Validitas Media Pembelajaran Berbasis Web pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas VIII di SMP

Lailatul Mufidah*  -  Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Kyai Ahmad Siddiq Jember, Indonesia
Mohammad Wildan Habibi  -  Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Kyai Ahmad Siddiq Jember, Indonesia

(*) Corresponding Author
Ilmu Pengetahuan Alam adalah sebuah ilmu yang menghubungkan antara alam bahkan manusia yang sangat luas serta terbentuk secara ilmiah. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahun dan teknologi di era globalisasi proses belajar mengajar menjadi modern. Perlunya menggunakan media web yang praktis dan efektif mendukung keberhasian pembelajaran IPA dan menambah pengetahuan teknologi yang ada di sekolah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui validitas dan respon siswa mengenai media pembelajaran berbasis web. penelitian ini menggunakan model tahapan ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Akan tetapi peneliti hanya sampai tahapan implementasi karena adanya keterbatasan waktu. Subjek penelitian ini terdiri dari dua dosen, dua guru, 10 siswa  dalam uji skala kecil, serta 30 siswa untuk uji skala besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran web pada materi sistem pernapasan manusia dikategorikan valid dengan persentase ahli materi 95%, ahli media 88%, guru TIK 84% serta  guru IPA 92% sehingga persentase keseluruhan yaitu 90%  layak digunakan sebagai alat bantu siswa mengenai materi sistem pernapasan manusia. Berdasarkan penelitian yang telah diterapkan oleh peneliti bahwa media ini harus lebih dimodifikasi dari segi konten agar kedepannya semakin berkembang serta pendidik harus lebih memahami dan mempelajari teknologi yang lebih lanjut.

Keywords: media pembelajaran; sistem pernapasan manusia; web

  1. Abidin, Zainal. (2020). Peningkatan hasil belajar IPA materi cahaya menggunakan cooperatif tipe SIAD di Kelas VII A SMPN 2 Seberida Tahun Ajaran 2017/2018, Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol.4 No.1: 106-107.
  2. Akbar, Sa’dun. (2017) Instrument Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  3. Al-Quran. Mushaf Aisyah. (2022): Jakarta
  4. Alodwan, T., & Almosa, M. (2018). The effect of a computer program based on analysis, design, development, implementation and evaluation (ADDIE) in improving ninth graders’ listening and reading comprehension skills in english in Jordan. English Language Teaching, 11(4), 43. https://doi.org/10.5539/elt.v11n4p43
  5. Depdiknas. (2021). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dasar. Jakarta: BNSP
  6. Fakhirah, N., Muhiddin, N. H., & Yunus, S. R. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis game penyelamat lingkungan (PENLING). Jurnal IPA Terpadu, 2(2). https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v2i2.11168
  7. Imroatul. (2021). Urgensi Teknologi Pendidikan: Analisis kelebihan dan kekurangan teknologi pendidikan di era revolusi industri 4.0. Jurnal ISTIGNHA, 4(1).
  8. Novelacia, Dolla Yelinsa. (2020). Desain Lembar Kerja Siswa Untuk Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama.
  9. Paskah, M. R., Maharta, N., & Suana, W. (2019). Pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan adobe flash pada materi termodinamika. Konstan-Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika, 4(1), 32–41. https://doi.org/10.20414/konstan.v4i1.19
  10. Puspita Hadi, W., Hidayati, Y., & Rosidi, I. (2020). Respon guru IPA terhadap pembelajaran IPA berintegrasi etnosains: studi pendahuluan di kabupaten Bangkalan. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(1), 46–53. https://doi.org/10.24929/lensa.v10i1.92
  11. Rahayu, C. (2019). Validitas Perangkat pembelajaran fisika SMA berbasis model pembelajaran generatif dengan pendekatan open-ended problem untuk menstimulus kemampuan berpikir kritis peserta didik, Jurnal Pendidikan Fisika 7(1), 6.
  12. Rijal, A. S. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis web untuk meningkatkan kreativitas guru. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya, 6(1), 81. https://doi.org/10.32884/ideas.v6i1.238
  13. Sa’diyah, Za’imatus, Kevin Elmy Aziz, Muhammad Hudan Dardiri, dan M. Ainul Yaqin. Pengembangan web service sistem informasi sekolah. Jurasik (Jurnal Riset Sistem Informasi dan Teknik Informatika) 5, no. 1 (1 Maret 2020): 154. https://doi.org/10.30645/jurasik.v5i1.180.
  14. Setyadi, D., & Qohar, A. (2017). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis web pada materi barisan dan deret. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.5964
  15. Stapa, M. A., & Mohammad, N. (2019). The use of ADDIE model for designing blended learning application at vocational colleges in Malaysia. Asia-Pacific Journal of Information Technology & Multimedia, 08(01), 49–62. https://doi.org/10.17576/apjitm-2019-0801-05
  16. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta
  17. Trimarsiah, Yunita, dan Muhajir Arafat. (2017). Analisis dan perancangan website sebagai sarana informasi pada bahasa kewirausahaan dan komputer AKMI Baturaja. Jurnal Ilmiah Matrik 19, no. 1: 10.
  18. Wiwin. (2020). Respon guru IPA terhadap pembelajaran IPA berintegrasi etnosains: studi pendahuluan di kabupaten Bangkalan. LENSA (Lentera Sains) Jurnal Pendidikan IPA. Volume 10 No. 1: 46-53

Open Access Copyright (c) 2022 Bioeduca : Journal of Biology Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Bioeduca: Journal of Biology Education
Published by Department of Biology Education, Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus II Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 812-2359-1990
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: bioeduca@walisongo.ac.id

ISSN: 2714-8009 (Print)
ISSN: 2715-7490 (Online)


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps