PENGEMBANGAN FOUR-TIER MULTIPLE CHOICE DIAGNOSTIC TEST UNTUK MENDETEKSI PEMAHAMAN KONSEP KOGNITIF MATERI KATABOLISME PADA PESERTA DIDIK KELAS XII SMA / MA

Umi Salamah, Nur Khasanah, Nur Hayati

Abstract


Penelitian ini mengembangkan Four-tier multiple choice diagnostic test (tes diagnostik pilihan ganda empat tingkat) pada materi katabolisme. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik butir soal instumen tes diagnostik empat tingkat, dan mendeteksi pemahaman konsep kognitif yang dialami peserta didik pada materi katabolisme. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Subjek uji coba adalah peserta didik kelas XII IPA MAN 2 Semarang tahun ajaran 2018/2019. Metode pengambilan data yang digunakan adalah wawancara, tes, pengisian angket, dan dokumentasi. Tes diagnostik terdiri dari empat tingkat, yaitu tingkat pertama terdiri dari pertanyaan dengan satu kunci jawaban dan empat pengecoh, tingkat kedua terdiri dari tingkat keyakinan jawaban, tingkat ketiga terdiri dari pilihan alasan, dan tingkat keempat terdiri dari tingkat keyakinan alasan. Instrumen yang dihasilkan berupa kisi-kisi, petunjuk pengerjaan soal, soal tes, kunci jawaban, petunjuk pengisian lembar jawaban, lembar jawaban, pedoman penskoran, dan pedoman interpretasi hasil. Instrumen soal ini layak digunakan berdasarkan uji validasi oleh empat dosen yakni dua dosen ahli materi dan dua dosen ahli evaluasi. Instrumen yang dikembangkan sebanyak 40 butir soal. Hasil validasi menunjukkan 37 butir soal valid, dan 3 butir soal tidak valid dan semua reliabel. Reliabilitas butir soal yang dikembangkan masuk kategori tinggi yaitu sebesar 0,894. Produk akhir butir soal yang dihasilkan mempunyai jumlah 37 butir soal terdiri dari 4 butir soal mudah, 24 butir soal sedang, dan 9 butir soal susah. Butir soal yang dikembangkan juga memiliki daya beda dengan kategori  4 butir soal cukup baik dan 33 butir soal baik. sebanyak 18 indikator soal ditemukan mengalami miskonsepsi. Miskonsepsi tertinggi ditemukan pada konsep analisis peran enzim. Miskonsepsi terendah ditemukan pada konsep analisis peran ATP dan perubahan molekul saat transpor elektron dan fosforilasi oksidatif

Keywords


four-tier multiple choice diagnostic test, pemahaman konsep kognitif, miskonsepsi, katabolisme

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S.(2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Caleon, Imelda S. & Subramaniam, R. (2010). Do Students Know What They Know and What They Don’t Know? Using a Four-Tier Diagnostic Test to Assess the Nature of Students’ Alternative Conceptions. Research in Science Education. 40(3), 313–337.

Fariyani, Qisthi, dkk. (2015). Pengembangan Four-Tier Diagnostic Test Untuk Mengungkap Miskonsepsi Fisika Siswa SMA Kelas X. Journal of Innovative Science Education .4(2), 41-49.

Gall,M. D., Gall, J.P. & Borg, W.R. (2003). Educational Research and Education Sevent Edition. USA: Pearson Education Inc.

Gurel, Derya Kaltakci, dkk. (2015). A Review and Comparison of Diagnostic Instruments to Identify Students’ Misconceptions in Science. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education . 11(5), 989-1008.

Mustaqim, Tri Ade, dkk. (2014). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Dengan Menggunakan Metode Certainty Of Response Index (CRI) Pada Konsep Fotosintesis Dan Respirasi Tumbuhan. Jurnal EDUSAINS. 4(2), 146–152.

Rahmatan, H & Liliasari. (2014). Pengetahuan Awal Calon Guru Biologi Tentang Konsep Katabolisme Karbohidrat (Respirasi Seluler). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia.1(1), 91-97.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitati, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2011). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Rosdakarya Offset.

Suparno, Paul. (2005). Miskonsepsi & Perubahan Konsep Dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik dalam Pembelajaran: Panduan praktis bagi pendidik dan calon pendidik. Dalam Widodo (Ed.). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Suwarto. (2010). Pengembangan The Two-Tier Diagnostic Tests Pada Bidang Biologi Secara Terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 14 (2), 206-224.

Syah, Muhibbin. (2014). Telaah Singkat Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rajawali Pers.

Tambunan, Twentyna Junita. (2015). Analisis miskonsepsi siswa pada materi metabolisme di kelas XII IPA SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2014/2015. Skripsi. Medan: Jurusan biologi. FMIPA. Universitas Negri Medan.

Tekkaya, Ceren. (2002). Misconceptions As Barrier To Understanding Biology. Journal of Universitas Hacettepe Ankara. Edisi 23, 259-266.

Wijaya, M. H., Surato, Aminuddin H.P. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Mata Pelajaran IPA SMP. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan,17 (1), 19-36.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 BIOEDUCA : Journal of Biologi Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.