ANALISA TINGKAT PEMAHAMAN DAN MISKONSEPSI PADA MATERI LISTRIK STATIS MAHASISWA TADRIS FISIKA MENGGUNAKAN METODE 3-TIER MULTIPLE CHOICES DIAGNOSTIC

Main Article Content

Lalu A. Didik
Fitratul Aulia

Abstract

Telah dilakukan analisa tingkat pemahaman dan miskonsepsi mahasiswa tadris fisika Universitas Islam Negeri Mataram. Sub materi yang diuji disesuaikan dengan Rencana Pembelajaran Semester Mahasiswa pada Mata Kuliah Listrik Magnet yang mencakup Gaya Coulomb, Medan Listrik dan Potensial Listrik. Metode yang digunakan adalah 3-Tier Multiple Choices. Dalam metode ini ada tiga tahap jawaban mahasiswa yaitu jawaban konsep, alasan dan tingkat keyakinan. Berdasarkan hasil tes diagnostic terhadap mahasiswa diperoleh tingkat pemahaman penuh mahasiswa sebesar 42,92% dan tingkat miskonsepsi sebesar 23,61%. Mahasiswa mengalami miskonsepsi terbesar pada sub materi Medan listrik yaitu sebesar 37,50% dan terendah pada materi potensial listrik yaitu sebesar 10%. Walaupun persentase miskonsepsi tergolong kecil namun masih ada mahasiswa yang mengalami miskonsepsi pada setiap submateri.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Didik, L. A., & Aulia, F. (2019). ANALISA TINGKAT PEMAHAMAN DAN MISKONSEPSI PADA MATERI LISTRIK STATIS MAHASISWA TADRIS FISIKA MENGGUNAKAN METODE 3-TIER MULTIPLE CHOICES DIAGNOSTIC. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 9(1), 99–111. https://doi.org/10.21580/phen.2019.9.1.2905
Section
Articles
Author Biography

Lalu A. Didik, Universitas Islam Negeri Mataram

Program Studi Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

References

Ambarwati, Roro Dwi. 2011. Miskonsepsi pada Materi Kelistrikan, Kemagnetan, dan Tata Surya Siswa SMP. Skripsi Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Semarang

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara

Berg, Euwe Van Den. 1991. Miskonsepsi Fisika dan Remidiasi. Pengantar Lokakarya di Universitas Kristen Satya Wacana 7 – 10 Oktober 1990. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana

Desvi. 2009. Analisis Miskonsepsi siswa SMA PGRI Padang Kelas XI IPA Dalam Materi Kesetimbangan dengan Remidiasi. www.scribd.com. Diakses 24 Desember 2018

Fitria, Analisa. 2014. Miskonsepsi Mahasiswa dalam Menentukan Grup pada Struktur Aljabar Menggunakan Certainty of Response Index (CRI) di Jurusan Pendidikan Matematika IAIN Antasari. JPM IAIN Antasari Vol. 01 No. 2 Hal. 45-60

Frederick J. Bueche. 1999. Seri Buku Schaum Teori dan Soal-Soal Fisika Edisi Delapan (terjemahan). Jakarta: Penerbit Erlangga

Griffiths, D. J. 1994. Introduction to Electromagnetics. Prectice Hall: New Jersey

Gurel, D. K., A. Eryilmaz, dan L. C. McDermott. (2015). A Review and Comparison of

Diagnostic Instruments to Identify Students’ Misconception in Science. Eurasia Journal of Mathematics, Science, & Technology Education, 11 (5): 989-1008.

Kucuk, M., S. Cepni, dan M. Gokdere. 2005. Turkish Primary Schools Students’ Alternative Conception about Work, Power and Energy. Journal of Physics Teacher Education Online, 3(2): 22-28. Online. Tersedia di http://jpteo.com [diakses 30-09-2018].

Aufa Maulida Fitrianingrum, Sarwi, Budi Astuti. 2017. Penerapan Instrumen Three-Tier Test untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa SMA pada Materi Keseimbangan Benda Tegar. Jurnal Phenomenon. 7 (2). 88-98

Pesman, Haki. 2005. Development of Three Tier Test to Assess Ninth Grade Students Misconception About Simple Electric Circuits. Thesis

Sri Wahyuningsih, Ani Rusilowati, Nathan Hindarto. 2018. Analisis Miskonsepsi Literasi Sains Menggunakan Three Tier Multiple Choice Test Materi Cahaya. Jurnal Phenomenon. 8 (2). 114-128.

Suparno, Paul. 2007. Metodologi Pembelajaran Fisika Konstruktivistik & Menyenangkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Tayubi, Y. R. 2005. Identifikasi Miskonsepsi pada Konsep-Konsep Fisika Menggunakan Certainty of Response Index (CRI). Mimbar Pendidikan No 3/X/XIV/2005. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.