Meta-Analisis Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran Biologi

Yulia Adytia Putri*  -  Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang, Indonesia
Zulyusri Zulyusri  -  Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang, Indonesia

(*) Corresponding Author
Model Project Based Learning (PjBL) merupakan strategi dalam belajar mengajar yang telah melibatkan siswa untuk mengerjakan sebuah proyek yang bermanfaat untuk menyelesaikan permasalahan masyarakat atau lingkungan. Kemampuan berpikir tingkat tinggi merupakan kecakapan hidup yang harus dimiliki siswa dalam rangka menghadapi tantangan kehidupan di abad ke-21. Salah satu kemampuan berpikir tingkat tinggi adalah kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada pembelajaran biologi. Metode penelitian ini adalah meta-analisis dengan sampel 30 jurnal pendidikan dan penelitian skripsi maupun tesis di jurnal nasional. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan teknik perhitungan effect size pada setiap jurnal untuk melihat keterkaitannya dengan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Dari hasil meta-analisis menunjukkan bahwa pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada pembelajaran biologi menunjukkan hasil yang positif.

Keywords: berpikir kreatif; meta-analisis; Project Based Learning

  1. Agustiawan, H., & Irawati, H. (2021). Studi Literatur Pengaruh Group Investigation terhadap Berpikir kritis dan Aktivitas Lisan Siswa. Bioeduca: Journal of Biologi Education, 3(1), 20 – 36.
  2. Aisyah, N., & Rosnita, R. (2021). Pengaruh Project Based Learning pada Materi Sistem Koordinasi terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi, 4(1), 14-19.
  3. Ashriah, S. (2020). Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik yang Diajar Melalui Model Pembelajaran Pjbl dan Model Konvensional Materi Pencemaran Lingkungan (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).
  4. Cahyani, S., Ismail, I., & Hartati, H. Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 21 Makassa. In Seminar Nasional Biologi.
  5. Dayana, R., Winarni, E. W., & Agusdianita, N. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Diorama Dalam Pembelajaran IPA Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(1), 106-114.
  6. Fahmi, F., & Wuryandini, W. (2020). Analisis Keterampilan Berpikir Kreatif Pada Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(2), 2608-2618.
  7. Fajri, N., Wahyuni, D., & Selong, S. H. (2015). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi Page, 14, 21.
  8. Fajrina, R. N. A. A., Handayanto, S. K., & Hidayat, A. (2018). Peran Model Project Based Learning dalam kemampuan berpikir kreatif kelas XI IPA melalui Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(3), 291-295.
  9. Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2017). Pengaruh Project Based Learning terhadap motivasi belajar, kreativitas, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran biologi. Jurnal pendidikan biologi, 7(1), 9-21.
  10. Jagantara, I. M. W., Adnyana, P. B., & Widiyanti, N. L. P. M. (2014). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) terhadap hasil belajar biologi ditinjau dari gaya belajar siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).
  11. Jumroh, S. (2017). Pengaruh Project Based Learning terhadap keterampilan berfikir kreatif siswa kelas X pada materi pencemaran lingkungan di SMA Perintis 2 Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
  12. Kristiani, K. D., Mayasari, T., & Kurniadi, E. (2017, August). Pengaruh pembelajaran STEM-PjBL terhadap keterampilan berpikir kreatif. In Prosiding SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika) (pp. 266-274).
  13. Lestari, L., Nasir, M., & Jayanti, M. I. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Sanggar. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(4).
  14. Mahanal, S., Darmawan, E., Corebima, A. D., & Zubaidah, S. (2010). Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Materi Ekosistem terhadap Sikap dan Hasil Belajar Siswa SMAN 2 Malang. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 1(1).
  15. Mahfuzah, A., & Ramdiah, S. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Pada Konsep Sistem Koordinasi Manusia Terhadap Keterampilan Metakognitif Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Banjarmasin. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 7(1), 1-6.
  16. Mokambu, F. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran IPA di Kelas V SDN 4 Talaga Jaya. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
  17. Nahdiah, A., & Handayani, S. L. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Google Meet terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2377-2383.
  18. Ningsih, M. Y., Efendi, N., & Sartika, S. B. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Berpikir Kreatif Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 2(2), 42-51.
  19. Nita, R. S., & Irwandi, I. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Model Project Based Learning (PjBL). BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 4(2), 231-238.
  20. Nugroho, A. T., Jalmo, T., & Surbakti, A. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kreatif. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 7(3), 50-58.
  21. Nurbaiti, S., Kartijono, N. E., & Herlina, L. (2016). Pengaruh Pembelajaran Model Project Based Learning Materi Sistem Ekskresi Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Biology Education, 5(2), 214-213.
  22. Nurjanah, N., & Cahyana, U. (2021). Pengaruh Penerapan Online Project Based Learning Dan Berpikir Kreatif Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IV Pada Pelajaran IPA Di SD Nasional 1 Kota Bekasi. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 17(1), 51-58.
  23. Panjaitan, E. U. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar biologi siswa SMAN 1 Aeksongsongan. Jurnal Edu-Bio: Education and Biology, 1(1).
  24. Putra, Redza Dwi, dkk. (2016). “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Siswa Kelas XI MIA 1 SMA Negeri Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016”. Proceeding Biology Education Conference, Vol. 13, No. 1.
  25. Putri, W. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII di SMP Negeri 19 Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
  26. Rafik, M., Febrianti, V. P., Nurhasanah, A., & Muhajir, S. N. (2022). Telaah Literatur: Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Kreativitas Siswa Guna Mendukung Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 5(1), 80-85.
  27. Rahayu, S. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa pada Materi Sistem Pernapasan di Kelas XI Sma Negeri 5 Takalar.
  28. Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu: Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  29. Seftiani, S., Zulyusri, Z., Arsih, F., & Lufri, L. (2021). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 7(2), 110-119.
  30. Siskawati, G. H., Mustaji, M., & Bachri, B. S. (2020). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Online. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 31-42.
  31. Sukmawijaya, Y., Suhendar, S., & Juhanda, A. (2019). Pengaruh model pembelajaran stem-pjbl terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi pencemaran lingkungan. Jurnal BIOEDUIN: Program Studi Pendidikan Biologi, 9(2), 28-43.
  32. Sukmawijaya, Y., Suhendar, S., & Juhanda, A. (2019). Pengaruh model pembelajaran stem-pjbl terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi pencemaran lingkungan. Jurnal BIOEDUIN: Program Studi Pendidikan Biologi, 9(2), 28-43.
  33. Susanti, S. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Sikap Ilmiah Siswa Pada Materi Nutrisi. Jurnal Pengajaran MIPA, 18(1), 35-42.
  34. Utami, R. P., Probosari, R. M., & Fatmawati, U. M. I. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantu Instagram Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Surakarta. Bio-Pedagogi, 4(1), 47-52.

Open Access Copyright (c) 2022 Bioeduca : Journal of Biology Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Bioeduca: Journal of Biology Education
Published by Department of Biology Education, Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 812-2359-1990
Website: https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/index
Email: bioeduca@walisongo.ac.id

ISSN: 2714-8009 (Print)
ISSN: 2715-7490 (Online)


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps