PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SAINS MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN CD INTERAKTIF PADA TOPIK MATTER AND ITS STATE KELAS VII SISWA RSBI

Jarwadi, Sugiyanto, A. Yulianto Jarwadi*  -  SMP N 1 Ungaran, Jurusan Fisika Unnes, Indonesia

(*) Corresponding Author

Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran sains dengan model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan CD interaktif pada materi Matter and Its State kelas VII yang valid dan efektif. Valid jika memenuhi validitas isi yang ditentukan oleh para ahli. Efektif jika  memenuhi tiga indikator keefektifan :  (1) lebih dari 50% siswa memberi respon minat positif terhadap perangkat pembelajaran, (2) 75% siswa tuntas belajar secara klasikal (3) keaktifan siswa selama proses pembelajaran menunjukkan peningkatan skor. Populasi uji coba  dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ungaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan modifikasi model 4-D dengan tahap define, design, dan develop, (desseminate ditiadakan). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi lesson plan, worksheet, CD interaktif dan tes prestasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rancangan perangkat pembelajaran seperti disebutkan di atas sudah dilakukan revisi secara bertahap sesuai penilaian dari para ahli dan teman sejawat, hasilnya adalah penilaian lesson plan berkriteria sangat baik (rata-rata 89,3 dari skor teringgi 100), penilaian worksheet berkriteria sangat baik (rata-rata 3,57 dari skor maksimum 4,00), dan penilaian CD interaktif berkriteria sangat baik (rata-rata 3,81 dari skor maksimum 4,00). Jadi perangkat tersebut valid untuk diimplementasikan. Hasil uji coba lapangan menunjukkan ketuntasan pembelajaran mencapai 91,7%, keaktifan mengalami peningkatan mencapai rata-rata 3,57 dalam kategori cukup aktif, dan 91,66% siswa menunjukkan respon minat positif terhadap pembelajaran. Hal tersebut menunjukkan perangkat pembelajaran mencapai  valid dan efektif.

Keywords: perangkat pembelajaran, STAD, CD Interaktif

  1. Adesoji, F. A. and T. L. Ibraheem. 2009. Effects of Student Teams Achievement Divisions Strategy and Mathemathics Knowledge on Learning Outcomes in Chemical Kinetics. The Journal of International Social Research, 6(2): 15-23.
  2. Adri, M. & N. Azhar. 2008. Pengembangan Paket Multimedia Interaktif Sebagai Sarana Belajar Mandiri Mahasiswa. Makalah dipresentasikan pada Seminar Nasional Konstribusi Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) dalam Pencapaian Milenium Development Goals (MDGs), Universitas Terbuka Tangerang Banten, 10 Maret.
  3. Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi VI. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  4. Bruce, C. A. 2009. Cooperative Learning: New Promise for Today’s Diverse Classrooms. National Association of Elementary Principals, 1: 1-2.
  5. Depdiknas. 2008. Media Pembelajaran dan Sumber Belajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
  6. Duncan, T. & H. Kennett. 2011. Physics (14th ed). London: Cambridge University Press.
  7. Herlanti, Y., N.Y. Rustaman, & W. Setiawan. 2007. Konstribusi Wacana Multimedia Terhadap Pemahaman dan Retensi Siswa. Jurnal Pendidikan IPA Metamorfosa, 2(1): 29-38.
  8. Kamwing, C. 2004. Using Jigsaw II in Teacher Education Programmes. Hongkong Teacher Centre Journal, 3: 91-97.
  9. Miller, C.K. and R.L. Peterson. Cooperative Learning. 2003. The Safe and Responsive Schools Project, 2: 1-2.
  10. Nugraheni, D. 2010. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Inquiry Melalui Lesson Study. Tesis. Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang.
  11. Sardiman, A.M. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja GrafindoPersada.
  12. Seymour, S. R. 1994. Operative Computer Learning with Cooperative Task and Reward Structures. Journal Technology Education, 5(2): 19-30.
  13. Slavin, R.E. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik (terjemahan). Bandung: Nusa Media.
  14. Sutikno, S. 2009. Belajar dan Pembelajaran Upaya Kreatif dalam Mewujudkan Pembelajaran yang Berhasil. Bandung: Prospect.
  15. Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.
  16. Youssef, A.B. & M. Dahmani. 2008. The Impact of ICT on Student Performance in Higher Education: Direct Effects, Indirect Effects and Organisational Change. Revista de Universidad y Sociedad del Conocimiento (RUSC), 5: 45-55.

Open Access Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps