PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PRAKTIKUM ELEKTRONIKA DASAR I MATERI DIODA II MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA UIN WALISONGO TAHUN 2015

M. Najib Mustaqim Wenty Dwi Yuniarti Agus Sudarmanto*  -  Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walsiongo, Indonesia

(*) Corresponding Author

Modul praktikum merupakan bentuk bahan ajar yang digunakan mahasiswa sebagai panduan dalambelajar praktikum secara mandiri.Modul belum sepenuhnya memudahkan mahasiswa dalam mengerjakan praktikumdanditemukan kesalahan memahami prosedur kerja, terutama pada modul Praktikum Elektronika Dasar I materi Dioda II(sebagai penyearah). Oleh karena itu peneliti mengembangkan modul berbasis multimedia interaktif yang memberi gambaran Praktikum Elektronika Dasar I Materi Dioda II.

Penelitian ini merupakan penelitian R & D (Research and Development) dengan prosedur  pengembangan yaitu (1) Analisis kebutuhan, (2) Perancangan, (3) Pembuatan, (4) Pengujian, (5) Pengoperasian dan Pemeliharaan. Subjek dalam penelitian ini adalah 20 mahasiswa pra-penelitian, 4 Dosen penilai, 2 mahasiswa uji terbatas dan 13 mahasiswa uji luas. Teknik pengumpulan data  menggunakan  teknik  observasi, dokumentasi,dan  angket.  Teknik  analisis  data  yang digunakan menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian Pengembangan Modul Praktikum BerbasisMultimedia Interaktif pada Praktikum  Elektronika Dasar I Materi Dioda II  Mahasiswa Pendidikan Fisika UIN Walisongo Tahun 2015 diperoleh nilai rata-rata hasil uji keseluruhan 3,59 dan persentase keidealan 83% dengan rincian dari uji ahli bahan ajar sebesar 3,92 dan persentase keidealan 78%, dari uji ahli media sebesar 3,71 dan persentase keidealan 75%, dari dosen pengampu praktikum sebesar 3,72 dan persentase keidealan 94%, dari uji lapangan terbatas sebesar 3,30 dan persentase keidealan 83% dan dari uji lapangan luas sebesar 3,32 dengan persentase keidealan 83%. Dari data tersebut maka modul praktikum berbasis multimedia interaktif sangat baik digunakan mahasiswa sebagai panduan dalam melaksanakan praktikum.

Keywords: pengembangan modul praktikum, multimedia interaktif, dioda 2

  1. Andi, Prastowo, 2014, Pengembangan Bahan Ajar Tematik, Prenada Media Group, Jakarta
  2. Arsyad Ashar, 2003, Media Pembelajaran, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta
  3. Chandra, NAriadie, dkk., 2012, Modul Proteus Profesional 7.5 ISIS digital Simulation, Fakultas Teknik, UNY, Yogyakarta
  4. Damiri, DhamiJohar, Implementation Project Based Learnigon Local Area Network Training, International Journal of Basic and Aplied Science, dalam www.insikapub.com, diakses pada 02 Februari 2016
  5. Daryanto, 2013, Menyusun Modul (Bahan ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar), Gava Media, Yogyakarta
  6. Nurtantio, Pulung dan Arry Maulana S, 2013, Kreasikan Animasimu Dengan Adobe FLASH dalam membuat Sistem multimedia Interaktif, CV. ANDI OFFSET, Yogyakarta

Open Access Copyright (c) 2017 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
apps