Pengembangan Big Book untuk Meningkatkan High Order Thinking Skill Siswa SMP

Aisyah Ummu Jamil*  -  Pendidikan Biologi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
Listyono Listyono  -  Pendidikan Biologi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
Bunga Ihda Norra  -  Pendidikan Biologi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik desain prototipe big book, menguji kelayakan big book untuk digunakan sebagai sumber belajar siswa SMP, dan menguji efektivitas big book untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran siswa SMP. Penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian ADDIE menurut Branch. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster sample. Data yang diperoleh terdiri dari data observasi, angket uji validitas, angket tanggapan peserta didik dan data hasil pretest dan posttest. Hasil penilaian menunjukan bahwa media pembelajaran big book ini layak digunakan dalam proses pembelajaran, berdasarkan penilaian kualitas big book oleh ahli materi, ahli media, guru mata pelajaran dan peserta didik berturut-turut memperoleh persentase 84,48%; 83,30%; 87,50%, dan 84,61%.Tingkat keefektifan peserta didik dalam pembelajaran menggunakan big book memperoleh persentase 40% yang artinya kegiatan pembelajaran dengan big book ini belum efektif. Hasil uji normal gain atau uji peningkatan hasil belajar memperoleh nilai rata-rata 0,29 yang berarti peningkatan hasil belajar masuk kriteria rendah. Belum efektifnya hasil uji efektivitas dan uji N-gain yang rendah ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain: kegiatan pembelajaran yang kurang maksimal dalam hal ini pemilihan pendekatan pembelajaran, model pembelajaran atau metode pembelajaran yang kurang tepat.

Keywords: pengembangan; big book; high order thinking skill

  1. Arina Restiani, dkk. (2019). “Pengembangan Media Big Book Belajar Bersama Dodo Dan Teman-Teman Untuk Pembelajaran Tematik Kelas IV Di Sekolah Dasar”.Universitas Muhammadiyah Malang. p-ISSN: 2442-7470 | e-ISSN: 2579-4442. Volume 5 Nomor 2 Edisi Juli 2019. Jurnal Cakrawala Pendas
  2. Badjeber, R. dan Purwaningrum, J.P. (2018). Pengembangan Higher Order Thinking Skills dalam Pembelajaran Matematika di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 1(1): 36-43.
  3. Branch, Maribe R. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. USA: University 0f Georgia dari https://books.google.co.id
  4. Frasidik, Habsi. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Hypermedia untuk Meningkatkan High Order Thinking Skill pada Materi Alat Optik SMA. Skripsi. Jakarta: Program Studi Fisika Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
  5. Hartini T., Misri M A., Nursuprianah, I. (2018). Pemetaan HOTS Siswa Berdasarkan Standar PISA dan TIMSS untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. EduMa. 6(1): 83-92
  6. Laily, Evi K. dan Gunansyah, G. (2018). Penggunaan Media Big Book Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN Rangkah 1 Surabaya. Jurnal PGSD Universitas Negeri Surabaya . 6(1): 1801-1810.
  7. Novitasari, dkk. (2018). Pengaruh Media Big Book Terhadap Kemampuan Literasi Awal Anak Usia 5-6 Tahun di Kecamatan Cibalung. Jurnal JPP PAUD UNTIRTA. 5(1): 27-36.
  8. Pamela, I.S., dkk. (2019). Penggunaan Media Big Book untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar 4(2):245-263.
  9. Putri, Riri R., dkk. (2018). Analisis Aspek Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Instrumen Penilaian Materi Protista untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas X. Jurnal Biodik.4 (1): 8-17.
  10. Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  11. Sugiyono. (2010). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
  12. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung:Alfabeta.
  13. Sulaiman, Umar. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Big Book Dalam Pembelajaran Terhadap Keterampilan Literasi Siswa Kelas Awal Madrasah Ibtidaiyah Negeri Banta-Bantaeng Makassar. Jurnal al-Kalam. IX (2): 193-204.
  14. Wahid, A.H., dan Karimah, R.A. (2018). Integrasi Higher Order Thinking Skill (HOTS) dengan Model Creative Problem Solving. Jurnal Program Studi PGMI 5(1): 82-98.
  15. Wendari, W.N., dkk. (2016). Profil Permasalahan Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Kota Bogor. Jurnal Bimbingan Konseling 5(1): 134-139.

Open Access Copyright (c) 2020 Bioeduca : Journal of Biology Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Bioeduca: Journal of Biology Education
Published by Department of Biology Education, Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 812-2359-1990
Website: https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/index
Email: bioeduca@walisongo.ac.id

ISSN: 2714-8009 (Print)
ISSN: 2715-7490 (Online)


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps