Universitas Halu Oleo Kendari - Indonesia
STUDI TENTANG KESADARAN BERPIKIR METAKOGNISI MAHASISWA SEMESTER I JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UHO
Penelitian ini bertujuan untuk (1) meninjau kesadaran metakognisi mahasiswa Jurusan
Pendidikan Matematika FKIP UHO secara umum, (2) meninjau kesadaran metakognisi
mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika FKIP UHO berdasarkan nilai UN Matematika
di SMA, (3) meninjau kesadaran metakognisi mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika
FKIP UHO berdasarkan asal SMA, dan (4) meninjau kesadaran metakognisi mahasiswa
Jurusan Pendidikan Matematika FKIP UHO berdasarkan jenis kelamin. Kedasaran
metakognisi mahasiswa terdiri atas 4 tingkatan/level yakni level 1 (tacit use), level 2
(aware use), level 3 (strategic use), dan level 4 (reflective use). Berdasarkan hasil
penelitian disimpulkan bahwa: (1) Umumnya (53,9%) Tingkat Kesadaran Metakognisi
mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika FKIP UHO berada pada level 1 (tacit use),
dan sebagian kecil (12,7%) berada pada level 4 (reflective use). (2) Umumnya (55,82%)
mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika FKIP UHO yang memiliki nilai UN
matematika antara 70 sampai 90, dan hanya 13,95% memperoleh nilai UN matematika
90 ke atas. Dari nilai UN matematika mahasiswa yang kurang dari 90, umumnya masih
berada pada level 1 (tacit use), sedangkan nilai UN matematika mahasiswa 90 ke atas
umumnya sudah berada pada level 4 (reflective use). (3) Umumnya (53,97%) mahasiswa
Jurusan Pendidikan Matematika FKIP UHO berdomisili di luar kota. Dan dari mahasiswa
yang berdomisili diluar kota tersebut, umumnya (61,77%) tingkat kesadaran metakognisi
mahasiswa masih berada pada Level 1 (tacit use), dan hanya 2,94% berada pada level 4
(reflective use). Sedangkan mahasiswa yang berdomisili di kota, tingkat kesadaran
metakognisi mahasiswa yang berada pada Level 1 (tacit use) hanya 44,83%), dan pada
level 4 (reflective use) ada 24,14%. Dan (4) Umumnya (63,49%) mahasiswa Jurusan
Pendidikan Matematika FKIP UHO adalah perempuan. Sedangkan tingkat kesadaran
metakognisi mahasiswa antara laki-laki dan perempuan relatif sama.
Keywords: Kesadaran Merakognisi; Mahasiswa Semester I
- Anastasia Efklides, 2011, Interactions of Metacognition With Motivation and
- Affect in Self-Regulated Learning: The MASRL Model, EDUCATIONAL
- PSYCHOLOGIST, 46(1), 6–25, 2011, Copyright Division 15, American
- Psychological Association ISSN: 0046-1520.
- Anderson, Neil J., 2002, “The Role Of Metacognition in Second Language
- Teaching and Learning”. Digest April 2002. Tersedia pada:
- http://www.cal.org/ericcll /digest. Diakses pada 11 Februari 2006.
- Barbara K. Hofer, 2010, Epistemological Understanding as a Metacognitive
- Process: Thinking Aloud During Online Searching, Educational
- Psychologist, Version of record first published: 08 Jun 2010.
- Biryukov, P. ,2003, Metacognitive Aspect of Solving Combinatorics
- Problems. [Online]. http://www.cimt.pymouth.ac.uk/journal/biryukov.pdf
- Blakey and Spence, 1990, Developing Metacognition. ERIC Digest. [Online]:
- http://www.ericdigest.org/pre-9218/developing.htm. [19 Mar 2010].
- Christoph, Noor. 2006, The Role of Metacognitive Skills in Learning to Solve
- Problems Deutch: SIKS.
- Fitaria Sophianingtyas dan Bambang Sugiarto, 2013, Identifikasi Level Metakognitif
- Siswa dalam Memecahkan Masalah Materi Perhitungan Kimia , UNESA Journal of
- Chemical EducationVol. 2, No. 1, pp. 21-27 Januari 2013 ISSN: 2252-
- Garofalo, J. & Lester, F. K. ,1985, “Metacognition, Cognitive Monitoring,
- and Mathematical Performance”. Journal for Research in Mathematics
- Education.
