Strategi Manajemen Pemasaran Sekolah Dalam Peningkatan Kuantitas Peserta Didik

Noor Afif Al Machturoh*  -  STAI Terpadu Yogyakarta
Rz. Ricky Satria Wiranata  -  STAI Terpadu Yogyakarta
Hanifah Noviandari  -  STAI Terpadu Yogyakarta

(*) Corresponding Author

Supp. File(s): Research Instrument

Kompetisi antar lembaga pendidikan semakin ketat sehingga sekolah perlu melakukan manajemen pemasaran sekolah dengan baik yang bertujuan untuk meningkatkan kuantitas peserta didik. Fokus penelitian ini adalah strategi manajemen pemasaran sekolah dalam peningkatan kuantitas peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan faktor eksternal serta pola strategi manajemen pemasaran sekolah. Penelitian ini dilakukan di SDIT Luqman Al Hakim Internasional Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, kurikulum, kesiswaan, sarpras, TU, dan wali murid SDIT LHI. Metode penelitian ini adalah kulitatif deskriptif pendekatan studi kasus. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan kuesioner. Data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, analisis SWOT, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan model triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam melakukan manajemen pemasaran untuk meningkatkan kuantitas peserta didik di SDIT LHI terdapat: (1) Faktor internal berupa kekuatan, (2) Faktor eksternal berupa peluang, dan (3) Pola strategi pemasaran terletak pada kuadran I strategi agresif (strength opportunity).

Supplement Files

Keywords: peserta didik, manajemen pemasaran

  1. Abrori, Maskub, “Strategi Pemasaran Lembaga Pendidikan untuk Meningkatkan Jumlah Peserta Didik di PG/TK Samarinda”, Syamil, vol. 3: 2, 2015.
  2. Agusna, Chairi, Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Peningkatan Pelanggan di SMKN 1 Pasie Raya Aceh Jaya, Skripsi, Banda Aceh: Program Sarjana UIN Ar-Raniry, 2020.
  3. Arifin, Zainal, Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.
  4. Bialon, Lidia, “Creating Marketing Strategies for Higher Education Institutions”, MINIB, vol. 18: 4, 2015.
  5. Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia ed. 4, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2008,
  6. Dwi Prasetyo, Danang, Pengelolaan Sekolah Islam Terpadu dalam Perspektif Administrasi Pendidikan, Yogyakarta: STAIT JOGJA, 2011.
  7. Famela, Galisa A., Implementasi Strategi pemasaran Pendidikan (Studi Kasus di MTs Negeri 2 Bandar Lampung), Skripsi, Lampung: Program Sarjana UIN Raden Intan, 2019.
  8. Labaso’, Syahrial “Penerapan Marketing Mix sebagai Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan di MAN 1 Yogyakarta”, Manageria, vol. 3: 2, 2018.
  9. Lockhart, Johanna M., How to market your school: A guide to marketing, public relations, and communication for school administrators, USA: Iunivers Inc., 2011.
  10. Machali, Imam, dan Ara Hidayat, The Handbook of Education Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia, Jakarta: Kencana, 2016.
  11. Munir, Muhammad “Manajemen Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Kuantitas Peserta Didik”, Intizam: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol 1: 2, 2018.
  12. Mustari, Mohamad, Manajemen Pendidikan, Depok: Raja Grafindo Persada, 2014.
  13. Nugrahani, Farida, Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa, Surakarta: tp., 2014.
  14. Rangkuti, Freddy, Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2016.
  15. Tarantein, Elvis Fernando, dkk., “Perencanaan Strategi Marketing Mix dalam meningkatkan Kuantitas Peserta Didik”, Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, vol. 3: 3, 2019.
  16. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), pasal 1.
  17. Wijaya, David, Pemasaran Jasa Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2016.
  18. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Data Pokok Pendidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, https://dapo.kemdikbud.go.id/rombel/3/040113 diakses pada tanggal 16 Februari 2021 pukul 21:10 WIB.

Open Access Copyright (c) 2022 Noor Afif Al Machturoh, Rz. Ricky Satria Wiranata, Hanifah Noviandari
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
index by:

 

 

Editorial Office of Jawda: Journal of Islamic Education Management


Islamic Education Management Department Faculty of Education and Teacher Training Universitas Islam Negeri Walisongo
 
Jl. Prof. Dr. Hamka Kampus II UIN Walisongo Ngaliyan Semarang Indonesia

Phone: +62-024-760455

 
Creative Commons License

 Jawda: Journal of Islamic Education Management by https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jawda is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. 

Web Analytics View My Stats

apps