PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PRAKTIKUM ELEKTRONIKA DASAR I MATERI DIODA II MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA UIN WALISONGO TAHUN 2015
Main Article Content
Abstract
Modul praktikum merupakan bentuk bahan ajar yang digunakan mahasiswa sebagai panduan dalambelajar praktikum secara mandiri.Modul belum sepenuhnya memudahkan mahasiswa dalam mengerjakan praktikumdanditemukan kesalahan memahami prosedur kerja, terutama pada modul Praktikum Elektronika Dasar I materi Dioda II(sebagai penyearah). Oleh karena itu peneliti mengembangkan modul berbasis multimedia interaktif yang memberi gambaran Praktikum Elektronika Dasar I Materi Dioda II.
Penelitian ini merupakan penelitian R & D (Research and Development) dengan prosedur pengembangan yaitu (1) Analisis kebutuhan, (2) Perancangan, (3) Pembuatan, (4) Pengujian, (5) Pengoperasian dan Pemeliharaan. Subjek dalam penelitian ini adalah 20 mahasiswa pra-penelitian, 4 Dosen penilai, 2 mahasiswa uji terbatas dan 13 mahasiswa uji luas. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi,dan angket. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian Pengembangan Modul Praktikum BerbasisMultimedia Interaktif pada Praktikum Elektronika Dasar I Materi Dioda II Mahasiswa Pendidikan Fisika UIN Walisongo Tahun 2015 diperoleh nilai rata-rata hasil uji keseluruhan 3,59 dan persentase keidealan 83% dengan rincian dari uji ahli bahan ajar sebesar 3,92 dan persentase keidealan 78%, dari uji ahli media sebesar 3,71 dan persentase keidealan 75%, dari dosen pengampu praktikum sebesar 3,72 dan persentase keidealan 94%, dari uji lapangan terbatas sebesar 3,30 dan persentase keidealan 83% dan dari uji lapangan luas sebesar 3,32 dengan persentase keidealan 83%. Dari data tersebut maka modul praktikum berbasis multimedia interaktif sangat baik digunakan mahasiswa sebagai panduan dalam melaksanakan praktikum.
Downloads
Article Details
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in PHENOMENON.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Andi, Prastowo, 2014, Pengembangan Bahan Ajar Tematik, Prenada Media Group, Jakarta
Arsyad Ashar, 2003, Media Pembelajaran, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta
Chandra, NAriadie, dkk., 2012, Modul Proteus Profesional 7.5 ISIS digital Simulation, Fakultas Teknik, UNY, Yogyakarta
Damiri, DhamiJohar, Implementation Project Based Learnigon Local Area Network Training, International Journal of Basic and Aplied Science, dalam www.insikapub.com, diakses pada 02 Februari 2016
Daryanto, 2013, Menyusun Modul (Bahan ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar), Gava Media, Yogyakarta
Nurtantio, Pulung dan Arry Maulana S, 2013, Kreasikan Animasimu Dengan Adobe FLASH dalam membuat Sistem multimedia Interaktif, CV. ANDI OFFSET, Yogyakarta