Manajemen Kurikulum Ekstrakurikuler Kewirausahaan dalam Membentuk Jiwa Entrepreneur Peserta Didik di SMA Mazra’atul Ulum Paciran Lamongan

Rona Liul Qiyatis Su’adiyah*  -  Universitas Islam Negeri Walisongo, Indonesia
Abdul Wahid  -  Universitas Islam Negeri Walisongo, Indonesia
Fahrurrozi Fahrurrozi  -  Universitas Islam Negeri Walisongo, Indonesia

(*) Corresponding Author

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi ekstrakurikuler kewirausahaan serta faktor pendukung dan penghambat ekstrakurikuler kewirausahaan di SMA Mazra’atul Ulum Paciran Lamongan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Perencanaan ekstrakurikuler kewirausahaan mencakup: Penetapan tujuan, penetapan pembina, penetapan peserta, penyusunan program kerja, penetapan jadwal dan tempat ekstrakurikuler kewirausahaan. (2) Implementasi ekstrakurikuler kewirausahaan merupakan pelaksanaan pembelajaran melalui beberapa kegiatan, di antaranya: pemilihan ide, proses produksi, pemasaran produk, pembuatan proposal, dan pelatihan public speaking. (3) Evaluasi ekstrakurikuler kewirausahaan dilakukan setiap akhir semester. Hal yang dievaluasi meliputi: kinerja pembina, pencapaian prestasi, kehadiran siswa, dan keaktifan siswa pada saat pembelajaran. (4) Faktor pendukung dalam pelaksanaan ekstrakurikuler kewirausahaan yaitu sarana dan prasarana yang memadai, pembina yang berkompeten, antusiasme siswa, sumber daya alam di daerah sekitar, dan daya dukung dari beberapa dinas. Faktor penghambatnya yaitu kedisplinan siswa, kekhawatiran orang tua pada anak saat perjalanan pulang, dan kurangnya pendanaan.

Keywords : manajemen; ekstrakurikuler; kewirausahaan

  1. Akbas, Dian. Womenpreneur Checklist. Stiletto Book, 2020.
  2. Ali, Aisyah M. Pendidikan Karakter: Konsep Dan Implementasinya. Prenada Media, 2018.
  3. Ambarwati, Sela. “Implementasi Ekstrakurikuler SC (Student Company) Dalam Membentuk Jiwa Wirausaha Peserta Didik Di SMKN 2 Buduran Kabupaten Sidoarjo.” Inspirasi Manajemen Pendidikan 4, no. 1 (2016).
  4. Anwar, Muhammad. “Pengantar Kewirausahaan Teori Dan Aplikasi.” Jakarta: Prenada, 2014.
  5. Arikunto, Suharsimi, and Abdul Jabar Safruddin. “Cepi, Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis Bagi Praktisi Pendidikan, Edisi Kedua.” Jakarta: Bumiaksara, 2010.
  6. Kurniadin, Didin, Imam Machali, and Meita Sandra. “Manajemen Pendidikan: Konsep & Prinsip Pengelolaan Pendidikan,” 2013.
  7. Mulyani, Endang. “Model Pendidikan Kewirausahaan Di Pendidikan Dasar Dan Menengah.” Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan 8, no. 1 (2011).
  8. Neolaka, Ir Amos. Isu-Isu Kritis Pendidikan: Utama Dan Tetap Penting Namun Terabaikan. Prenada Media, 2019.
  9. Pemerintah, Peraturan. “Standar Nasional Pendidikan, No. 19 Tahun 2005, Bab vi, Pasal 28, Butir 1,” n.d.
  10. Permendikbud. “Implementasi Kurikulum Pedoman Kegiatan Ekstrakurikuler, No.81 A,” 2013.
  11. Permendiknas. “Pembinaan Kesiswaan Nomor 39,” 2008.
  12. ———. “Pengelolaan Pendidikan Oleh Satuan Pendidikan Nonformal, Nomor 48,” 2007.
  13. Prihatin, Eka. “Manajemen Peserta Didik.” Bandung: Alfabeta, 2011.
  14. ———. “Teori Administrasi Pendidikan.” Bandung: Alfabeta, 2011.
  15. Sari, Anggri Puspita, Dina Dewi Anggraini, Marlynda Happy Nurmalita Sari, Dyah Gandasari, Valentine Siagian, Ri Sabti Septarini, Diena Dwidienawati Tjiptadi, Oris Krianto Sulaiman, Muhammad Munsarif, and Prima Andreas Siregar. Kewirausahaan Dan Bisnis Online. Yayasan Kita Menulis, 2020.
  16. Sari, Nina Permata, Muhammad Andri Setiawan, and Muhammad Zaini. Layanan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Public Speaking Bagi Konseli/Siswa SMK (Petunjuk Guru BK/Konselor Di Tingkat Sekolah Menengah Kejuruan). Deepublish, 2019.
  17. Saroni, Mohammad. “Mendidik Dan Melatih Entrepreneur Muda.” Membuka Kesadaran Atas Pentingnya Kewirausahaan Bagi Anak Didik. Jakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.
  18. Serian, Wijatno. “Pengantar Entrepreneurship.” Jakarta: Grasindo, 2009.
  19. SMA, Direktorat Pembinaan. “Juknis Penyusunan Program Pengembangan Diri Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Di SMA.” Jakarta, 2010.
  20. ———. “Pedoman Program Kewirausahaan SMA,” 2019, 9.
  21. Sugihartono, Fathiyah K N, F Harahap, F A Setiawati, and S R Nurhayati. “Psikologi Pendidikan. Yogyakarta.” UNY Press, 2007.
  22. Suryosubroto, B. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah: Wawasan Baru, Beberapa Metode Pendukung, Dan Bebrapa Komponen Layanan Khusus. Jakart: Rineke Cipta, 2009.
  23. Wibowo, Agus. “Pendidikan Kewirausahaan (Konsep Dan Strategi).” Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Open Access Copyright (c) 2020 Jawda: Journal of Islamic Education Management
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Index by:

 
Editorial Office of Jawda: Journal of Islamic Education Management

Islamic Education Management Department Faculty of Education and Teacher Training Universitas Islam Negeri Walisongo
 
Jl. Prof. Dr. Hamka Kampus II UIN Walisongo Ngaliyan Semarang Indonesia

Phone: +62-024-760455

 
Creative Commons License

Jawda: Journal of Islamic Education Management by https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jawda is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. 

Web Analytics View My Stats

apps