Pengembangan Game Quartet Card Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII SMP/MTs

Rivo Alfarizi Kurniawan*  -  Tadris Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Indonesia
Rafiatul Hasanah  -  Tadris Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Indonesia

(*) Corresponding Author
Materi IPA yang dianggap sulit yakni klasifikasi makhluk hidup, hasil angket menunjukkan sebesar 58,3% siswa kesulitan belajar klasifikasi makhluk hidup dikarena media yang digunakan tidak sesuai dengan gaya belajar. Penelitian bertujuan (1) mengembangkan game quarted card, (2) mendeskripsikan validitas dan respons siswa terhadap game quarted card. Jenis penelitian yaitu penelitian dan pengembangan model ADDIE Sugiyono. Hasil pengembangan media berupa game quarted card, hasil validasi ahli materi diperoleh sebesar 95%, validasi ahli media diperoleh 94% validasi pengguna diperoleh sebesar 96,5% kriteria sangat valid. Hasil uji coba skala kecil diperoleh 93% dan hasil uji coba skala besar diperoleh 92% sebesar kriteria sangat menarik artinya dari segi keterbacaan dan kemenarikan game quarted card sangat baik.

Keywords: Game; Materi Klasifikasi Makhluk Hidup; Quarted Card

  1. Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran (p. 83). PT Remaja Rosdakarya.
  2. Arpiansah, R., Fernando, Y., & Fakhrurozi, J. (2021). Game Edukasi Vr Pengenalan Dan Pencegahan Virus Covid-19 Menggunakan Metode Mdlc Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(2), 88–93.
  3. Aryani, D., Astalini, A., & Kurniawan, D. A. (2019). Identifikasi Sikap Siswa Terhadap Mata Pelajaran IPA di SMP Se Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 168–175. https://doi.org/10.29303/jpm.v14i2.1065
  4. Astuti, T. (2021). Efektivitas Media Komik Berbasis Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III SD Negeri Karundang 2. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8 no. 2(November), 150–164.
  5. BSNP, B. S. I. (2014). Instrumen Penilaian Buku Ajar.
  6. Galih Dani Septiyan Rahayu. (2020). Mudah Menyusun Perangkat Pembelajaran.
  7. Kurniawan, R. A., Rifa’i, M. R., & Fajar, D. M. (2020). Analisis Kemenarikan Media Pembelajaran Phet Berbasis Virtual Lab pada Materi Listrik Statis Selama Perkuliahan Daring Ditinjau dari Perspektif Mahasiswa. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 1(1), 19–28. https://doi.org/10.35719/vektor.v1i1.6
  8. Maisyaroh, S., & Dewi, R. (2022). Pengembangan Katalog Keanekaragaman Serangga pada Tanaman Cabai di Desa Sindetlami Sebagai Sumber Belajar. Bioeduca: Journal of Biology Education, 4(1), 36 - 44. doi:https://doi.org/10.21580/bioeduca.v4i1.10746
  9. Noperman, F. (2020). Pendidikan Sains dan Teknologi. Universitas Bengkulu Press.
  10. Nurmiati, Z. (2018). Media Pembelajaran Monopoli Biologi Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP. Jurna Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 6 no.2, 103–107.
  11. Prasetyaningtyas, S. (2020). Penerapan Metode Permainan Kartu Kwartet Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Dan Keaktifan Belajar Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas Vii Smp N 1 Semin. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 100–108. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.118
  12. Ratnawati, Roshayanti, F., & Siswanto, J. (2020). Analisis Science Motivation Konsep Klasifikasi Makhluk Hidup Pada Siswa Smp N 2 Taman. Bioma : Jurnal Ilmiah Biologi, 9(2), 243–254. https://doi.org/10.26877/bioma.v9i2.7062
  13. Rifa’i, M. R., K, R. A., & Hasanah, R. (2020). Persepsi Mahasiswa Dalam Menggunakan Aplikasi Plantnet Pada Mata Kuliah Klasifikasi Makhluk Hidup. Jurnal Pendidikan IPA, 1(2), 29–37.
  14. Rivo Alfarizi Kurniawan. (2021). Analisis Standarisasi Sarana, Prasarana dan Tenaga Laboratorium IPA MTs Negeri 8 Jember. Edulab : Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 6(1), 29–42. https://doi.org/10.14421/edulab.2021.61.03
  15. Rosmiati, R. dan I. (2018). Perencanaan Pembelajaran. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
  16. Sahlan. (2015). Evaluasi Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. STAIN Jember Press.
  17. Sakdiah, Mursal, M. S. (2019). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan KPS Pada Materi Listrik Dinamis Siswa SMP. Jurnal IPA Dan Pembelajaran IPA (JPI), 2 no. 1, 1–7.
  18. Setyowati, T. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Smp Menggunakan Model Inkuiri Topik Klasifikasi Makhluk Hidup. BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 1(1), 8. https://doi.org/10.20527/binov.v1i1.7020
  19. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan (p. 29). Alfabeta.
  20. Susilo, M. J. (2015). Analisis Kualitas Media Pembelajaran Insektarium dan Herbarium untuk Mata Pelajaran Biologi Sekolah Menengah. Jurnal Bioedukatika, 3(1), 10. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i1.4141
  21. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. (2013). Perpusnas.

Open Access Copyright (c) 2022 Bioeduca : Journal of Biology Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Bioeduca: Journal of Biology Education
Published by Department of Biology Education, Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 812-2359-1990
Website: https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/index
Email: bioeduca@walisongo.ac.id

ISSN: 2714-8009 (Print)
ISSN: 2715-7490 (Online)


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps