta didik. (2) Pelaksanaan manajemen kesiswaan dalam mengoptimalkan kegiatan pramuka di SMP N 1 Boja berjalan baik. Penyusunan kegiatan sudah berjalan sesuai panduan pengembangan diri dan ekstrakurikuler, penjadwalan dan alokasi waktu kegiatan juga sudah sesuai dengan program pramuka, dan sistem evaluasinya menggunakan 3 jenis tes. (3) Evaluasi manajemen kesiswaan dalam mengoptimalkan kegiatan pramuka di SMP N 1 Boja berjalan optimal. Kegiatan pramuka memberi dampak positif sehingga dapat menambah pengetahuan dan keterampilan bagi siswa.

Keywords: Manajemen; Kesiswaan; Pramuka

  1. Alfarisy1, Sarah Meilinda, Aswandi Bahar2, and Widiastuti3. 2013. “Implementation of Extracurricular Scout in Sd 164 Village Tuah Karya.”
  2. Ali, Mohammad. 1993. Strategi Penelitian Pendidikan. 1st ed. Bandung: Angkasa.
  3. Daryanto. 2013. Administrasi Dan Manajemen Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.
  4. Denim, Sudarwin. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif, Rancangan Metodologi, Prestasi Dan Publikasi Hasil Penelitian Untuk Mahasiswa Dan Penelitian Pemula Bidang Ilmu Sosial, Pendidikan Dan Humaniora. Bandung: Pustaka Setia.
  5. Fahrurrozi. 2015. Manajemen Pendidikan Islam Konsep Dan Aplikasi. Semarang: CV. Karya Abadi.
  6. Hasan Hariri, Dkk. 2016. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: media akademi.
  7. Hasibuan, Malayu S. P. 2009. Manajemen, Dasar, Pengertian, Dan Masalah. Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
  8. Herdiansyah, Haris. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
  9. Imron, Ali. 2011. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
  10. Indonesia, Wikipedia bahasa. 2019. “Gerakan Pramuka Indonesia.” Wikipedia Ensiklopedia Bebas. 2019. https://id.wikipedia.org/wiki/Gerakan_Pramuka_Indonesia.
  11. Kasan, Tholib. n.d. Teori Dan Aplikasi Administrasi Pendidikan. Jakarta: Studi Press.
  12. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Kepramukaan: Bahan Ajar Implementasi Kurikulum 2013 Untuk Kepala Sekolah.
  13. Mantja, W. 2007. Profesionalisasi Tenaga Kependidikan, Manajemen Pendidikan Dan Supervisi Pengajaran. Malang: Elang Mas.
  14. Mufarizuddin, Mufarizuddin. 2017. “Implementasi Kegiatan Pramuka Dalam Membangun Karakter Kedisiplinan Siswa SD/MI.” Publikasi Pendidikan 7 (2): 84. https://doi.org/10.26858/publikan.v7i2.3071.
  15. Nazir, Moh. 2009. Metode Peneltian. Bandung: Ghalia Indonesia.
  16. Nurdiana, Mia, and Ari Prayoga. 2018. “Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Di Madrasah.” Madrasa: Journal of Islamic Educational Management 1 (December 2018): 9–15. https://doi.org/10.32940/mjiem.v1i0.2.
  17. Pidarta, Made. 2004. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.
  18. Sholeh, Badrus. 2020. “Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Kualitas Beragama Siswa MTs Unggulan Nuris Jember.” JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management 1 (2): 185–96. https://doi.org/10.35719/jieman.v1i2.22.
  19. Siswanto. 2016. Pengantar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
  20. Solehoddin, Mohammad, Munib, and Ismail. 2021. “Students Talent Management In Developing And IAI Nazhatut Thullab Sampang IAI Al-Khairat Pamekasan.” Millennial Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 1: 17–37. https://jurnal.alhamidiyah.ac.id/index.php/Millennial/article/view/86.
  21. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. 23rd ed. Bandung: alfabeta.
  22. Thohirin. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan Dan Bimbingan Konseling. Jakarta: rajawali.

Open Access Copyright (c) 2022 Nur Faidah
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
index by:

 

 

Editorial Office of Jawda: Journal of Islamic Education Management


Islamic Education Management Department Faculty of Education and Teacher Training Universitas Islam Negeri Walisongo
 
Jl. Prof. Dr. Hamka Kampus II UIN Walisongo Ngaliyan Semarang Indonesia

Phone: +62-024-760455

 
Creative Commons License

 Jawda: Journal of Islamic Education Management by https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jawda is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. 

Web Analytics View My Stats

apps