- Huitt, William G.,1997, Metacognition.[Online]. http://tip.psychology.org/-
- meta.html. [17 Maret 2010] Keiichi, Shigematsu. (2000). “Metacognition in
- Mathematics Education”.Mathematics Education in Japan. Japan : JSME,
- July 2000.
- Kamid, 2013, Metakognisi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika (Studi
- Kasus pada Siswa SMP Berdasarkan Gender), Edumatica Volume 03 Nomor
- , April 2013, ISSN: 2088-2157.
- Kraler, Christian, 1995, Strategic Teaching and Reading Project Guidebook:
- Metacognition, Australia: North Central Regional Educational Laboratory.
- La Misu, 2015, Strategi Pengembangan Metakognisi Mahasiswa dalam
- Mempelajari Teori Bilangan Berdasarkan Model Pembelajaran Perilaku,
- Pendidikan Matematika UMP- Purwokerto, 12 Desember 2015, (Prosiding)
- Laurens,Theresia, 2009, Penjenjangan Metakognisi Siswa, Disertasi. Universitas
- Negeri Surabaya.
- Livingstone, Jennifer A.,1997, “Metacognition: An Overview”
- http://www.gse.buffalo.edu/fas/shuell/CEP564/Metacog.html.)
- Matlin, M. W., 2003, Cognition. Fifth Edition. Rosewood Drive, Danvers, MA:
- John Wiley & Sons, Inc.
- Marcel V.J. Veenman, 2004, The relation between intellectual and Metacognitiv
- skills from a developmental perspective, Learning and Instruction 14 (2004)
- –109.
- McIntosh, R. dan Jarret, D. (2000). Teaching Mathematical Problem Solving:
- Implementing The Vision. [Online]. Tersedia: http://www.nwrel.org/msec/
- images/mpm/pdf/ monograph.pdf [12 Mei 2008].
- Mulbar, Usman, 2008, “Metakognisi Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah
- Matematika”, Tersedia pada: http//www.usmanmulbar.files. wordpress. com.
- Diakses pada 8 Mei 2008.
- OLRC News. (2004), “Metacognition” Tersedia pada: http://www.literacy.
- kent.edu/ ohioeff/resource.doc.
- Papaleontiou, Eleonora. 2008. Metacognition and Theory of Mind, United
- Kingdom, Cambridge Schoolar Publishing
- Peirce, William, 2003, “Metacognition: Study Strategies, Monitoring, and
- Motivation”, http://www.academic.pgcc.edu /wpeirce/MCCCTR /index.html.
- Risnanosanti, 2008, Kemampuan Metakognitif siswa dalam Pembelajaran
- Matematika, Jurnal Pythagoras, Volume 4 No. 1, Juni 2008.
- Ryan A. Hargrove, 2012, Assessing the long-term impact of a metacognitive
- approach to creative skill development, Int J Technol Des Educ DOI 10.1007/
- s10798-011- 9200-6, _ Springer Science+Business Media B.V. 2012.
- Stanley Mohandoss Stephen & Xavier Pradheep Singh, 2010, Learning Grammar
- Autonomously through Metacognitive Strategies: An Experiment, Journal of
- NELTA Vol. 15 No. 1-2 December 2010.
- Slavin R.E., 2011, Psikologi Pendidikan Teori dan Praktek, Edisi kesembilan, PT.
- Indeks Jakarta.
- Swartz, Robert J. and Perkins, D. N, 1989, Teaching Thinking: Issues and
- Approaches. Revised Edition. The Practitioners' Guide to Teaching Thinking
- Series.
- Utu Rahim dan La Misu, 2015, The Resolution Integral Approach to
- Metacognition in Math Education Student of Halu Oleo University ,
- International Journal of Education and Research, Edisi Augustus 2015, Vol. 3
- no. 8.
- Wilson, Jeni dan Clark, David. 2004. Toward the Modelling of Mathematical
- Metacognition. Mathematics Education Research Journal, 2004, Vol. 16, No.
- , 25-48, University of Melbourne.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.