PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA BERCERITA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X PADA MATERI EKOSISTEM DI MA HIDAYATUL MUBTADI’IN

Inayatus Solekhah

Abstract


Proses pembelajaran biologi diharapankan mampu memenuhi peraturan pemerintah yang tertuang dalam “Standar Nasional Pendidikan” (SNP) serta mampu mencapai “Standar Kompetensi Lulusan” (SKL). Cara yang dapat dilakukan dalam menciptakan proses pembelajaran sesuai peraturan yang berlaku adalah menggunakan media ular tangga bercerita materi ekosistem yang diharaoakn mampu meningkatkan kemamouan berpikir kritis dan pendidikan karakter. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakterisik, tingkat kelayakan, dan efektivitas dari media yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara tidak terstruktrur, angket, dan tes soal uraian kemampun berpikir kritis. Sampel ujicoba produk skala besar produk ini diujikan secara kuasi eksperimen yakni pada kelas X MIA 1 (eksperimen) dan  X MIA 2 (kontrol). Spesifikasi media yang dikembangkan diantaranya: papan ular tangga bercerita, kartu soal, kartu kunci, petunjuk permainan, buku pegangan, dan kotak penyimpanan. Media dilengkapi penanaman nilai karakter serta pertanyaan yang memicu kemampuan berpikir kritis. Hasil kelayakan produk dari ahli materi, ahli media, dan praktisi menunjukkan produk tergolong dalam kategori sangat layak digunakan. Hasil respon siswa juga menunjukkan bahwa media termasuk kategori sangat menarik. Keefektivan media pembelajaran ular tangga bercerita berbasis pendidikan karakter diperoleh rata-rata kelas ekperimen 74.2 sedangkan rata-rata kelas kontrol 66.07 dengan nilai thitung= 3.891 dan ttabel=2.0154, sehingga thitung > ttabel dan Ha diterima dan Ho di tolak, disimpulkan terdapat perbedaan hasil post-test kelas ekperimen dengan kelas kontrol. Uji N-gain didapatkan nilai rata-rata kelas kontrol 35.32 yang berarti sedang dan nilai rata-rata kelas eksperimen 43.48 yang berarti sedang, sehingga disimpulkan bahwa penggunaan media ular tangga bercerita berbasis pendidikan karakter terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X pada materi ekosistem MA Hidayatul Mubtadi’in

Keywords


Ular Tangga Bercerita, Pendidikan Karakter, Kemampuan Berpikir Kritis, ekosistem

Full Text:

PDF

References


Afandi, Rifki. 2015.Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran). Vol. 1 nomor. , Mei 2015. Hal. 77-89

Arsyad,Azhar. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

Elan Jaelani, Wahidin, & Evirofiati. 2016. Penerapan Media Ular Tangga Bercerita Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Di Mts Al-Muatawally Kuningan. jurnal Sains dan Pendidikan Sains Vol. 5 No. 1. Hal: 25-38,

Hariyanti, Sri. 2017. Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013. FKIP-UTM

Paidi. 2012. Metodelogi Penelitian Pendidikan Biologi. Yogyakarta: UNY Press

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal

Perpres Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter

Prayoga, Zumisa Nudia.2013.Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Materi Pengelolaan Lingkungan Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains.Skripsi.Jurusan Biologi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang

Purwaningsih dan Maisaroh Siti, 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Kelas IV SD Donotirto Tahun Ajaran 2015/2016.Universitas PGRI Yogyakarta

Ramli, M. 2015. Media Pembelajaran Dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadits. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan Vol. 13

Rosela, Endah. 2016. Penggunaan Media Edukasi Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi dan hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Mlati Sleman Pada Materi Peredaran Darah Manusia. Pendidikan Biologi JUrusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

Salam, Nurfadillah. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Pada Materi Sistem Saraf Di Kelas XI MA Madani Alauddin Paopao (skripsi). Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar

Uno, Hamzah B. 2016. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Wahyu Lestari Atsni. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Kearifan Lokal Di Kawasan Wisata Goa Kreo Pada Materi Ekosistem Kelas X SMA Negeri 16 Semarang. Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Wahyu, Aprilia Mardhani. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Akuntansi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Kompetensi Mengelola Kartu Piutang Kelas XI Keuangan SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2016/2017. Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta

Wartini, Atik & Muhammad Askar.2015. Al-Quran Dan Pemanfaatan Permainan Edukatif Pada Anak Usia Dini. Jurnal Al-Afkar. Vol. III, No. 1

Zubaidah, Siti. 2010. Berpikir Kritis: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi yang Dapat Dikembangkan melalui Pembelajaran Sains. Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang

Hanum, Ikhwatul. 2019. Wawancara Guru Biologi MA Hidayatul Mubtadiin. pada 21 Desember 2019 pukul 10.00 WIB


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 BIOEDUCA : Journal of Biologi Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.