Validitas Media Pembelajaran Berbasis Web pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas VIII di SMP

Main Article Content

Lailatul Mufidah
Mohammad Wildan Habibi

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam adalah sebuah ilmu yang menghubungkan antara alam bahkan manusia yang sangat luas serta terbentuk secara ilmiah. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahun dan teknologi di era globalisasi proses belajar mengajar menjadi modern. Perlunya menggunakan media web yang praktis dan efektif mendukung keberhasian pembelajaran IPA dan menambah pengetahuan teknologi yang ada di sekolah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui validitas dan respon siswa mengenai media pembelajaran berbasis web. penelitian ini menggunakan model tahapan ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Akan tetapi peneliti hanya sampai tahapan implementasi karena adanya keterbatasan waktu. Subjek penelitian ini terdiri dari dua dosen, dua guru, 10 siswa  dalam uji skala kecil, serta 30 siswa untuk uji skala besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran web pada materi sistem pernapasan manusia dikategorikan valid dengan persentase ahli materi 95%, ahli media 88%, guru TIK 84% serta  guru IPA 92% sehingga persentase keseluruhan yaitu 90%  layak digunakan sebagai alat bantu siswa mengenai materi sistem pernapasan manusia. Berdasarkan penelitian yang telah diterapkan oleh peneliti bahwa media ini harus lebih dimodifikasi dari segi konten agar kedepannya semakin berkembang serta pendidik harus lebih memahami dan mempelajari teknologi yang lebih lanjut.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Mufidah, L., & Habibi, M. W. (2022). Validitas Media Pembelajaran Berbasis Web pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas VIII di SMP. Bioeduca : Journal of Biology Education, 4(1), 57–66. https://doi.org/10.21580/bioeduca.v4i1.10851
Section
Articles

References

Abidin, Zainal. (2020). Peningkatan hasil belajar IPA materi cahaya menggunakan cooperatif tipe SIAD di Kelas VII A SMPN 2 Seberida Tahun Ajaran 2017/2018, Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol.4 No.1: 106-107.

Akbar, Sa’dun. (2017) Instrument Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Al-Quran. Mushaf Aisyah. (2022): Jakarta

Alodwan, T., & Almosa, M. (2018). The effect of a computer program based on analysis, design, development, implementation and evaluation (ADDIE) in improving ninth graders’ listening and reading comprehension skills in english in Jordan. English Language Teaching, 11(4), 43. https://doi.org/10.5539/elt.v11n4p43

Depdiknas. (2021). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dasar. Jakarta: BNSP

Fakhirah, N., Muhiddin, N. H., & Yunus, S. R. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis game penyelamat lingkungan (PENLING). Jurnal IPA Terpadu, 2(2). https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v2i2.11168

Imroatul. (2021). Urgensi Teknologi Pendidikan: Analisis kelebihan dan kekurangan teknologi pendidikan di era revolusi industri 4.0. Jurnal ISTIGNHA, 4(1).

Novelacia, Dolla Yelinsa. (2020). Desain Lembar Kerja Siswa Untuk Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama.

Paskah, M. R., Maharta, N., & Suana, W. (2019). Pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan adobe flash pada materi termodinamika. Konstan-Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika, 4(1), 32–41. https://doi.org/10.20414/konstan.v4i1.19

Puspita Hadi, W., Hidayati, Y., & Rosidi, I. (2020). Respon guru IPA terhadap pembelajaran IPA berintegrasi etnosains: studi pendahuluan di kabupaten Bangkalan. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(1), 46–53. https://doi.org/10.24929/lensa.v10i1.92

Rahayu, C. (2019). Validitas Perangkat pembelajaran fisika SMA berbasis model pembelajaran generatif dengan pendekatan open-ended problem untuk menstimulus kemampuan berpikir kritis peserta didik, Jurnal Pendidikan Fisika 7(1), 6.

Rijal, A. S. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis web untuk meningkatkan kreativitas guru. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya, 6(1), 81. https://doi.org/10.32884/ideas.v6i1.238

Sa’diyah, Za’imatus, Kevin Elmy Aziz, Muhammad Hudan Dardiri, dan M. Ainul Yaqin. Pengembangan web service sistem informasi sekolah. Jurasik (Jurnal Riset Sistem Informasi dan Teknik Informatika) 5, no. 1 (1 Maret 2020): 154. https://doi.org/10.30645/jurasik.v5i1.180.

Setyadi, D., & Qohar, A. (2017). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis web pada materi barisan dan deret. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.5964

Stapa, M. A., & Mohammad, N. (2019). The use of ADDIE model for designing blended learning application at vocational colleges in Malaysia. Asia-Pacific Journal of Information Technology & Multimedia, 08(01), 49–62. https://doi.org/10.17576/apjitm-2019-0801-05

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta

Trimarsiah, Yunita, dan Muhajir Arafat. (2017). Analisis dan perancangan website sebagai sarana informasi pada bahasa kewirausahaan dan komputer AKMI Baturaja. Jurnal Ilmiah Matrik 19, no. 1: 10.

Wiwin. (2020). Respon guru IPA terhadap pembelajaran IPA berintegrasi etnosains: studi pendahuluan di kabupaten Bangkalan. LENSA (Lentera Sains) Jurnal Pendidikan IPA. Volume 10 No. 1: 46-53

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.