ANALISA TINGKAT PEMAHAMAN DAN MISKONSEPSI PADA MATERI LISTRIK STATIS MAHASISWA TADRIS FISIKA MENGGUNAKAN METODE 3-TIER MULTIPLE CHOICES DIAGNOSTIC
Main Article Content
Abstract
Telah dilakukan analisa tingkat pemahaman dan miskonsepsi mahasiswa tadris fisika Universitas Islam Negeri Mataram. Sub materi yang diuji disesuaikan dengan Rencana Pembelajaran Semester Mahasiswa pada Mata Kuliah Listrik Magnet yang mencakup Gaya Coulomb, Medan Listrik dan Potensial Listrik. Metode yang digunakan adalah 3-Tier Multiple Choices. Dalam metode ini ada tiga tahap jawaban mahasiswa yaitu jawaban konsep, alasan dan tingkat keyakinan. Berdasarkan hasil tes diagnostic terhadap mahasiswa diperoleh tingkat pemahaman penuh mahasiswa sebesar 42,92% dan tingkat miskonsepsi sebesar 23,61%. Mahasiswa mengalami miskonsepsi terbesar pada sub materi Medan listrik yaitu sebesar 37,50% dan terendah pada materi potensial listrik yaitu sebesar 10%. Walaupun persentase miskonsepsi tergolong kecil namun masih ada mahasiswa yang mengalami miskonsepsi pada setiap submateri.
Downloads
Article Details
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in PHENOMENON.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Ambarwati, Roro Dwi. 2011. Miskonsepsi pada Materi Kelistrikan, Kemagnetan, dan Tata Surya Siswa SMP. Skripsi Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Semarang
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara
Berg, Euwe Van Den. 1991. Miskonsepsi Fisika dan Remidiasi. Pengantar Lokakarya di Universitas Kristen Satya Wacana 7 – 10 Oktober 1990. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana
Desvi. 2009. Analisis Miskonsepsi siswa SMA PGRI Padang Kelas XI IPA Dalam Materi Kesetimbangan dengan Remidiasi. www.scribd.com. Diakses 24 Desember 2018
Fitria, Analisa. 2014. Miskonsepsi Mahasiswa dalam Menentukan Grup pada Struktur Aljabar Menggunakan Certainty of Response Index (CRI) di Jurusan Pendidikan Matematika IAIN Antasari. JPM IAIN Antasari Vol. 01 No. 2 Hal. 45-60
Frederick J. Bueche. 1999. Seri Buku Schaum Teori dan Soal-Soal Fisika Edisi Delapan (terjemahan). Jakarta: Penerbit Erlangga
Griffiths, D. J. 1994. Introduction to Electromagnetics. Prectice Hall: New Jersey
Gurel, D. K., A. Eryilmaz, dan L. C. McDermott. (2015). A Review and Comparison of
Diagnostic Instruments to Identify Students’ Misconception in Science. Eurasia Journal of Mathematics, Science, & Technology Education, 11 (5): 989-1008.
Kucuk, M., S. Cepni, dan M. Gokdere. 2005. Turkish Primary Schools Students’ Alternative Conception about Work, Power and Energy. Journal of Physics Teacher Education Online, 3(2): 22-28. Online. Tersedia di http://jpteo.com [diakses 30-09-2018].
Aufa Maulida Fitrianingrum, Sarwi, Budi Astuti. 2017. Penerapan Instrumen Three-Tier Test untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa SMA pada Materi Keseimbangan Benda Tegar. Jurnal Phenomenon. 7 (2). 88-98
Pesman, Haki. 2005. Development of Three Tier Test to Assess Ninth Grade Students Misconception About Simple Electric Circuits. Thesis
Sri Wahyuningsih, Ani Rusilowati, Nathan Hindarto. 2018. Analisis Miskonsepsi Literasi Sains Menggunakan Three Tier Multiple Choice Test Materi Cahaya. Jurnal Phenomenon. 8 (2). 114-128.
Suparno, Paul. 2007. Metodologi Pembelajaran Fisika Konstruktivistik & Menyenangkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Tayubi, Y. R. 2005. Identifikasi Miskonsepsi pada Konsep-Konsep Fisika Menggunakan Certainty of Response Index (CRI). Mimbar Pendidikan No 3/X/XIV/2005. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.