Validitas Flash Card Spermatophyta Sebagai Penunjang Pembelajaran Botani Tumbuhan Tinggi
DOI:
https://doi.org/10.21580/bioeduca.v4i1.10716Keywords:
flash card, spermatophyta, validitasAbstract
Botani Tumbuhan Tinggi merupakan mata kuliah yang mengkaji tentang tumbuhan berbiji. Banyaknya konsep yang perlu dipelajari menjadikan mata kuliah ini sering dianggap sebagai mata kuliah hafalan. Oleh karena itu diperlukan media penunjang dalam prosesnya pembelajarannya. Flash card adalah salah satu alternatif media pembelajaran yang dapat dikembangkan dalam rangka menghadirkan berbagai spesies tumbuhan di alam ke dalam sebuah kartu yang memudahkan mahasiswa prinsip pengelompokkan berbagai spesies tanpa harus menghafal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas flash card spermatophyta sebagai penunjang pembelajaran Botani Tumbuhan Tinggi. Jenis penelitian ini adalah Research and Development, uji validitas flash card menggunakan Evaluasi Formatif Tessmer yang dibatasi pada tahap uji pakar. Hasil uji validasi ahli media diperoleh skor rata-rata sebesar 79,5% dan hasil validasi ahli materi diperoleh skor rata-rata sebesar 83,6%. Berdasarkan hasil skor rata-rata dapat disimpulkan bahwa flash card yang dikembangkan valid dan dapat digunakan sebagai media untuk menunjang pembelajaran Botani Tumbuhan Tinggi.Downloads
References
Afif, I. (2015). Kontribusi Pemanfaatan Medua Massa sebagai Syumber Belajar dengan Hasil Belajar Mata Kuliah Studi Bencana Mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi Tahun 2015. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Afriansyah, Z.R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Flash Card yang Dilengkapi dengan Gambar pada Materi Sistematika Vertebrata untuk Siswa Kelas X SMA. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi.
Akbar, Sa’dun. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Astami, Timur Sri. (2010). Efektivitas penggunaan Media Flashcard dalam Pengajaran Kakikata To Yomikata III pada Mahasiswa UBINUS Semester Tiga Tahun Akademik 2010/2011. Jurnal Lincua Cultura 4(2), hal. 183-190.
Astuti, W.D. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Flash Card Berbasis Kearifan Lokal Etnobotani Masyarakat Using di SMA Kabupaten Banyuwangi (kelas X Pokok Bahasan Dunia Tumbuhan). Skripsi: Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.
Candraloka, O.R & Azzah N.L. (2018). Developing colour guide flashcard helping song to improve speaking skill. 1st International Conference on Education and Social Science Research (ICESRE 2018). Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 287, 161-165.
Dewi, K.P. (2017). Pengembangan media flash card berbasis mindscape pada pembelajaran IPS Dasar bagi mahasiswa PGSD UAD. Tajdidukasi, VII (1), 19-26.
Fitriyani, Eka dan Putri Zulmi Nulanda. (2017). Efektivitas media flash cards dalam meningkatkan kosakata bahasa inggris. Psymphatic. Jurnal Ilmiah Psikologi 4(2), hal. 167-182.
Gelfgren, Veronica. (2012). Fun with Flashcards: 150+ Ideas for Using Flashcards in the Classroom. Svenska Kulturfonden.
Hartati, A.T. (2018). Kelayakan Flash Card Submateri Manfaat Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA Kabupaten Landak. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Pendidikan Matematika dan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak.
Hatiningsih, Nuligar & Putri A. (2018). Implementing flashcard to improve the early reading skill. 4th ASEAN Conference on Psychology, Counselling, and Humanities (ACPCH 2018). Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), 304, 291-294.
Hidayat, Dian Novi dan Citra Fitri Kholidya. (2018). Pengembangan media visual flashcard dalam model inkuiri pada mata pelajaran bahasa inggris bagi siswa kelas VII di SMP Bahrul Ulum Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 9(2), hal.1-10.
Indriana, Dina. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogjakarta: DIVA Press.
Kurniawati, Ika Dyah. (2017). Pengembangan Media Flashcard pada Pembelajaran IPA Materi Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri Terhadap Lingkungan Kelas V SD Negeri Gundi Grobogan. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Maemonah, S. (2020). Pengembangan Media Flash Card pada Pembelajaran PAI Ayat tentang Toleransi di SMAN 1 Getasan Kabupaten Semarang Tahun 2020. Tesis. Magister Pendidikan Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.
Mizwar, K. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard pada Tema Peduli Lingkungan Sosial Kelas III Sekolah Dasar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi.
Mulyani, S. (2017). Penggunaan media kartu (flash card) dalam meningkatkan hasil belajar konsep mutasi bagi peserta didik kelas XII. Jurnal Profesi Keguruan, 3 (2), 143-148.
Mulyorini & Sri H. (2014). Penggunaan Media Flash Card dalam Model Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn Kelas V SDN Ngagel Rejo I/396 Surabaya. JPGSD Volume 02 Nomor 02.
Murti, W. (2019). Peningkatan hasil belajar mahasiswa biologi melalui penggunaan media flashcard pada mata kuliah ekologi tumbuhan. Jurnal Al-Ahya 1(1), 135-143.
Nurrita, Teni. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171-187.
Panjaitan, R., Ganda P., Titin, & Neuwidia N.P. (2020). Multimedia interaktif berbasis game edukasi sebagai media pembelajaran materi sistem pernapasan di kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 8 (1), 141-151.
Pradana, A.B. (2020). Studi literatur media pembelajaran flash card dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran perekayasaan sistem radio dan televisi. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Volume 09 Nomor 03 Tahun 2020, 575-583.
Said, A. & Andi B. (2013). Strategi Mengajar Multiple Intelligences: Mengajar Sesuai Kerja Otak dan Gaya Belajar Siswa. Jakarta: Prenadamedia Group.
Saroh, Imah. (2016). Pengembangan Media Flashcard Fun Thinkers Tematik sebagai Pendukung Pembelajaran Saintifik pada Siswa Kelas II SDN Karang Tempel. Skripsi. Universitas PGRI Semarang.
Setyawan, P. & Muslimin I. (2019). Pengembangan Media Flashcard berbasis Pictorial Riddle pada Materi Plantae untuk Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Konsep Sisea SMA/MA Kelas X. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 8 (2), 260-269.
Sudjana dan Rivai. (2002). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Susilana, Rudi & Cepi Riyana. (2009). Media Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Wijayanto, R. & Sutriyono. (2018). Pengembanagan media flashcard pada materi pythagoras bagi siswa kelas VIII SMP. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1 (1), 71-76.
Zuhriyyah, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Flash Card IPA pada Anak Tunarungu Kelas VII SMPLB. Skripsi: Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.