Strategi Manajemen Pemasaran Sekolah Dalam Peningkatan Kuantitas Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.21580/jawda.v3i1.2022.10641Keywords:
peserta didik, manajemen pemasaranAbstract
Kompetisi antar lembaga pendidikan semakin ketat sehingga sekolah perlu melakukan manajemen pemasaran sekolah dengan baik yang bertujuan untuk meningkatkan kuantitas peserta didik. Fokus penelitian ini adalah strategi manajemen pemasaran sekolah dalam peningkatan kuantitas peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan faktor eksternal serta pola strategi manajemen pemasaran sekolah. Penelitian ini dilakukan di SDIT Luqman Al Hakim Internasional Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, kurikulum, kesiswaan, sarpras, TU, dan wali murid SDIT LHI. Metode penelitian ini adalah kulitatif deskriptif pendekatan studi kasus. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan kuesioner. Data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, analisis SWOT, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan model triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam melakukan manajemen pemasaran untuk meningkatkan kuantitas peserta didik di SDIT LHI terdapat: (1) Faktor internal berupa kekuatan, (2) Faktor eksternal berupa peluang, dan (3) Pola strategi pemasaran terletak pada kuadran I strategi agresif (strength opportunity).
Downloads
References
Abrori, Maskub, “Strategi Pemasaran Lembaga Pendidikan untuk Meningkatkan Jumlah Peserta Didik di PG/TK Samarinda”, Syamil, vol. 3: 2, 2015.
Agusna, Chairi, Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Peningkatan Pelanggan di SMKN 1 Pasie Raya Aceh Jaya, Skripsi, Banda Aceh: Program Sarjana UIN Ar-Raniry, 2020.
Arifin, Zainal, Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.
Bialon, Lidia, “Creating Marketing Strategies for Higher Education Institutions”, MINIB, vol. 18: 4, 2015.
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia ed. 4, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2008,
Dwi Prasetyo, Danang, Pengelolaan Sekolah Islam Terpadu dalam Perspektif Administrasi Pendidikan, Yogyakarta: STAIT JOGJA, 2011.
Famela, Galisa A., Implementasi Strategi pemasaran Pendidikan (Studi Kasus di MTs Negeri 2 Bandar Lampung), Skripsi, Lampung: Program Sarjana UIN Raden Intan, 2019.
Labaso’, Syahrial “Penerapan Marketing Mix sebagai Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan di MAN 1 Yogyakarta”, Manageria, vol. 3: 2, 2018.
Lockhart, Johanna M., How to market your school: A guide to marketing, public relations, and communication for school administrators, USA: Iunivers Inc., 2011.
Machali, Imam, dan Ara Hidayat, The Handbook of Education Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia, Jakarta: Kencana, 2016.
Munir, Muhammad “Manajemen Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Kuantitas Peserta Didik”, Intizam: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol 1: 2, 2018.
Mustari, Mohamad, Manajemen Pendidikan, Depok: Raja Grafindo Persada, 2014.
Nugrahani, Farida, Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa, Surakarta: tp., 2014.
Rangkuti, Freddy, Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2016.
Tarantein, Elvis Fernando, dkk., “Perencanaan Strategi Marketing Mix dalam meningkatkan Kuantitas Peserta Didik”, Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, vol. 3: 3, 2019.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), pasal 1.
Wijaya, David, Pemasaran Jasa Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2016.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Data Pokok Pendidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, https://dapo.kemdikbud.go.id/rombel/3/040113 diakses pada tanggal 16 Februari 2021 pukul 21:10 WIB.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).